Review Sponsored Content

Review Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 – Tablet Ringan dan Ramping Untuk Menemani Perjalanan Kamu

Review Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 FeaturedAdvertisement

Gadgetren – Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 merupakan salah satu produk terbaru dari Samsung untuk segmen perangkat tablet.

Galaxy Tab A (8.0) 2019 ini terbilang sangat mirip sekali dengan perangkat tablet yang sudah tim Gadgetren ulas sebelumnya bernama Galaxy Tab A with S Pen. Hanya saja, tablet yang saya uji kali ini tidak dibekali stylus S Pen pada paket penjualannya.

Sebagai tablet yang termasuk ke dalam Tab A Series, tablet ini sepertinya akan lebih menyasar pengguna umum yang aktivitasnya tidak terlalu intens. Pertanyaannya, apakah Galaxy Tab A (8.0) 2019 sudah nyaman untuk digunakan dalam keseharian?

Desain Galaxy Tab A (8.0) 2019 sendiri terlihat sangat modern yang akan membuatnya terlihat serasi mendampingi perangkat Samsung lainnya. Tablet ini pun terasa cukup kokoh walaupun punya bodi yang ramping dan bobot hanya 347 gram saja.

Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 Ramping

Untuk saya sendiri, ukurannya sangat pas sekali dengan selera saya yang menginginkan tablet tidak terlalu besar tetapi juga tidak terlalu kecil. Bahkan saya dapat dengan mudah menyimpannya di dalam tas laptop saya tanpa terasa membawa beban tambahan.

Ukurannya yang tidak terlalu besar memungkinkan saya menggunakan tablet ini dengan nyaman walaupun hanya menggunakan satu tangan. Hal ini tentu dikarenakan layarnya yang memiliki bentang 8 inci.

Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 Layar Video

Layarnya sendiri memiliki resolusi HD 1280 x 800 piksel dengan rasio 16:10 yang mampu menghasilkan gambar secara tajam dengan warna yang akurat. Saya cukup puas terhadap pengalaman yang diberikan oleh Galaxy Tab A (8.0) 2019 ketika saya mengonsumsi konten hiburan seperti streaming video YouTube.

Apalagi terdapat juga dua speaker di bagian bawahnya yang akan memberikan suara lebih seimbang dibandingkan perangkat yang masih menggunakan mono speaker. Maka dari itu, saya rasa tablet ini baru akan menunjukkan potensinya ketika digunakan untuk menikmati konten multimedia baik itu visual maupun audio.

Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 Port

Namun bagi kamu yang mungkin ingin memberikan tablet ini sebagai hiburan untuk anak, maka kamu bisa merasa tenang karena ada fitur bernama Samsung Kids Home yang bisa kamu gunakan. Fitur ini dapat diakses dengan mudah melalui Quick Panel.

Samsung Kids Home ini berisikan berbagai aplikasi yang lebih ramah untuk anak-anak baik itu kamera, galeri, browser, maupun game. Dengan begitu, anak dapat mendapatkan hiburan yang menyenangkan dan aman secara bersamaan.

Sedangkan bagi kamu yang ingin menggunakan tablet ini untuk bermain game dengan kualitas terbaik, maka kamu perlu menurunkan ekspektasi sedikit. Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 diotaki oleh CPU Octa-Core berkecepatan hingga 2GHz dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB.

Kombinasi tersebut memang lebih rendah dibandingkan kebanyakan smartphone pada rentang harga serupa yang telah beredar saat ini di tahun 2019. Walaupun begitu saya merasa kinerja yang diberikan sudah mencukupi untuk aktivitas standar.

Membuka dokumen, browsing, maupun memutar video dapat dijalankan oleh tablet ini tanpa kendala. Berkat sudah digunakannya tampilan antarmuka OneUI terbaru dari Samsung, menavigasikan perangkat pun terasa mulus dan tidak menyebalkan.

Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 Benchmark

Ketika saya coba melakukan benchmark, Galaxy Tab A (8.0) 2019 mendapatkan skor AnTuTu sebesar 64.935 poin sedangkan pada Geekbench mendapatkan 170 poin untuk Single-Core dan 562 poin untuk Multi-Core.

Dengan performa seperti itu, saya masih bisa menjalankan game-game populer saat ini. Tentu saja saya harus menggunakan kualitas grafis rendah agar game bisa berjalan secara baik.

Maka dari itu, tablet ini lebih cocok untuk digunakan bermain game kasual yang tidak terlalu berat atau sekedar menjalankan aplikasi umum. Galaxy Tab A (8.0) 2019 ini dapat tetap melewati aktivitas keseharian saya dengan mulus.

Apalagi kapasitas baterainya yang besar mencapai 5.100mAh memungkinkan saya menggunakan tablet ini tanpa perlu khawatir kehabisan daya di tengah aktivitas karena dapat bertahan seharian dalam sekali cas saja.

Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 Baterai

Saat melakukan pengujian dengan PCMark for Android yang mensimulasikan kegiatan pada umumnya serta tingkat kecerahan 50%, Galaxy Tab A (8.0) 2019 mampu menyala selama 12 jam 6 menit. Angka yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan smartphone.

Hal ini sebenarnya terbilang wajar mengingat tablet ini punya baterai dengan kapasitas besar. Dengan begitu, Galaxy Tab A (8.0) 2019 cocok digunakan sebagai perangkat hiburan ketika kamu melakukan perjalanan panjang.

Ditambah lagi, terdapat juga slot untuk kartu microSD dengan dukungan kapasitas hingga 512GB sebagai tempat penyimpanan tambahan serta slot untuk kartu SIM agar tablet dapat terus terhubung ke internet selama perjalanan tanpa harus mengandalkan jaringan WiFi.

Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 Kamera

Jika kamu ingin berfoto ria, Galaxy Tab A (8.0) 2019 sudah dilengkapi dengan kamera belakang 8MP yang mampu merekam video Full HD pada 30fps serta kamera depan 2MP untuk mengakomodasi kebutuhan selfie atau video call.

Hasil foto dari kamera tersebut memang tidak sebagus kamera yang ada di lini smartphone Samsung Galaxy A Series, namun sudah terasa cukup jika hanya ingin sekedar mengambil foto saja.

Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 Depan

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Tab A (8.0) 2019 merupakan perangkat tablet dasar dengan spesifikasi yang sudah mencukupi untuk kebutuhan pengguna pada umumnya. Desain dan baterai merupakan nilai jual utama dari tablet satu ini.

Oleh karena itu, Galaxy Tab A (8.0) 2019 akan lebih cocok bagi kamu yang ingin punya perangkat dengan layar lebih besar dibandingkan smartphone untuk menikmati konten streaming video maupun sebagai perangkat hiburan untuk anak.

Bagi kamu yang ingin lebih dari itu, ada baiknya untuk melirik tablet kelas atas dari Samsung seperti Galaxy Tab S series yang lebih unggul di segala segmen.

Tinggalkan Komentar