Gadget Smartphone

Perbandingan realme X Vs realme XT – Lebih Menarik Mana?

realme X vs realme XT Header

Gadgetren – Belum genap empat bulan realme X meluncur di pasaran Indonesia, realme XT sebagai penerusnya kini sudah mampir di beberapa acara penjualan cepat alias Flash Sale.

Dibekali dengan berbagai macam spesifikasi dan fitur yang dirombak habis-habisan, realme XT bisa jadi memang lebih menarik untuk dipertimbangkan daripada realme X. Namun, apakah benar demikian?

Baik realme X maupun realme XT sebenarnya adalah dua ponsel yang dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi unggulan untuk sebuah perangkat di kelas menengah. Keduanya sama-sama menawarkan kinerja, kemampuan fotografi, hingga fitur-fitur yang lebih modern.

Hanya saja, karena realme XT hadir lebih baru dan harus bersaing dengan berbagai macam perangkat baru yang tak kalah menarik, maka perangkat ini memiliki beberapa sektor yang ditingkatkan dari pendahulunya tersebut.

Namun jangan salah kaprah dulu sampai di sini! Meskipun mempunyai beberapa aspekĀ  yang ditingkatkan, ada juga beberapa aspek yang dipangkas. Dan karena inilah, realme X juga tak kalah menarik untuk tetap dipertimbangkan.

Mari kita bahas satu per satu mulai dari yang paling kentara, yakni layarnya. Baik realme X dan realme XT membawa teknologi layar yang serupa, yakni layar Super AMOLED beresolusi Full HD+ (2.340×1.080 piksel) yang dibalut Gorilla Glass 5.

Perbedaannya, layar realme X berukuran lebih besar ketimbang realme XT. Bukan hanya karena bentangnya yang sudah 6,53 inci, lebih besar 0,13 inci ketimbang realme XT, tetapi juga karena desain yang digunakan.

realme X vs realme XT pop-up camera

Berbeda dari realme XT yang kembali menggunakan layar berponi kecil (dew-drop), realme X memiliki layar yang benar-benar luas berkat teknologi kamera pop-up, meskipun dalam hal ini resolusi kamera yang digunakan tetap sama, yakni 16 MP.

Selain itu, meski sama-sama menggunakan teknologi pemindai sidik jari di dalam layar, realme XT sudah menggunakan modul Goodix yang lebih baru, dengan tambahan sistem identifikasi multi monitor dan filter warna yang bisa membuat keamanan semakin kuat.

Pada bagian belakang, desain cover dari realme X dan realme XT juga sangat jauh berbeda. realme X menempatkan kameranya pada bagian tengah, sementara realme XT menempatkannya pada pojok kiri atas.

Jumlah dan konfigurasi kameranya pun berbeda, yang mana realme X memiliki dua buah lensa (Sony IMX586 48 MP + depth 5 MP), sementara realme XT memiliki empat buah kamera (Samsung ISOCELL Bright GW1 64 MP + wide-angel 8 MP + makro 2 MP + potret 2 MP).

Beralih ke bagian yang tak terlihat, yakni sektor dapur pacunya, realme X dan realme XT sama-sama ditopang oleh RAM hingga 8 GB dan penyimpanan 128 GB. Yang membedakannya, realme X masih menggunakan Snapdragon 710 sedangkan realme XT sudah menggunakan Snapdragon 712.

realme X vs realme XT Kinerja

Secara teknis, Snapdragon 712 menawarkan kemampuan yang lebih kuat. Hal ini diperkuat oleh hasil uji coba AnTuTu yang kami lakukan, yang mana realme XT bisa mencapai 176.837 poin sementara realme X hanya mencapai 156.423 poin.

Selaras dengan hal ini, realme XT juga ditenagai oleh baterai yang sedikit lebih besar. Bila realme X hanya ditenagai baterai 3.765mAh, realme XT sudah ditenagai dengan baterai berkapasitas 4.000mAh.

Untungnya, realme X punya teknologi pengisian yang sama dengan realme XT. Yang mana dalam hal ini, keduanya sama-sama dilengkapi dukungan USB Type-C dengan pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 yang beroperasi dengan daya 30 Watt.

Supaya lebih mudah untuk membandingkannya, berikut tabel perbandingan realme X Vs realme XT secara umum:

Tabel Perbandingan realme X Vs realme XT

Aspekrealme Xrealme XT
LayarSuper AMOLED 6,53 inci Full HD+ (2.340×1.080 piksel) Gorilla Glass 5Super AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2.340×1.080 piksel) Gorilla Glass 5
SoCQualcomm Snapdragon 710Qualcomm Snapdragon 712
RAM4 GB/8 GB4 GB/8 GB
Penyimpanan128 GB128 GB
Kamera Utama48 MP + depth 5 MP64 MP +wide-angel 8 MP + makro 2 MP + potret 2 MP
Kamera Depan16 MP16 MP
FiturDual Nano-SIM, Fingerprint In-Display Goodix 2.4, Akselerometer, Giroskop, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, Hyper Boost 2.0, Pop-up CameraDual Nano-SIM, Fingerprint In-Display Goodix 3, Akselerometer, Giroskop, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, Hyper Boost 2.0, G-Sensor, Pedometer
Baterai3.765 mAh, VOOC 3.04.000 mAh, VOOC 3.0
OSColorOS 6 Realme Edition (Android 9 Pie)ColorOS 6 Realme Edition (Android 9 Pie)

Tinggalkan Komentar