Smartphone Tekno

realme 5 Pro Vs realme XT – Kinerja Mirip Tapi Ada yang Berbeda

realme 5 Pro vs realme XT Header

Gadgetren – Senada dengan peluncuran realme X yang hadir sebagai versi upgrade realme 3 Pro, realme XT juga diluncurkan dengan konsep yang tak jauh berbeda sebagai versi upgrade dari realme 5 Pro.

Perangkat baru buatan realme ini membawa beberapa aspek dari realme 5 Pro saat peluncurannya, dengan beberapa aspek lain yang ditingkatkan sedemikian rupa sehingga bisa membuatnya terlihat cukup berbeda.

Kedua ponsel yang hadir di Indonesia dengan selang waktu belum genap sebulan ini sama-sama ditopang oleh SoC kenamaan Qualcomm untuk kelas menengah, Snapdragon 712, yang dikombinasikan dengan RAM hingga 8 GB dan penyimpanan UFS 2.1 sebesar 128 GB.

Kesamaan ini tentu saja akan memberikan cita rasa kinerja yang tidak jauh berbeda, apalagi keduanya juga sama-sama ditenagai oleh baterai berkapasitas serupa – 4.035 mAh pada realme 5 Pro dan 4.000 mAh pada realme XT – dengan dukungan VOOC Flash Charge 3.0 (20 Watt) melalui port USB Type-C.

Kemiripan cita rasa ini juga semakin menguat dengan adanya sistem Android 9 Pie dalam balutan ColorOS 6 realme edition yang digunakan sebagai antarmuka pengguna pada kedua perangkat realme tersebut.

Lebih-lebih lagi, keduanya juga dilengkapi dengan konektivitas yang sama-sama modern meliputi jaringan 4G LTE lewat slot dual-nano SIM-nya, Bluetooth 5.0, serta Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac.

Adapun aspek yang membedakan dari realme 5 Pro dan realme XT, bisa mulai dilihat dari fisiknya secara langsung. Hal ini karena desain, corak warna, hingga ukuran yang membalut keduanya cukup jauh berbeda.

Sama-sama cantik dalam balutan desain dan corak warnanya masing-masing, realme 5 Pro memiliki bodi yang sedikit lebih kecil dari realme XT, yang bisa menjadi poin tambahan bagi kamu yang sedang mempertimbangkannya.

realme 5 Pro vs realme XT display

Dengan bodi yang lebih kecil, artinya realme 5 Pro memiliki layar yang juga lebih ramping. Dalam hal ini, realme 5 Pro memiliki layar IPS 6,3 inci yang dibalut Corning Gorilla Glass 3+ sementara realme XT memiliki layar Super AMOLED 6,4 inci yang dibalut Corning Gorilla Glass 5.

Untungnya, perbedaan ukuran layar ini tidak akan begitu tampak jika tidak diperhatikan dengan seksama. Sebaliknya, sensor pemindai sidik jari yang menempel pada bodi belakang realme 5 Pro justru menjadi perbedaan yang mencolok di sisi ini.

Seperti apa yang beredar di lini masa media teknologi sekarang ini, realme 5 Pro masih menggunakan sensor sidik jari kapasitif yang tersemat di punggungnya. Sementara itu, realme XT sudah menggunakan sensor sidik jari optik yang bisa ditempatkan di bagian layar sehingga tidak tampak.

Di bodi belakang ini juga, realme 5 Pro dan realme XT mempunyai konfigurasi kamera yang berbeda meskipun memiliki konsep kamera yang sama (lensa utama + lensa ultra-wide + lensa makro + lensa potret).

realme 5 Pro vs realme XT Cam

Perbedaan tersebut terletak hanya pada lensa utamanya, di mana realme 5 Pro menggunakan sensor Sony IMX 586 yang masih beresolusi 48 MP sedangkan realme XT menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 yang sudah beresolusi 64 MP.

Nah lalu apakah dengan beberapa kekurangannya realme 5 Pro tidak layak beli? Apakah realme XT jadi ponsel yang lebih tepat?

Jawabannya, pasti saja belum tentu. Jika kamu punya dana yang terbatas tetapi membutuhkan kinerja mumpuni, realme 5 Pro tetap layak untuk dibeli. Sementara jika kamu butuh kemampuan fotografi yang lebih baik dan fitur yang lebih futuristik, realme XT bisa jadi pilihan yang lebih bagus.

Tabel Perbandingan realme 5 Pro Vs realme XT

Aspekrealme 5 Prorealme XT
LayarIPS 6,3 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 3+Super AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 5
SoCQualcomm Snapdragon 712Qualcomm Snapdragon 712
RAM4 GB/8 GB4 GB/8 GB
Penyimpanan128 GB128 GB
Kamera Utama48 MP + lensa ultra-wide 8 MP + lensa makro + lensa potret64 MP + lensa ultra-wide 8 MP + lensa makro + lensa potret
Kamera Selfie16 MP16 MP
FiturDual Nano SIM, Bluetooth 5, Akselerometer, Giroskop, Sensor FingerprintDual Nano SIM, Bluetooth 5, Akselerometer, Giroskop, Sensor Fingerprint di dalam layar
Baterai4.035 mAh, VOOC Flash Charge 3.04.000 mAh VOOC Flash Charge 3.0
OSColor OS 6 realme edition (Android 9 Pie)Color OS 6 realme edition (Android 9 Pie)
HargaRp 2.999.000 (4 GB/128 GB)
Rp 3.699.000 (8 GB/128 GB)
Rp 3.799.000 (4 GB/128 GB)
Rp 4.499.000 (8 GB/128 GB)

Tinggalkan Komentar