Review Smartphone Sponsored Content

Review realme XT – Smartphone Quad Camera 64 MP Xpert, Suksesor realme X yang Makin Canggih

review realme XT Feature

Resmi hadir di Indonesia pada bulan Oktober ini, realme XT membawa fitur andalannya pada segmen fotografi yang berupa empat kamera belakang dengan kamera utama 64 MP. realme XT sendiri hadir sebagai penerus keluarga seri X yang tengah tahun lalu diluncurkan di Indonesia

Tak hanya empat kamera belakangnya yang mempunyai banyak fungsi, smartphone ini juga menawarkan spesifikasi hardware yang bertenaga untuk kelas menengah dengan penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 712 Octa-Core.

Selain itu, baterai berkapasitas 4.000mAh pun sudah disematkan pada smartphone ini. Ditambah lagi fitur VOOC Flash Charge 3.0 yang diklaim oleh realme mampu mengisi daya baterai dengan cepat hingga 100% hanya dalam waktu 80 menit.

Dengan fitur dan kombinasi hardware yang ditawarkannya, secanggih apakah realme XT ketika digunakan sehari-hari? Apakah mampu meneruskan sukses dari realme X sebelumnya? Berikut ini ulasannya.

Desain

realme XT Back

Pada bagian depannya, realme menghadirkan layar penuh dengan rasio layar ke bodi mencapai 91,9% sehingga bezel di sekeliling layar menjadi tipis. Untuk memperkecil bezel atas layarnya, poni berbentuk minidrop pun dihadirkan pada perangkat ini.

Berlanjut ke bagian belakangnya, bodi dari realme XT ini menggunakan pola hiperbola dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 sehingga membuatnya terlihat menarik dan menghadirkan garis cahaya ketika terkena pantulan cahaya. Varian warna realme XT yang digunakan pada ulasan ini sendiri adalah varian warna Putih Permata atau Pearl White.

Pada sisi kiri dan kanan bodi belakangnya terdapat lengkungan 3 dimensi yang membuat saya dapat menggenggamnya dengan nyaman, meskipun hanya menggunakan satu tangan.

Namun bodi belakangnya ini mudah tertempel noda sidik jari atau debu sehingga sebaiknya kamu langsung menyematkan casing tambahan yang tersedia dalam paket penjualannya. Beralih ke bagian bawahnya terdapat lubang speaker, port USB Type-C, dan port jack audio 3,5mm.

Sementara pada sisi kirinya terdapat tombol volume dan SIM Tray yang mendukung 2 slot kartu SIM dan 1 slot microSD. Beranjak ke bagian kanannya, terdapat tombol power yang hadir sendirian dengan aksen garis berwarna gold, ciri khas warna realme.

Layar

realme XT bagian layar

Smartphone yang satu ini hadir dengan layar 6,4 inci yang memiliki resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan beraspek rasio 19.5:9 yang memenuhi bagian depan dengan poni berbentuk minidrop di bagian atasnya.

Dengan layar yang penuh, saya merasa lebih leluasa ketika bermain game atau menonton video. Apalagi teknologinya sudah menggunakan Super AMOLED yang dapat menampilkan konten dengan terang dan tajam.

Namun, jika pengguna ingin lebih memaksimalkan layar bisa menghilangkan tombol navigasi di menu Pengaturan dan memilih jenis gesture yang diberikan oleh realme untuk menggantikan tombol navigasi virtual.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, realme pun melapisi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5 pada layar realme XT. Tak lupa, fitur Night Shield yang hadir pada produk ini mampu melindungi mata penggunanya dengan meminimalisir radiasi sinar biru yang dihasilkan oleh layar.

Kamera

realme XT Quad Cam

Menjadi salah satu daya tarik utamanya, realme XT hadir dengan membawa empat kamera belakang sekaligus yang terdiri dari kamera utama 64 MP (apertur f/1.8), kamera Ultra-Wide 8 MP (apertur f/2.3), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera Ultra-Macro 2 MP (apertur f/2.4).

Kamera utamanya ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 yang mampu menghasilkan foto hingga resolusi 64 MP dengan detail yang bagus. Secara bawaan, kamera utamanya akan menghasilkan foto beresolusi 16 MP berkat teknologi 4-in-1 Pixel Binning yang mampu menyerap cahaya dan menghadirkan informasi yang lebih banyak.

Sementara kamera Ultra-Wide belakangnya mampu menghasilkan foto dengan area yang luas hingga sudut 119 derajat sehingga cocok untuk memotret di area pemandangan alam, perkotaan, bangunan, dan masih banyak lagi.

Tak lupa, kamera Ultra-Macro mampu digunakan untuk memotret obyek dari jarak sangat dekat dengan detail yang masih terlihat jelas, mulai dari miniatur, bunga, mainan kecil, dan lainnya. Jarak pengambilan foto yang direkomendasikan oleh realme adalah 4cm dari objek.

Fitur andalan Chroma Boost dan Nightscape pun masih tersemat dalam aplikasi kamera bawaan realme XT. Chroma Boost mampu meningkatkan kecerahan dan kepekatan warna pada hasil foto yang diambil.

Sementara itu Nightscape mampu menghasilkan foto yang lebih terang, minim noise, dan tajam pada kondisi malam hari atau minim cahaya dibandingkan saat memotret menggunakan Auto Mode. Menariknya, Nightscape ini mampu mengisolasi pendaran cahaya sehingga tulisan yang menggunakan lampu dapat terbaca dengan jelas.

Beralih ke bagian depannya, realme XT mempunyai kamera beresolusi 16 MP dengan apertur f/2.0 yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan wajah yang mulus ditambah efek bokeh (latar buram). Efek blur pada hasil kamera depan dan belakang mampu disunting kembali setelah pengambilan gambar, pengaturan ini ada di menu edit dan sub-menu blur.

Berikut ini adalah hasil foto dari kamera belakang dan depan yang dimiliki oleh realme XT. (sentuh setiap foto untuk melihat resolusi aslinya)

Kamera Belakang

RealmeXT-Canvas-NormalNormal

RealmeXT-Canvas-64MP64MP

RealmeXT-Kucing-NormalNormal

RealmeXT-Kucing-64MP64MP

RealmeXT-Kaleng-NormalNormal

RealmeXT-Kaleng-64MP64MP

RealmeXT-Jalan-NormalNormal

RealmeXT-Jalan-UltrawideUltra-Wide

RealmeXT-BNIGedung-NormalNormal

RealmeXT-BNIGedung-UltrawideUltra-Wide

RealmeXT-BNIStasiun-NormalNormal

RealmeXT-BNIStasiun-UltrawideUltra-Wide

RealmeXT-Buah-NormalNormal

RealmeXT-Buah-ChromaBoostChroma Boost

RealmeXT-Bunga-NormalNormal

RealmeXT-Bunga-ChromaBoostChroma Boost

RealmeXT-Stasiun-NormalNormal

RealmeXT-Stasiun-ChromaBoostChroma Boost

RealmeXT-Totoro-NormalNormal

RealmeXT-Totoro-UltramakroUltra-Macro

RealmeXT-Miniatur-NormalNormal

RealmeXT-Miniatur-UltramakroUltra-Macro

RealmeXT-Humus-NormalNormal

RealmeXT-Humus-UltramakroUltra-Macro

RealmeXT-MRBitsy-NormalNormal

RealmeXT-MRBitsy-NightscapeNightscape

RealmeXT-Starbuck-NormalNormal

RealmeXT-Starbuck-NightscapeNightscape

RealmeXT-Urban-NormalNormal

RealmeXT-Urban-NightscapeNightscape

Kamera Depan 

realmeXT-SelfieNormalSelfie Normal

realmeXT-SelfieBokehSelfie Bokeh + Beauty

Performa

realme XT Gaming

Dapur pacu dari realme XT dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 712 Octa-Core yang mempunyai performa bertenaga berkat kecepatannya yang mencapai 2,3 GHz dan penggunaan teknologi fabrikasi 10nm yang efisien.

Sementara itu, realme mengklaim bahwa chipset ini mempunyai peningkatan performa 10% dan kinerja grafis 35% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk mendampingi performa chipset tersebut, realme pun menyematkan RAM dengan pilihan 4 GB atau 8 GB dan storage internal 128 GB pada smartphone ini.

Saya sendiri berkesempatan untuk menguji perangkat yang mempunyai varian RAM 8 GB dan storage internal 128 GB. Selanjutnya, saya pun melakukan pengujian performa awal dengan membuka aplikasi untuk aktivitas sehari-hari mulai dari SMS, telepon, email, editor dokumen, media sosial, game, dan video.

Hasilnya realme XT mampu menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut secara multitasking dengan mulus tanpa hambatan sama sekali. Selain performa chipset yang cepat, RAM berkapasitas besar membantunya untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Beralih ke tahap pengujian selanjutnya, saya pun memainkan beberapa game yang saat ini sedang populer di Indonesia mulai dari Call of Duty Mobile, Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition.

Menariknya, saya mampu menjalankan semua game tersebut dengan grafis dan frame rate yang tinggi secara lancar. Ditambah lagi realme XT mampu menjalankan Call of Duty Mobile dengan grafis dan frame rate Very High atau grafis High dan frame rate Max sehingga saya dapat menjalankan karakter atau membidik target pada game dengan mulus tanpa hambatan, tanpa lag.

realme XT AnTuTu Geekbench

Tak ketinggalan, saya juga melakukan benchmark pada realme XT menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark v7.2.3 dan Geekbench 4. Perangkat ini berhasil mendapatkan skor AnTuTu yang mencapai 176.837 poin.

Sedangkan pada pengujian Geekbench, realme XT mendapatkan skor 1.246 poin untuk pengujian Single-Core dan 4.506 poin untuk pengujian Multi-Core. Dari pengujian ini, terlihat bahwa realme XT mempunyai performa bertenaga untuk bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya di Indonesia.

Baterai

realme XT Full Screen

Agar bisa bersaing dengan smartphone lain, realme telah membenamkan baterai dengan kapasitas 4.000mAh pada realme XT. Dengan kapasitas sebesar ini, baterainya diklaim realme mampu bertahan selama 15 jam untuk percakapan telepon, 9,5 jam untuk menonton video nonstop, 7,8 jam untuk memutar musik nonstop, atau 669,1 jam dalam keadaan standby.

Untuk membuktikan klaim tersebut, saya pun langsung melakukan pengujian dengan menggunakan aplikasi PCMark for Android dalam mode Work 2.0 Battery serta menggunakan tingkat kecerahan layar 50% dan kondisi baterai dimulai dari 100%.

Sebagai catatan, mode Work 2.0 Battery ini akan melakukan pengujian dengan mensimulasikan pemakaian sehari-hari pada smartphone. Hasilnya, realme XT mampu mendapatkan skor 10 jam 10 menit.

Selanjutnya pada pemakaian harian dari kondisi 100% ke 2% dengan tingkat kecerahan layar 50%, realme XT mampu bertahan selama 13 jam 11 menit dengan Screen on Time mencapai 11 jam 56 menit.

realme XT Battery

Hasil PCMark for Android dan pemakaian harian tersebut memperlihatkan bahwa realme XT mempunyai daya tahan baterai yang lama sehingga mampu digunakan untuk aktivitas sehari-hari dengan hanya sekali cas setiap harinya.

Ditambah lagi realme XT mempunyai dukungan VOOC Flash Charge 3.0 dengan tenaga 20W yang memungkinkan daya baterai smartphone dapat diisi dari kondisi 2% ke 100% hanya dalam waktu 95 menit saja.

In-Display Fingerprint dan Face Unlock

realme XT Underdisplay

Sensor fingerprint merupakan fitur yang sudah umum hadir pada smartphone di tahun 2019. Berkat penggunaan teknologi Super AMOLED, sensor fingerprint realme XT mampu disematkan di dalam layarnya atau sering disebut in-display fingerprint.

Bahkan realme mengklaim bahwa sensor in-display fingerprint milik realme XT mampu mendeteksi sidik jari sekaligus membuka kunci smartphone hanya dalam waktu 0,34 detik saja. Pada saat saya mencobanya, memang sensor in-display fingerprint mampu merespon sidik jari saya dengan cepat.

Seperti biasanya, realme XT mengizinkan hingga 5 sidik jari berbeda untuk didaftarkan pada sensor in-display fingerprint miliknya. Tak lupa, fitur Face Unlock juga telah disematkan pada perangkat ini sehingga memungkinkan saya dapat membuka kunci layar menggunakan wajah.

Fitur Face Unlock ini mampu mengenali wajah saya dengan cepat, baik dalam kondisi terang atau gelap sekalipun. Pada kondisi gelap, realme mengatasinya dengan meningkatkan kecerahan layar secara otomatis sehingga fitur Face Unlock mampu mengenali wajah saya dengan baik. Solusi cukup cerdas yang ditawarkan oleh realme.

Tidak hanya untuk membuka kunci layar saja, sensor fingerprint dan fitur Face Unlock ini juga dapat digunakan untuk membuka kunci dari aplikasi yang sudah dikunci menggunakan fitur bawaan ColorOS 6.0.1.

ColorOS 6.0.1

realme XT ColorOS

Smartphone yang satu ini sudah dibekali dengan ColorOS 6.0.1 berbasiskan sistem operasi Android 9.0 Pie. Dibandingkan generasi sebelumnya, tampilan antarmuka yang dibawa ColorOS  terlihat simpel dan bersih sehingga membuat penggunanya nyaman dalam melakukan navigasi ketika mengakses aplikasi, pengaturan, dan fitur lainnya.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, ColorOS yang satu ini secara bawaan mempunyai tampilan home screen dengan App Drawer sehingga aplikasi yang terinstal akan langsung masuk ke dalam App Drawer. Namun apabila kamu tidak menyukainya maka dapat mengubah tampilan home screen tanpa App Drawer sehingga aplikasi yang terinstal akan langsung berada di home screen.

ColorOS 6.0.1 sendiri hadir dengan beberapa fitur menarik mulai dari App Cloner, App Split-screen, Game Space, screenshot dengan 3 jari, dan Smart Assistant. App Cloner memungkinkan aplikasi dapat digandakan pada realme XT sehingga membuat saya dapat memasukkan dua akun sekaligus pada aplikasi yang dikloning seperti aplikasi media sosial.

Sementara App Split-screen membantu saya untuk dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar saya dapat melakukan aktivitas multitasking lebih mudah. Misalnya saja, saya dapat  menonton video di YouTube sambil melakukan chat di WhatsApp hanya dalam satu layar saja.

Selanjutnya, saya dapat langsung melakukan screenshot cepat hanya dengan menyapu atau swipe layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari yang dirapatkan. Soal urusan game, terdapat Game Space yang akan mengelompokkan aplikasi atau game untuk bisa menggunakan fitur Hyper Boost 2.0 sehingga performa smartphone dapat meningkat.

Aplikasi atau game dapat kamu masukkan secara manual ke dalam folder Game Space tersebut jika tidak terdaftar secara otomatis. Fitur Hyper Boost 2.0 juga mempunyai fungsi Frame Boost dan Touch Boost yang mampu menstabilkan frame rate dan meningkatkan responsivitas sentuhan jari ketika penggunanya sedang bermain game.

Smart Assistant yang hadir pada ColorOS 6.0.1 dapat memberikan informasi mengenai cuaca, tanggal, aplikasi populer, jumlah langkah kaki, pintasan aplikasi, hingga menu search untuk pencarian cepat aplikasi, kontak, atau informasi di website.

Fitur lain yang ada pada realme XT dengan ColorOS 6.0.1 adalah fitur Digital Wellbeing atau kenyamanan digital. Fitur ini secara cerdas menganalisa penggunaan ponsel tiap harinya dengan mengukur tiga variabel, yaitu waktu pemakaian perangkat, jumlah notifikasi yang diterima dan frekuensi aplikasi dibuka.

Selain itu, untuk menghindari ketergantungan terhadap ponsel, realme XT dengan fitur Digital Wellbeing nya ini juga dapat menyetel timer harian untuk sebagian besar aplikasi. Jika timer berakhir, maka aplikasi akan dijeda seharian.

Kesimpulan

Setelah pemakaian selama beberapa minggu, saya merasa puas dalam menggunakan realme XT untuk aktivitas sehari-hari khususnya pada sektor kamera yang membuat saya dapat menghasilkan foto-foto menarik berkat kombinasi empat kamera belakangnya yang multifungsi.

Selanjutnya, saya juga menyukai performanya karena kombinasi Snapdragon 712 dan RAM 8 GB mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan mulus tanpa lag. Apalagi fitur Hyper Boost 2.0 dapat meningkatkan performa smartphone, meningkatkan responsivitas sentuhan, dan menstabilkan frame rate ketika game sedang dimainkan.

Layar Super AMOLED yang hadir pada smartphone ini dapat menampilkan konten dengan terang dan tajam. Sementara ukuran layarnya yang lebar dan desainnya yang penuh membuat saya leluasa dalam bermain game maupun menonton video.

Meskipun sensor fingerprint milik realme XT berada di bawah layar, in-display fingerprint-nya mampu merespon sidik jari saya dengan cepat sehingga memudahkan pembukaan kunci smartphone tanpa perlu mengetikkan password atau pattern terlebih dahulu.

Walau sensor NFC belum hadir di realme XT ini, fitur dan spesifikasi hardware yang ditawarkan sudah lengkap. Namun kembali lagi ke pembaca, apakah signifikansi penggunaan sensor NFC diutamakan, dimana beberapa pembayaran sudah melalui proses digital real-time.

Akhir kata, jika pembaca ingin segera memiliki smartphone dengan 64 MP Quad Camera dengan performa mumpuni dan kaya akan fitur, bisa langsung meminang realme XT di kisaran harga Rp 3-4 jutaan. Di hari peluncurannya, realme bahkan menggelar penjualan kilat (flash sale), jadi masyarakat bisa beli dan coba langsung smartphone 64MP pertama.

* Disclosure: Artikel ini merupakan hasil kerja sama dengan realme

Tinggalkan Komentar