Sponsored Content

Samsung Galaxy Tab S6 Mungkinkan Kamu Tetap Produktif Kapan dan Di Mana Saja

Review Samsung Galaxy Tab S6 Header

Gadgetren – Perangkat mobile zaman sekarang memiliki spesifikasi tangguh yang mubazir jika digunakan untuk sekedar berkomunikasi atau bermain game saja. Hal tersebut akan berubah dengan hadirnya Samsung Galaxy Tab S6.

Melalui produk terbaru dari lini Galaxy Tab mereka, Samsung sepertinya ingin mengubah persepsi bahwa kamu harus memiliki perangkat smartphone dan laptop jika ingin produktif. Diluncurkan di Indonesia pada 2 September 2019 lalu, Galaxy Tab S6 langsung menarik perhatian banyak orang.

Samsung Galaxy Tab S6 menawarkan berbagai keunggulan yang membuatnya lebih dari sekedar perangkat tablet biasa. Tidak hanya itu saja, Galaxy Tab S6 memiliki desain sangat menawan dan modern yang akan membuat siapa pun langsung menoleh ke arahnya.

Tablet Samsung yang satu ini hadir dengan bodi yang sangat ringkas sekali dengan ketebalan hanya 5,7mm, sedikit lebih tipis dibandingkan smartphone Galaxy S8. Diiringi dengan bobot yang hanya 420gram, Galaxy Tab S6 tergolong sangat portabel sehingga kamu tidak akan kerepotan ketika menggunakan maupun menyimpannya di dalam tas.

Samsung Galaxy Tab S6 Ramping SIM Slot

Bagi kamu yang punya mobilitas tinggi, tentu hal ini akan sangat penting mengingat kamu harus terus beraktivitas secara optimal dalam berbagai jenis kondisi. Maka dari itu, Samsung menciptakan Galaxy Tab S6 dengan desain yang tidak akan membuat kamu merasa harus membawa beban tambahan.

Tidak hanya desain premium saja, Galaxy Tab S6 memiliki segudang fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang segala jenis aktivitas. Salah satunya adalah dukungan S Pen terbaru yang lebih canggih dan berguna dengan warna yang senada dengan bodi tablet.

S Pen ini dilengkapi dengan magnet sehingga dapat menempel pada sisi kanan punggung Galaxy Tab S6. Ketika ditempel sesuai pada tempatnya, S Pen pun akan secara otomatis terisi daya baterainya sehingga selalu siap ketika akan kamu gunakan.

Samsung Galaxy Tab S6 S Pen

Yang paling menarik, S Pen terbaru ini dapat membaca pola gerakan tangan seperti menyapu ke atas atau bawah, menyapu ke kiri atau kanan, maupun berputar searah jarum jam atau sebaliknya. Fitur yang dinamakan Air Action ini dapat digunakan untuk mengendalikan tablet dari jarak jauh.

Contohnya saja ketika melakukan presentasi, kamu tidak perlu menggapai tablet setiap kali harus mengatur jalannya presentasi. Cukup dengan menggunakan S Pen dari kejauhan, maka kamu bisa memutar atau menghentikan video maupun berpindah halaman presentasi.

Tentu saja dengan tidak menyentuh tablet secara langsung, ada beberapa keuntungan yang kamu dapatkan. Pertama, layar tidak akan kotor akibat tersentuh jari ketika melakukan presentasi sehingga lawan bicara dapat tetap melihat konten secara jelas. Kedua, kamu dapat lebih bebas bergerak sehingga presentasi akan berlangsung lebih mulus.

Air Action ini sangat mudah dilakukan dan dapat membaca gerakan dengan akurat. Untuk membantu penggunanya, Samsung pun memberikan petunjuk yang dapat diakses dengan menekan tombol yang ada di S Pen untuk melihat perintah apa saja yang akan dijalankan ketika kamu melakukan gerakan tertentu pada sebuah aplikasi.

Samsung Galaxy Tab S6 Transparent Notes

Selain bisa mengontrol tablet dari jarak jauh, tentu saja S Pen ini dapat digunakan seperti stylus pada umumnya. Dengan sensitivitas mencapai 4.096 tingkat tekanan, S Pen terbaru Samsung ini akan memberikan sensasi layaknya menggunakan pena konvensional. Maka dari itu, kamu para pekerja kreatif dapat berkreasi dengan lebih nyaman.

Dari seluruh fitur yang dimiliki oleh S Pen ini, ada sebuah fitur yang sangat berguna bagi kamu yang suka kepraktisan. Fitur bernama Transparent Notes ini memungkinkan kamu untuk menulis catatan di atas aplikasi yang tengah berjalan. Dengan begitu kamu tidak perlu berpindah-pindah aplikasi yang pastinya akan sedikit menghilangkan fokus.

Kehadiran fitur ini akan memudahkan kamu dalam mencatat informasi penting dengan mudah seperti ketika ingin mencatat sebuah resep sambil menonton video cara memasak di YouTube sehingga kamu tidak perlu menghentikan video terlebih dahulu.

Samsung Galaxy Tab S6 Multi Window

Tentu saja Galaxy Tab S6 juga menyediakan fitur Multi Window yang memungkinkan kamu membuka dua aplikasi secara berdampingan sehingga kamu dapat mengerjakan berbagai aktivitas dengan lebih efisien.

Namun jika kamu ingin melakukan multitasking lebih jauh lagi, maka kamu bisa menggunakan fitur andalan dari Samsung, yakni Desktop eXperience. Sesuai namanya, Samsung DeX ini akan memberikan pengalaman yang lebih mirip pada perangkat komputer.

Dengan tampilan antarmuka yang telah dirombak, kamu dapat melakukan lebih banyak aktivitas lagi yang biasanya tidak mungkin dilakukan pada perangkat tablet biasa. Dikombinasikan dengan aksesoris BookCover Keyboard, Galaxy Tab S6 ini akan bertransformasi menjadi seperti perangkat laptop.

Tentu saja agar bisa bersaing dengan laptop sebenarnya, Samsung pun menyematkan spesifikasi yang sangat bertenaga pada Galaxy Tab S6. Diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 855, RAM 6GB dan penyimpanan 128GB, tablet satu ini mampu melahap segala jenis aplikasi yang tersedia saat ini.

Dalam tes benchmark menggunakan AnTuTu, Galaxy Tab S6 bahkan mampu meraih skor sebesar 434.958 poin. Angka yang sangat tinggi dan mengalahkan banyak smartphone Android yang beredar saat ini di tahun 2019.

Dengan kinerja yang sangat bertenaga tersebut, Galaxy Tab S6 dapat memenuhi segala kebutuhan aktivitas kamu dengan lancar. Bahkan ketika tablet digunakan bermain Call of Duty Mobile, game dapat berjalan dengan mulus pada pengaturan grafis semaksimal mungkin.

Performa bukan satu-satunya saja yang membuat Galaxy Tab S6 mampu bersaing dengan perangkat laptop. Dibekali baterai berkapasitas 7.040mAh, tablet ini dapat menyala selama 8 jam 11 menit ketika diuji menggunakan PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar 50% untuk mensimulasikan penggunaan pada umumnya.

Daya tahan baterai tersebut tentunya sangat lama jika dibandingkan kebanyakan laptop mainstream yang rata-rata hanya bisa bertahan 3-4 jam saja. Segmen ini menjadi salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh Galaxy Tab S6 dibandingkan perangkat laptop pada umumnya.

Samsung Galaxy Tab S6 Tes baterai

Tablet ini pun pastinya dilengkapi teknologi Adaptive Fast Charging agar pengisian daya baterai berlangsung lebih cepat. Hanya dalam waktu 2 jam 24 menit saja, baterai berkapasitas besar yang dimiliki oleh Galaxy Tab S6 dapat terisi hingga penuh total dari yang tadinya tersisa 16 persen.

Kombinasi performa bertenaga, daya baterai yang lama, serta fitur Samsung DeX membuat Galaxy Tab S6 ini menjadi sebuah perangkat yang memiliki spesifikasi seperti laptop dengan fleksibilitas layaknya smartphone. Maka dari itu, Galaxy Tab S6 dapat kamu gunakan untuk bekerja di mana dan kapan saja tanpa adanya kompromi.

Saat kamu sedang ingin beristirahat dan menikmati konten hiburan, Galaxy Tab S6 pun dapat memberikan pengalaman yang memuaskan. Layarnya sudah menggunakan panel Super AMOLED berukuran 10,5 inci dengan resolusi WQXGA 2560 x 1600 piksel.

Berkat digunakannya panel Super AMOLED, gambar akan terlihat hidup dikarenakan memiliki warna akurat seperti aslinya dan kontras yang sangat baik. Rasio 16:10 yang dihadirkan membuat layarnya terlihat lebih luas sehingga kamu dapat menonton video dengan lebih imersif.

Samsung Galaxy Tab S6 Layar

Tidak hanya soal visual saja, Samsung pun tidak lupa untuk memberikan pengalaman audio yang sepadan untuk mendampingi layar menawan tersebut. Galaxy Tab S6 ini memiliki empat buah speaker dari AKG yang terletak di samping kiri dan kanan tablet saat digunakan dalam mode landscape.

Speaker tersebut mampu menghasilkan suara yang lantang dan jernih walaupun hadir dalam bodi yang ramping. Dengan begitu kamu dapat menonton video atau mendengarkan musik secara beramai-ramai bersama teman atau pasangan.

Rasanya kamu tidak perlu lagi membawa speaker portabel tambahan untuk mendapatkan pengalaman audio yang menakjubkan karena speaker bawaan dari Galaxy Tab S6 sudah dapat memberikan hal tersebut.

Sebagai perangkat yang memiliki spesifikasi laptop dengan fleksibilitas smartphone, Galaxy Tab S6 pun memiliki kemampuan fotografi yang tidak boleh dianggap remeh. Dilengkapi dua kamera belakang dalam konfigurasi lensa utama 13MP dan lensa Ultra Wide 5MP serta kamera depan 8MP, tablet ini dapat mengabadikan momen-momen penting kamu dengan baik.

Apalagi kamera Ultra Wide yang diberikan memungkinkan kamu mengambil foto dengan area yang lebih luas sehingga kamu dapat menangkap banyak obyek sekaligus. Tidak ketinggalan juga kemampuan Live Focus yang dapat memberikan efek bokeh pada foto sehingga obyek akan terlihat lebih terfokus dan dramatis.

Baik kamera belakang maupun depannya sama-sama dapat menghasilkan foto dengan reproduksi warna yang baik dan detail. Untuk melihat sendiri seperti apa foto yang dihasilkan oleh kamera Galaxy Tab S6, berikut ini beberapa contohnya. (Sentuh setiap foto untuk melihat resolusi aslinya)

Samsung Galaxy Tab S6 Kamera Belakang Kanvas

Samsung Galaxy Tab S6 Kamera Belakang Makanan

Samsung Galaxy Tab S6 Kamera Belakang Mainan

Samsung Galaxy Tab S6 Kamera Depan NormalNormal

Samsung Galaxy Tab S6 Kamera Depan BokehLive Focus

Samsung Galaxy Tab S6 Kamera Belakang BokehLive Focus

Samsung Galaxy Tab S6 Kamera Belakang Celengan NormalNormal

Samsung Galaxy Tab S6 Kamera Belakang Celengan WideWide Angle

Kecanggihan Galaxy Tab S6 besutan Samsung ini tidak berhenti di situ saja karena masih ada beberapa hal lagi yang sangat menarik. Bagi kamu yang memiliki berbagai produk Samsung Galaxy lainnya, maka tablet ini bisa menjadi hub atau pusat dari semua perangkat tersebut.

Apa maksudnya? Galaxy Tab S6 ini dapat kamu gunakan untuk mengontrol perangkat Galaxy lain yang kamu miliki. Salah satunya, kamu dapat mensinkronisasi smartphone Galaxy S series ke Galaxy Tab S6 melalui aplikasi Samsung Flow.

Nantinya kamu akan menerima segala notifikasi hingga panggilan telepon yang masuk ke smartphone melalui tablet ini. Bahkan kamu juga bisa menggendalikan smartphone dari jarak jauh dengan menggunakan fitur mirroring yang tersedia.

Samsung Galaxy Tab S6 Aplikasi Flow

Fitur ini tentunya membutuhkan jaringan nirkabel yang bisa diandalkan agar dapat digunakan dengan nyaman. Oleh karena itu, Samsung memberikan dukungan konektivitas nirkabel cepat pada Galaxy Tab S6 mulai dari Bluetooth v5.0, Wi-Fi 802.11 2.4G+5GHz, serta dukungan LTE dengan kecepatan download hingga 2.0Gbps.

Dengan segala fitur dan spesifikasi yang dimilikinya, Samsung Galaxy Tab S6 berhasil mengombinasikan keunggulan yang dimiliki oleh laptop dan smartphone menjadi satu perangkat. Tablet ini mampu memberikan pengalaman yang mendekati laptop, namun dengan desain ramping layaknya smartphone.

Tidak hanya memiliki performa tinggi untuk menunjang kebutuhan multitasking saat bekerja, tablet ini menawarkan pengalaman visual audio menawan ketika digunakan menikmati konten hiburan. Ditambah lagi dukungan S Pen terbaru memungkinkan kamu untuk berkreasi lebih jauh lagi.

Walaupun begitu, Galaxy Tab S6 tidak melupakan asal usulnya sebagai perangkat mobile dengan memberikan kemampuan kamera mumpuni, daya tahan baterai lama, serta desain ramping dan ringan agar mudah untuk digunakan di mana saja.

Bagi kamu yang ingin memiliki sebuah perangkat dengan kemampuan laptop dan smartphone secara bersamaan, Samsung Galaxy Tab S6 bisa menjadi pilihan utama kamu. Apalagi saat ini merupakan momen yang tepat karena, Samsung tengah mengadakan program trade-in Galaxy Tab S seri lama dan promo bundling dengan BookCover Keyboard.

Tinggalkan Komentar