Aplikasi Berita

Samsung Pay Kolaborasi dengan DANA dan GoPay, Hadirkan Kemudahan Pembayaran dari Smartphone

Samsung Pay Feature

Gadgetren – Pada saat peluncuran smartphone terbarunya pada awal tahun 2019 di Indonesia, Samsung Indonesia juga mengumumkan kehadiran aplikasi dan layanan pembayarannya yang bernama Samsung Pay.

Sekilas, Samsung Pay merupakan sebuah aplikasi yang hadir smartphone Samsung Galaxy yang mengizinkan penggunanya untuk dapat melakukan transaksi langsung dari perangkat sehingga pembayaran lebih cepat dan mudah.

Samsung Pay ini hadir dengan teknologi QR yang memanfaatkan dompet digital dari layanan mitra yang sudah bekerja sama dengan Samsung. Menariknya, Samsung Indonesia baru saja mengumumkan kerja sama Samsung Pay dengan DANA dan GoPay.

Dengan hadirnya kerja sama ini, Samsung Indonesia memposisikan Samsung Pay sebagai wadah dalam memudahkan pengguna perangkat Samsung untuk menggunakan beragam layanan uang elektronik, sebagai dompet elektronik di smartphone.

Meskipun Samsung Pay bukan uang elektronik, aplikasi yang terdapat pada smartphone Samsung ini dapat menyediakan akses cepat ke beragam uang elektronik. Pihak Samsung Indonesia mengatakan bahwa Samsung Pay mengedepankan kemudahan bagi pengguna smartphone buatannya untuk melakukan pembayaran melalui dompet digital pilihannya.

Samsung Pay Petinggi

Kerja sama ini menjadi langkah yang tepat bagi Samsung Indonesia, mengingat DANA dan GoPay merupakan salah satu dompet digital terbesar di Indonesia untuk melakukan transaksi pembayaran dengan beragam merchant yang telah berkolaborasi.

Untuk saat ini, Samsung Pay baru bisa menggunakan dompet digital dari DANA. Sementara Samsung Indonesia baru akan menghadirkan akses pembayaran menggunakan GoPay di Samsung Pay dalam waktu dekat ini.

Saya sendiri sudah mencoba melakukan pembayaran menggunakan Samsung Pay untuk transaksi digital di beberapa merchant yang bekerja sama dengan DANA. Untuk bisa menggunakan Samsung Pay ini, kamu dapat login terlebih dahulu menggunakan Samsung Account.

Samsung Pay Kerja sama

Setelah berhasil login, maka Samsung Pay akan meminta kamu melakukan pengaturan atau setup gara dapat integrasi dengan DANA. Kamu cukup memasukkan nomor telepon dan PIN yang terdaftar pada DANA agar terintegrasi dengan Samsung Pay.

Setelah DANA sudah aktif di Samsung Pay, maka kamu dapat langsung melakukan pembayaran dengan menekan tombol Pay. Nantinya pada halaman pembayaran akan terdapat dua pilihan, yakni memberikan QR Code kepada merchant atau memindai QR dari merchant yang bekerja sama dengan DANA.

Bisa dibilang proses pembayaran yang dilakukan pada Samsung Pay ini hampir mirip dengan aplikasi DANA itu sendiri. Sementara itu, Samsung juga memberikan pilihan kepada pengguna smartphone Samsung untuk mengaktifkan shortcut Samsung Pay di home screen atau tidak.

Samsung Pay Swipe Up

Apabila shotrcut diaktifkan, maka kamu hanya tinggal Swipe Up atau menyapu shortcut Samsung Pay dari bagian bawah ke atas dari home screen maupun lock screen. Selanjutnya, shortcut langsung diarahkan ke aplikasi Samsung Pay untuk melakukan pembayaran.

Samsung Pay sendiri sudah tersedia di seri Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy A terbaru. Namun bagi kamu pengguna smartphone Samsung Galaxy yang belum memiliki Samsung Pay maka dapat langsung mengunduhnya di Google Play Store maupun Galaxy Store. Sebagai catatan, aplikasi ini bisa diinstal pada produk Samsung dengan sistem operasi Android 9.0 Pie atau lebih baru.

Tinggalkan Komentar