Aplikasi

Apa Itu Samsung Pay yang Bisa Permudah Transaksi Pembayaran?

Apa Itu Samsung Pay - Header

Gadgetren – Dalam rangka membekali handphone-handphone buatannya, perusahaan Samsung mengembangkan berbagai macam layanan pendukung yang mana salah satu di antaranya termasuk Samsung Pay.

Layanan pendukung tersebut umumnya sudah bisa langsung dipakai ketika kita menggunakan handphone-handphone buatan Samsung terutama model menengah ke atas. Kalaupun belum, kita pun bisa memasang aplikasinya secara manual dari Google Play Store atau Samsung Galaxy Store.

Dengan hadirnya layanan tersebut, kita kini pun bisa lebih mudah untuk bertransaksi di berbagai macam merchant yang mendukung. Handphone-handphone dengan Samsung Pay soalnya dapat digunakan untuk menyelesaikan pembayaran.

Namun perlu diingat bahwa Samsung Pay bukanlah platform uang elektronik. Jadi tidak bisa langsung dipakai untuk melakukan transaksi pembayaran jika tidak dihubungkan dengan salah satu dari layanan keuangan yang sudah bekerja sama.

Kalau bukan uang elektronik, lalu Samsung Pay sebenarnya layanan seperti apa? Buat kamu yang masih belum mengenalnya berikut penjelasan rinci mengenai aplikasi tersebut.

Apa Itu Samsung Pay?

Samsung Pay adalah sebuah layanan yang dirancang untuk membuat transaksi pembayaran dengan uang elektronik bisa berlangsung secara lebih ringkas dan praktis pada berbagai macam handphone buatan Samsung.

Namun alih-alih menjadi platform uang elektronik itu sendiri, Samsung Pay lebih mirip seperti dompet digital yang akan mengumpulkan berbagai macam layanan. Jadi kita nanti tidak perlu lagi mencari aplikasi yang mau dipakai secara satu per satu saat ingin melakukan pembayaran.

Proses pembayaran pun bisa semakin ringkas karena Samsung Pay mendukung gesture usapan ke atas pada layar home untuk membukanya. Kita dalam hal ini bahkan dapat memakainya saat handphone dalam keadaan terkunci.

Transaksi dengan layanan dompet digital tersebut juga bisa langsung dilakukan lewat aplikasi kamera bawaan di handphone Samsung. Kita nanti hanya perlu memanfaatkan fitur pemindai QR untuk memindai kode pembayaran dari merchant.

Cara Mengaktifkan Samsung Pay

  • Buka Samsung Pay dari daftar aplikasi
  • Unduh dan install pembaruan jika tersedia
  • Tonton video intro jika muncul
  • Login dengan akun Samsung jika diminta
  • Klik tombol Start
  • Jangan lupa menyetujui kebijakan layanan
  • Selanjutnya, atur metode verifikasi yang mau digunakan (misalnya PIN)
  • Berikutnya, tambahkan layanan uang elektronik yang mau digunakan

Sayangnya, dukungan uang elektronik yang bisa dipakai di Samsung Pay masih sangat terbatas. Pengguna di Indonesia saat ini baru bisa menambahkan layanan DANA padahal di luar negeri sudah bekerja sama dengan bank yang menerbitkan kartu kredit maupun debit.

Aplikasi Samsung Pay juga hanya bisa digunakan untuk handphone-handphone Samsung yang menjalankan sistem operasi Android 9 ke atas. Untuk mendapatkan semua fitur, kita pun tak jarang memerlukan perangkat yang lebih mutakhir.

Tinggalkan Komentar