Tips dan Trik

Cara Menghilangkan Widget Samsung Pay dari Home Screen

Cara Menghilangkan Samsung Pay header

Gadgetren – Samsung Pay merupakan layanan dan aplikasi buatan Samsung yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran secara digital di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan Samsung.

Awalnya fitur ini membutuhkan teknologi NFC untuk bisa digunakan. Untungnya, kini Samsung Pay sudah mendukung beberapa smartphone di Indonesia yang tidak memiliki sensor NFC, seperti Samsung Galaxy A30 dan Galaxy A50.

Namun setelah adanya perubahan yang diberikan oleh pihak Samsung, beberapa pengguna sedikit risih akibat hadirnya widget yang sedikit mengganggu di Home Screen maupun Lock Screen smartphone.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin menghilangkan widget Samsung Pay tersebut maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Menghilangkan Widget Samsung Pay dari Home Screen

  1. Pertama, kamu dapat membuka aplikasi Samsung Pay
  2. Di dalamnya, kamu dapat memilih menu bergaris 3 di pojok kiri atas
  3. Selanjutnya, kamu dapat memilih menu Settings
  4. Pada halaman berikutnya, kamu dapat memilih Quick Access Settings. Jika menu ini tidak muncul, ada kemungkinan perlu login terlebih dahulu melalui tombol Getting Started.
  5. Kemudian kamu dapat langsung menonaktifkan Samsung Pay di Lock Screen dan Home Screen
  6. Setelah semua dinonaktifkan maka secara otomatis widget Samsung Pay akan hilang dari Lock Screen maupun Home Screen

Meskipun widget dihilangkan, namun kamu masih dapat melakukan pembayaran secara digital menggunakan aplikasi Samsung Pay. Menariknya lagi, Samsung Pay ini telah terintegrasi dengan DANA sehingga pembayaran menjadi lebih mudah.

Pilihan Quick Access Samsung Pay

Awalnya Samsung Pay ini sendiri dapat digunakan untuk melakukan pembayaran digital menggunakan sensor NFC yang dihubungkan dengan alat atau mesin pembayaran yang dimiliki oleh merchant atau toko.

Namun berkat kerja sama Samsung dengan DAN, kini fitur Samsung Pay bisa digunakan juga di smartphone yang tidak mempunyai NFC. Nantinya pengguna smartphone ini dapat memanfaatkan Samsung Pay melalui teknologi QR Code.

Sementara itu, merchant yang menjual barang pun sudah harus mempunyai mesin pemindai QR Code atau mempunyai QR Code untuk dipindai oleh Samsung Pay.

Apalagi DANA sendiri memiliki kerja sama dengan banyak merchant di Indonesia. Tak hanya itu, promo diskon yang ditawarkan oleh DANA bisa dibilang besar sehingga menjadi dompet digital ketiga terbesar di Indonesia karena banyak yang menggunakannya.

Bisa dibilang Samsung Pay yang bekerja sama dengan DANA ini sangat memudahkan pengguna smartphone Samsung untuk bertransaksi digital tanpa perlu ribet membawa kartu atau uang tunai. Nah, apakah kamu juga menggunakan Samsung Pay untuk melakukan transaksi?

Tinggalkan Komentar

2 Komentar

  • Sore. Saya telah membaca cara tersebut dan mempraktekkannya dengen seksama, terapi, didalam samsung pay tidak terdapat link settingan, hanya terdapat hubungi kami dan tenten samsung pay. Mohon bantuannya, terimakasih

    • Sepertinya ada update baru aplikasinya, perlu memencet tombol Getting Started untuk login lalu baru bisa melakukan langkah di atas