Gadget Smartphone

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan realme X2 – Ponsel Gaming dan Fotografi?

Kelebihan dan Kekurangan Realme X2 Header

Gadgetren – Rentang waktu yang sangat terbatas, tak menyurutkan realme untuk meluncurkan ponsel baru. Baru-baru ini, perusahaan tersebut kembali meluncurkan penerus lini realme X, yakni realme X2.

Secara umum, realme X2 dilengkapi dengan paket senjata yang sangat komplit, seperti ponsel-ponsel realme yang berjaya di masa sebelumnya. Perangkat ini juga dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, tetapi menawarkan piranti keras yang sangat kuat dengan fitur dan piranti lunak yang lebih baik.

Nah pertanyaannya, apakah perangkat ini memiliki kekurangan? Apakah perangkat ini cukup layak ditunggu, mengingat perangkat ini memiliki piranti keras dan berbagai macam fitur tersebut?

Kelebihan realme X2

Sebelum masuk ke pembahasan kekurangannya, alangkah baiknya kita bahas mulai dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh ponsel baru realme ini terlebih dahulu, supaya pembahasannya lebih berimbang.

Smartphone ini sebenarnya merupakan versi upgrade dari realme XT yang diperkenalkan sebelumnya. Perangkat ini dibekali dengan beberapa perbaikan mulai dari sektor kinerja hingga kemunculan beberapa fitur baru di dalamnya.

Perangkat ini dibangun dengan menggunakan layar Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel) Super AMOLED berukuran 6,4 inci yang sudah terintegrasi dengan sensor sidik jari, yang menjadi salah satu kelebihannya.

Tak hanya akan cukup tajam dan sangat baik dalam menampilkan gambar, layar dari realme X2 ini pun akan sangat kuat berkat teknologi pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 yang menempel di lapisan luar.

Dengan lapisan layar ini, kamu bisa akan lebih nyaman untuk bermain game, tanpa kawatir layar tergores. Apalagi di dalam hal ini, realme X2 juga dilengkapi dengan konfigurasi mesin yang tak bisa diremehkan.

Untuk memenuhi kebutuhan para gamer atau mereka yang membutuhkan ponsel berkinerja tinggi, realme X2 sudah dilengkapi dengan SoC khusus “ponsel gaming menengah” buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 730G.

Kelebihan dan Kekurangan Realme X2 Gaming

Snapdragon 730G, bagi yang belum tahu, merupakan versi overclocked dari Snapdragon 730. SoC ini memiliki Adreno 618 dengan kemampuan pengolah grafis yang ditingkatkan hingga 15 persen lebih baik ketimbang Snapdragon 730.

Kemampuannya dalam menangani tugas yang berat pun jangan diragukan. Apalagi, realme X2 juga memadukannya dengan RAM LPDDR4x dengan kapasitas hingga 8 GB dan memori penyimpanan bertipe UFS 2.1 berkapasitas hingga 256 GB.

Yang tak kalah menarik, realme X2 pun dilengkapi dengan baterai 4.000 mAh, yang notabene relatif cukup besar karena SoC dengan fabrikasi 8 nm yang lebih hemat daya. Lebih lagi, baterainya pun sudah didukung teknologi VOOC Flash Charge 4.0 yang beroperasi di 30 Watt.

Nah meski unggul di kemampuan gaming-nya, bukan berati perangkat ini bisa dipandang sebelah mata di sektor fotografinya. Secara khusus, realme X2 juga dilengkapi dengan dukungan kamera yang lebih lengkap, didukung oleh piranti lunak kamera khas realme.

Perangkat ini menawarkan kamera utama dengan kombinasi empat buah lensa, yang meliputi lensa utama bersensor Samsung GW1 64 MP, lensa ultra-wide 8 MP, lensa makro 2 MP dan lensa potret 2 MP.

Selain itu, realme X2 juga dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang cukup kekinian, dari mulai sensor giroskop dan akselerometer, NFC, antarmuka USB Type-C, slot kartu terdedikasi, Dolby Atmos, hingga beberapa fitur lainnya.

Kekurangan realme X2

Jika dibandingkan dengan versi pendahulunya, realme X, ada sebuah catatan yang cukup mengganggu bagi saya. Tidak seperti realme X dengan kamera pop-up untuk kamera depannya, realme X2 malah menggunakan notch kembali untuk menyematkannya.

Hal ini cukup di sayangkan, karena bisa sedikit mengganggu tampilan layar yang sebenarnya sudah cukup luas. Apalagi dalam hal ini, saya termasuk orang yang tidak begitu tertarik dengan ponsel dengan layar berponi.

Tinggalkan Komentar