Review

OPPO A9 2020 – Level Baru Smartphone dengan 4 Kamera dan Baterai Jumbo

Gadgetren – Masuk sebagai salah satu brand 5 besar di Indonesia, OPPO terus meluncurkan smartphone baru, yang kali ini dinamakan OPPO A9 2020.

Tim Gadgetren pun berkesempatan untuk mencoba langsung smartphone 4 kamera dengan baterai jumbo tersebut sebelum diluncurkan secara resmi di Indonesia.

OPPO A9 2020 masih memiliki acuan desain yang cukup mirip dari versi sebelumnya, OPPO A9, yang telah dirilis lebih dahulu pada awal tahun 2019. Tampilan depannya terlihat sangat kekinian dengan layar yang memiliki poni berbentuk tetesan air di bagian atasnya.

Desain layar seperti ini akan membuat layar terasa lebih luas berkat bezel yang lebih tipis. Memang masih belum sesempurna OPPO Reno yang layarnya memenuhi bagian depan secara menyeluruh, tetapi layar yang dimiliki OPPO A9 2020 ini akan terasa lebih memuaskan dibandingkan desain konvensional.

OPPO A9 2020 Layars

 

Bagian belakang smartphone ini pun terlihas sangat elegan berkat pola bergelombang yang muncul ketika memantulkan cahaya dari sudut tertentu. Apalagi varian warna Space Purple yang saya coba ini membuatnya terlihat lebih gemerlap layaknya perangkat flagship.

Dibandingkan OPPO A9 yang sudah hadir sebelumnya, bagian belakang OPPO A9 2020 kini menjadi rumah dari empat kamera belakang (Quad Camera) yang menjadi andalan utamanya .

OPPO A9 2020 Bagian Belakang

Setiap kamera tersebut tentunya punya kemampuan masing-masing yang akan membantu penggunanya untuk menghasilkan foto yang lebih menawan. Kamera utamanya menggunakan lensa ISOCELL GM1 beresolusi 48MP dengan apertur F/1.8 untuk menjamin foto yang dihasilkan tajam dan jernih.

Belakangan ini, sensor ISOCELL GM1 memang mulai digunakan di berbagai smartphone karena mampu memberikan gambar dengan resolusi tinggi sehingga foto dapat tetap terlihat secara jelas ketika diperbesar atau di-crop.

Bersamaan dengan itu, hadir juga lensa 8MP Omnivision yang memungkinkan kamu untuk mengambil foto dengan sudut pandang lebih luas mencapai 119 derajat. Lensa ini dapat kamu gunakan ketinga ingin mengambil banyak obyek secara bersamaan.

OPPO A9 2020 Kamera Belakang

Lensa Ultra Wide Angle kini memang tengah menjadi tren karena tidak perlu mengaktifkan  mengaktifkan mode Panorama yang sering kali hasil tidak sempurna. Jadi kamu dapat lebih mudah mengambil foto yang tidak dimungkinkan pada lensa biasa.

Untuk menyempurnakan kemampuan kameranya lagi, OPPO pun menyematkan lensa Mono 2MP yang dapat mengambil foto secara hitam putih agar detail tertangkap dengan baik serta lensa Potrait 2MP untuk menghasilkan foto berefek bokeh secara lebih rapi dibandingkan mengandalkan software saja.

Dengan begitu kamu dapat berkreasi lebih jauh lagi dalam mengabadikan momen terbaik hidup kamu karena OPPO A9 menawarkan berbagai jenis lensa kamera yang bisa diandalkan.

OPPO A9 2020 Ultra Wide

Bagi yang lebih menyukai videografi, OPPO A9 2020 telah memiliki Electronic Image Stabilization (EIS) yang akan membuat hasil video menjadi minim guncangan serta kemampuan mengambil video dalam resolusi 4K agar hasilnya dapat terlihat lebih tajam.

Bagi kamu para pecinta selfie pun tidak akan kecewa karena OPPO A9 2020 dipersenjatai kamera depan 16MP yang telah dilengkapi teknologi AI Beautification agar foto yang dihasilkan mempunyai wajah yang mulus dan cerah.

Untuk menilai sendiri bagaimana hasil foto dari kamera OPPO A9 2020, berikut ini beberapa contohnya. (klik foto untuk lihat ukuran asli)

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Orang Wide

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Jembatan

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Pancuran WideWide Angle

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Pancuran NormalNormal

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Pancuran MonoMonokrom

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Orang Potrait

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Malam Putar

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Lala WideWide Angle

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Lala NormalNormal

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Lala MonoMonokrom

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Malam Sampireun

OPPO A9 2020 Kamera Belakang Malam Dufan

File multimedia seperti foto dan video pastinya akan memakan banyak tempat penyimpanan. OPPO A9 2020 ini menyediakan penyimpanan internal berkapasitas sangat besar mencapai 128GB. Bahkan pihak OPPO menggadang kalau smartphone ini punya penyimpanan internal terbesar dibandingkan kompetitor sekelasnya.

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat karena smartphone ini mampu menyimpan banyak data tanpa perlu mengandalkan microSD, walaupun slot tersebut juga tersedia digunakan. Penyimpanan internal besar juga memungkinkan kamu instal banyak aplikasi.

OPPO A9 2020 Slot

Kapasitas penyimpanan sebesar itu tentunya tidak akan lengkap jika tidak memiliki kinerja yang bisa memanfaatkannya. Maka dari itu, OPPO menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang menjanjikan performa bertenaga serta konsumsi daya yang optimal.

Bahkan Snapdragon 660 ini digadang memiliki konsumsi daya 20% lebih rendah dan kemampuan kecerdasan buatan dua kali lebih baik dibandingkan Qualcomm Snapdragon 660 yang sempat menjadi primadona banyak smartphone di generasi sebelumnya.

Ditambah lagi, RAM berkapasitas 8GB yang menemani akan memungkinkan kamu menjalankan banyak aplikasi secara multitasking tanpa kendala serta aplikasi yang berjalan di belakang latar dapat dibuka kembali tanpa harus dimuat ulang dari awal.

OPPO A9 2020 Skor AnTuTu

Performanya tentu sangat menjanjikan baik dalam kegiatan sehari-hari maupun ketika ingin digunakan bermain game. Pada uji coba sintetis yang telah dilakukan, OPPO A9 2020 mendapatkan skor AnTuTu sebesar 131.007 poin sedangkan pada Geekbench mendapatkan 313 untuk Single-Core dan 1.151 untuk Multi-Core.

Dalam pengujian secara nyata, lebih tepatnya pada game PUBG Mobile, OPPO A9 2020 mampu menggunakan pengaturan grafis Smooth dengan Frame Rate High. Waktu respon akan sangat penting untuk game yang membutuhkan reaksi cepat seperti PUBG Mobile sehingga dapat dipilihnya Frame Rate High merupakan hal yang sangat baik.

Maka dari itu, tidak mengherankan kalau OPPO A9 dapat digunakan untuk bermain game-game populer lainnya dengan cukup lancar. Apalagi kalau hanya sekedar menjalankan aplikasi sehari-hari yang tidak terlalu berat.

OPPO A9 2020 Gaming

Pengalaman bermain pun menjadi lebih sempurna  lagi berkat adanya audio Dolby Atmos Sound Effects yang memungkinkan penggunanya mendengar secara jelas dari mana arah suara berasal serta memberikan kesan seperti berada di bioskop ketika digunakan menonton video.

Bagi kamu yang lebih suka menggunakan speaker, OPPO A9 2020 pun memiliki Dual Stereo Speaker yang pastinya lebih baik dibandingkan sebuah speaker seperti smartphone pada umumnya.

Walaupun punya performa yang tinggi, kamu pun tidak perlu khawatir baterai smartphone akan cepat habis karena OPPO A9 2020 dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh yang terbilang besar.

Dikombinasikan dengan chipset Snapdragon 665 yang hemat daya, smartphone ini dapat bertahan seharian penuh dengan mudah. Pihak OPPO sendiri menggadang kalau smartphone ini mampu bertahan selama 19 jam ketika digunakan secara terus menerus.

OPPO A9 2020 USB Port

Menariknya lagi, OPPO A9 2020 juga memiliki teknologi Reverse Charging melalui port USB-C yang telah mendukung fitur On-The-Go (OTG). Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat berbagai daya ke perangkat lain yang tengah kehabisa baterai ketika powerbank tertinggal atau hal lainnya.

Melihat dari seluruh kemampuannya tersebut, OPPO A9 2020 terlihat cukup agresif dalam menghadirkan berbagai spesifikasi yang sangat kompetitif.

Bagaimana tidak, OPPO A9 2020 menjadi level baru sebuah smartphone karena punya empat kamera dan baterai jumo. Tidak hanya itu saja, performa mumpuni untuk menjalankan segala aplikasi secara lancar akan membuat kegiatan sehari-hari kamu terasa lebih nyaman.

Fitur-fitur yang OPPO hadirkan pun seperti teknologi Dolby Atmos dan Reverse Charging akan meningkatkan kualitas pengalaman bagi para penggunanya. Saya rasa, OPPO A9 2020 akan menjadi produk yang sangat menarik untuk dipertimbangkan ketika kamu ingin membeli smartphone di kelasnya.

Tinggalkan Komentar