Tablet Tekno

5 Kelebihan dan 3 Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 – Pantas Jadi Tablet Premium?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Header

Gadgetren – Samsung baru saja meluncurkan tablet premium terbaru mereka. Namun alih-alih meluncurkan Samsung Galaxy Tab S5, mereka melewati seri tersebut dan meluncurkan Samsung Galaxy Tab S6.

Perangkat baru dari Samsung ini bakal menjadi penerus Samsung Galaxy Tab S4. Untuk itu, Samsung menyematkan berbagai macam peningkatan, dari mulai chipset, kamera, dukungan S-pen, hingga fitur-fitur di dalamnya.

Supaya lebih lengkap membahas tablet baru ini, berikut ini saya akan mencoba menjabarkan apa saja kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut, berdasarkan spesifikasi teknis yang beredar di internet.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S6

1. Kinerja Lebih Bertenaga

Hadir sebagai tablet versi premium, Galaxy Tab S6 dilengkapi dengan chipset bertenaga dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8150 (Snapdragon 855), dengan dukungan RAM yang bisa dipilih hingga 8 GB.

Dengan konfigurasi ini, Galaxy Tab S6 dapat memberikan kinerja yang sangat mumpuni untuk digunakan menjalankan berbagai macam aplikasi yang sangat berat sekalipun, melakukan multi-tasking hingga bermain game.

2. Dukungan Kamera yang Lebih Baik

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Desain

Berbeda dengan yang saya pikirkan, jika biasanya perangkat tablet hanya dibekali dengan kamera yang biasa saja, Galaxy Tab S6 menawarkan dukungan kamera yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Di kamera belakangnya, Samsung telah menyematkan kamera ganda dengan konfigurasi wide 13 MP (f/2.0) + ultra-wide 5 MP (f/2.2). Sementara di kamera depannya, Samsung telah menyematkan kamera beresolusi 8 MP.

3. Dukungan Samsung DeX yang Lebih Baik

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Samsung Dex

Untuk memberikan dukungan produktivitas yang lebih baik kepada pengguna, Galaxy Tab S6 juga dilengkapi dengan dukungan Samsung DeX, yakni sebuah ekosistem desktop yang dimiliki oleh Samsung.

Dengan ekosistem ini, pengguna bisa lebih nyaman untuk beraktivitas, dari mulai mengetik hingga berselancar di internet, karena perangkat Galaxy Tab S6 bisa digunakan selayaknya laptop atau komputer.

Kabar menariknya, selain bisa diaktifkan dengan mengubungkan perangkat ke monitor lain menggunakan kabel USB Type-C ke HDMI, seperti untuk perangkat Samsung Galaxy S10 series, Samsung DeX di Galaxy Tab S6 bisa diaktifkan dengan menekan tombol Fn + Dex pada keyboard (yang dijual terpisah).

4. Quad Speaker dari AKG dengan Teknologi Dolby Atmos

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Speaker

Di sektor suara, perangkat tablet Samsung ini sudah didukung speaker AKG dengan teknologi Dolby Atmos yang bisa membuat suara 3D. Terdapat empat buah speaker yang digunakan Samsung, yang ditempatkan pada keempat sudut dari tablet ini.

5. MicroSD Slot Hingga 1 TB

Meskipun sudah didukung dengan kapasitas memori internal yang cukup besar, 128 GB atau 256 GB, perangkat baru ini memiliki slot microSD yang bisa digunakan untuk memperluas kapasitas penyimpanannya hingga 1 TB.

Dengan kapasitas yang lebih luas, pengguna dapat lebih banyak memasang aplikasi dan game, serta menyimpan video maupun gambar. Selain itu, bagi pengguna yang memakainya untuk bekerja, bisa menyimpan dokumen-dokumen penting pekerjaannya.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6

1. Layar Belum Dynamic AMOLED dan HDR10+

Secara umum, perangkat Galaxy Tab S6 masih memiliki dukungan yang sama seperti pendahulunya. Perangkat ini masih menggunakan layar Super AMOLED 10,5 inci dengan resolusi WQXGA (2.560 x 1.600 piksel).

Padahal Samsung sendiri sudah menggunakan teknologi anyar, Dynamic AMOLED, pada perangkat Samsung Galaxy S10 series, lengkap dengan dukungan HD10+ yang bisa lebih memanjakan mata saat digunakan.

2. Masih Optical Fingerprint In-Display

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Fingerprint

Meskipun sudah menggunakan teknologi fingerprint tertanam di layar, Samsung masih menggunakan teknologi optical fingerprint, yang notabene kalah akurat dan aman jika dibandingkan ultrasonic fingerprint yang digunakan Samsung Galaxy S10.

3. Tidak Ada Jack Audio

Absennya jack audio di perangkat Galaxy Tab S6 juga bisa menjadi kekurangan bagi sebagian orang. Meskipun sebenarnya kekurangan ini bisa diakali dengan menggunakan headset bluetooth yang sekarang sudah banyak bertebaran di pasaran.

Tinggalkan Komentar