Review Smartphone Sponsored Content

Review realme 3 Pro – Smartphone Flagship Anak Muda dengan Performa Ngebut

Realme3ProBack2

realme kini kembali menggempur pasar smartphone Indonesia dengan menghadirkan produk kelas menengah dengan rasa flagship untuk anak muda yaitu realme 3 Pro.

Dibandingkan generasi sebelumnya, realme 3 Pro hadir dengan spesifikasi hardware yang lebih tinggi di harga 3 jutaan. Baterai yang dimiliki smartphone ini pun memiliki kapasitas besar dan daya tahan yang lama.

Dukungan dua kamera belakang dengan fitur Nightscape dan Chrome Boost juga menjadi senjata perangkat ini untuk menghasilkan foto yang bagus di berbagai situasi.

Desain

Realme3ProFeature

Mengikuti tren saat ini, realme 3 Pro telah menggunakan layar penuh dengan poni berbentuk dewdrop atau tetesan embun di bagian atasnya. Beralih ke bagian bodi belakangnya, smartphone ini hadir dengan warna gradasi miring yang terlihat cantik dengan pola berbentuk S.

Menurut informasi dari realme, pola S pada smartphone ini terinspirasi dari trek sirkuit Le Mans di Perancis. Bisa dibilang pola S tidak teratur ini memiliki ritme yang unik sehingga mengidentikannya dengan kecepatan yang dimiliki oleh realme 3 Pro.

Sementara itu warna bodi belakangnya mengadopsi Colorway Gradien miring yang dapat menghasilkan pantulan menarik ketika terkena cahaya. Sebagai catatan, saya menggunakan unit realme 3 Pro dengan warna gradasi Nitro Blue.

Beralih ke bagian bawahnya, terdapat port microUSB, port jack audio, dan speaker. Selanjutnya, pada sisi kiri terdapat tombol volume dan slot kartu SIM serta microSD. Sementara pada sisi kanannya tersemat tombol power.

Layar

Perangkat ini mempunyai layar sentuh 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) yang memanjakan penggunanya ketika memainkan game, memutar video, mengerjakan dokumen, maupun melihat foto.

Dengan rasio layar yang mencapai 19,5:9, membuat layarnya mampu memenuhi bagian depan. Sementara pada bagian atas layarnya terdapat poni yang berfungsi untuk menyematkan kamera depannya.

realme 3 Pro menggunakan layar dengan teknologi IPS sehingga memungkinkan penggunanya masih dapat melihat konten dalam layar hingga sudut kemiringan 178 derajat. Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, realme pun telah menyematkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5.

Kamera

Realme3Pro Camera

realme 3 Pro telah dilengkapi dengan dua kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 16 MP bersensor Sony IMX519 dan kamera sekunder 5 MP ditambah LED Flash yang mampu menghasilkan foto dengan bagus.

Untuk mendukung kamera belakangnya, fitur AI Scene Detection pun telah hadir pada aplikasi kamera bawaannya sehingga mampu mengenali 16 scene dan 100 kombinasi berbeda sehingga mampu memberikan pencahayaan, dynamic range, tone, dan suasana untuk menghasilkan foto yang menarik.

Fitur andalan Chroma Boost dan Nightscape pun masih hadir pada aplikasi kamera bawaannya. Dengan hadirnya Chroma Boost ini memungkinkan hasil foto memiliki warna lebih optimal dan cerah sehingga memikat banyak orang.

Sementara itu fitur Nightscape mampu membuat foto yang diambil pada malam hari menjadi lebih terang dan detail berkat dukungan AI, multi-frame, dan algoritma anti-shake. Menariknya lagi, fitur ini mampu mengisolasi pendaran cahaya dari lampu sehingga membuatnya lebih fokus dan rapi.

Kamera depannya memiliki resolusi 25 MP dengan dukungan AI Beauty sehingga mampu menghasilkan foto selfie dengan wajah yang mulus dan cerah. Sementara fitur Portrait yang hadir pada aplikasi kamera bawaannya, memungkinkan pengambilan foto selfie dengan efek bokeh (background blur).

Berikut adalah foto-foto yang dihasilkan oleh kamera realme 3 Pro (klik tiap foto untuk melihat resolusi aslinya):

Kamera Belakang

R3ProCanvas

R3ProCatOutdoor

R3ProBuah

R3ProCatIndoor

R3ProBokeh1

R3ProOutdoor3

R3ProBokeh2

R3ProOutdoor

R3ProAuto2Auto

R3ProCB2Chroma Boost

R3ProAutoAuto

R3ProCBChroma Boost

R3ProAuto3Auto

R3ProCB3Chroma Boost

R3ProIndoor2

R3ProIndoor

R3ProNAuto2Auto

R3ProNscape2Nightscape

R3ProNAutoAuto

R3ProNscapeNightscape

R3ProNAuto4Normal

R3ProNScape4Nightscape

Kamera Depan

SelfieNormalSelfie Normal

SelfieBokehSelfie Bokeh

Performa

Realme3ProBack

Lebih tangguh dibandingkan realme 2 Pro dan realme 3, smartphone terbaru realme ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 710 Octa-core 2,2 GHz yang bertenaga dan hemat dalam mengonsumsi daya baterai berkat teknologi proses 10nm.

Sebagai catatan, unit smartphone yang saya gunakan memiliki RAM berkapasitas 6 GB yang dikombinasikan dengan penyimpanan internal 128 GB. Dengan konfigurasi ini, realme 3 Pro mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar.

Untuk lebih memastikan performanya, saya pun melakukan pengujian menggunakan beberapa game populer mulai dari Arena of Valor, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition.

Saya mampu memainkan game Arena of Valor, Mobile Legends, dan PUBG Mobile dengan lancar menggunakan pengaturan grafis serta frame rate yang tinggi berkat fitur realme Game Space.

Sementara game Final Fantasy XV Pocket Edition dapat dijalankan dengan lancar pada grafis menengah atau rendah. Hal ini cukup wajar mengingat game Final Fantasy XV Pocket Edition membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi agar bisa dijalankan secara mulus di setelan grafis tinggi.

Realme3Pro Benchmark

Selanjutnya, saya pun melakukan juga pengujian performa dengan menggunakan aplikasi AnTuTu benchmark dan Geekbench. Hasilnya, realme 3 Pro mampu mendapatkan skor AnTuTu yang mencapai 155.160 poin.

Untuk skor Geekbench, perangkat ini berhasil mendapatkan skor 1.479 poin untuk Single-core dan 5.820 poin untuk Multi-core. Dengan semua pengujian ini membuktikan bahwa realme 3 Pro memiliki performa yang cepat sehingga mampu bersaing ketat dengan smartphone kelas menengah lainnya.

Baterai

Realme3ProSetting

realme 3 Pro ini sudah menggunakan baterai dengan kapasitas besar yang mencapai 4.045 mAh. Efisiensi daya yang ada di Snapdragon 710 Octa-core membuat realme 3 Pro mempunyai daya tahan baterai yang lama.

Untuk mengetes daya tahan baterainya, saya melakukan pengujian dengan menjalankan video beresolusi Full HD+ (1080p) secara nonstop yang menggunakan kecerahan sebesar 50%. Hasilnya, realme 3 Pro mampu bertahan dengan screen on time mencapai 10 jam 24 menit dalam kondisi baterai dari 100% ke 1%.

Realme3Pro Daya Baterai

realme mengklaim bahwa fitur VOOC 3.0 Flash Charging yang hadir pada smartphone ini mampu mengisi daya baterai dari 0% hingga 100% hanya dalam waktu 80 menit saja. Untuk membuktikannya, saya pun melakukan pengisian daya baterai dari 8% hingga 100% dan hasilnya realme 3 Pro hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit atau 75 menit saja.

Fingerprint dan Face Unlock

Realme3ProPoni

realme 3 Pro memiliki dukungan sensor fingerprint di bagian belakangnya. Menurut saya, letak pemindainya sendiri mudah dijangkau oleh sidik jari. Pada saat saya menyematkan sidik jari pada pemindainya, sensor mampu mengenali dengan cepat dan langsung membuka kunci smartphone.

realme 3 Pro juga menyediakan alternatif pembukaan kunci menggunakan fitur Face Unlock. Pada saat saya menghadapkan wajah saya pada bagian depan smartphone, fitur ini mampu mengenali wajah saya dengan cepat.

Tidak hanya membuka kunci smartphone, sensor fingerprint dan fitur Face Unlock pun dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang dikunci dengan fitur bawaan dari realme 3 Pro. Bisa dibilang kedua fitur ini bisa mempercepat dalam pembukaan kunci smartphone tanpa perlu memasukkan password.

ColorOS 6.0

Realme3Pro ColorOS

realme 3 Pro telah menggunakan ColorOS 6 yang memiliki tampilan antarmuka, transisi, dan ikon yang lebih menarik dibandingkan ColorOS generasi sebelumnya. ColorOS ini pun menyajikan pilihan home screen dengan App Drawer maupun tidak.

Secara bawaan, realme 3 Pro langsung menghadirkan home screen dengan App Drawer ketika pertama kali digunakan. Setelan antarmuka ini dapat diubah menjadi home screen tanpa App Drawer pada menu Settings.

ColorOS 6.0 di realme 3 Pro berbasiskan sistem operasi Android 9 Pie dan mempunyai banyak fitur. Dalam ColorOS 6.0 ini terdapat fitur realme Game Space yang merupakan sebuah folder yang dapat mengelompokkan game atau aplikasi yang mampu meningkatkan performa setiap game atau aplikasi yang dijalankan.

Sementara itu terdapat juga fitur Clone App yang memungkinkan penggunanya dapat menjalankan dua akun sekaligus dalam satu smartphone realme 3 Pro karena game atau aplikasi utama dapat digandakan menjadi dua.

Pengguna realme 3 Pro pun dapat melakukan screenshot secara cepat hanya dengan menyapu atau swipe layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari yang dirapatkan. Terakhir, tersedia juga fitur App Split-screen yang memungkinkan penggunanya dapat menjalankan 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Kesimpulan

realme 3 Pro berhasil menghadirkan performa yang bertenaga, daya tahan baterai yang memuaskan, dan kamera yang mumpuni. Smartphone-nya pun tampil memikat dengan bodi belakangnya yang menggunakan warna gradasi.

Namun begitu, debu dan noda sidik jari mudah membekas pada bodi belakangnya sehingga ada baiknya menggunakan casing tambahan yang telah disediakan pada kotak penjualannya.

Apakah realme 3 Pro smartphone terbaik di rentang harga 3 jutaan? Bisa dibilang begitu. Dengan harga yang terjangkau dan rasa flagship, smartphone ini cocok digunakan oleh anak muda.

* Artikel ini adalah hasil kerja sama dengan realme

Tinggalkan Komentar