Tips dan Trik

Dua Cara Menggandakan Aplikasi Buat Kamu yang Ingin Punya Dua Akun di Perangkat OPPO

Cara Menggandakan Aplikasi di OPPO Header

Gadgetren – Sepertinya sudah lumrah kalau setiap smartphone baru yang diluncurkan belakangan ini dilengkapi dengan fitur untuk menggandakan aplikasi di dalamnya. Namun, apakah di smartphone OPPO juga ada?

Jawaban singkatnya, tentu saja ada. Namun dengan sebuah catatan, tidak semua smartphone OPPO memiliki fitur tersebut. Hanya beberapa perangkat yang dipersenjatai dengan ColorOS versi baru yang memilikinya.

Hal ini cukup wajar mengingat seiring dengan perkembangan Android dari waktu ke waktu, OPPO pun meningkatkan kemampuan sistem khusus buatannya, ColorOS. Sistem khusus ini selalu mendapatkan fitur tambahan yang dapat mempermudah penggunanya dalam setiap versi terbarunya.

Dan sejak ColorOS 5.2, yang dibangun berdasarkan Android Oreo, OPPO telah membekali sistem operasi yang menjadi andalannya tersebut dengan fitur-fitur menarik, seperti fitur Clone Apps, secara mendasar.

Dengan menggunakan fitur Clone Apps, pengguna bisa menggandakan aplikasi di beberapa smartphone baru OPPO, seperti OPPO A5s. Hanya saja, tidak semua aplikasi bisa digandakan dalam hal ini.

Hanya aplikasi-aplikasi tertentu, termasuk Facebook, WhatsApp, Instagram, dan media sosial lainnya, yang didukung oleh fitur ini. Itu pun, masing-masing aplikasi hanya bisa digandakan sekali saja dengan menggunakan fitur dasar ColorOS ini.

Cara Menggandakan Aplikasi di Smartphone OPPO Menggunakan Fitur Clone Apps

  1. Buka Settings, lalu gulir ke bawah
  2. Cari menu Clone Apps dan pilih menu tersebut
  3. Di dalam halaman Clone Apps, kemudian pilih aplikasi yang akan digandakan
  4. Hidupkan tombol slider di opsi Enable App Cloning
  5. Jika perlu, ganti nama aplikasi kedua dengan mengetuk bagian Rename Clone App

Langkah Menggandakan Aplikasi di OPPO

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, metode ini terbatas untuk smartphone OPPO dengan ColorOS 5.2 ke atas. Lalu, bagaimana untuk perangkat OPPO yang menggunakan ColorOS versi di bawahnya, seperti OPPO A3s yang masih menggunakan ColorOS 5.1?

Cara Menggandakan Aplikasi di Smartphone OPPO Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan, pengguna smartphone OPPO juga bisa menggandakan aplikasi dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Metode ini bisa dipilih sebagai alternatif bagi perangkat-perangkat OPPO yang belum didukung dengan fitur Clone Apps.

Yang cukup menarik, aplikasi pihak ketiga biasanya lebih bisa diandalkan untuk menggandakan aplikasi. Bahkan beberapa di antaranya bisa digunakan untuk menggandakan aplikasi selain aplikasi-aplikasi media sosial.

Dalam hal ini, salah satu alternatif aplikasi yang bisa digunakan adalah Parallel Space. Dengan menggunakan aplikasi gratis ini, kamu pun bisa menggandakan aplikasi game, seperti Mobile Legends.

Tinggalkan Komentar