ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Handphone OPPO Untuk Kontrol Penggunaan

Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Handphone OPPO - Header

Gadgetren – Mengelola waktu pemakaian aplikasi handphone sangat penting di masa sekarang. Perangkat-perangkat baru buatan OPPO untungnya mempunyai fitur khusus yang dapat memudahkan hal tersebut.

Seperti apa yang kita tahu bersama, sistem operasi Android dikembangkan dengan berbagai macam peningkatan dari waktu ke waktu. Google tercatat menambahkan fitur kesehatan digital (digital wellbeing) sebagai salah satu di antaranya.

Fitur kesehatan digital sendiri merupakan dukungan yang memungkinkan kita dapat menjalani kehidupan secara lebih baik. Kita dapat memanfaatkannya untuk memantau berbagai macam hal mulai dari pemakaian aplikasi, seberapa sering membuka layar kunci, hingga jumlah notifikasi.

Sejumlah perusahaan handphone pun pada akhirnya ikut mengadopsi fitur tersebut. Perusahaan OPPO yang juga menggunakan Android sebagai sistem operasi untuk berbagai macam perangkat besutannya pun demikian.

Meskipun dibalut dengan antarmuka bernama ColorOS, fitur kesehatan digital di handphone-handphone OPPO uniknya masih menggunakan dukungan asli milik Google. Oleh karena itu kita bisa memakainya seperti pada perangkat Android secara umum.

Kita di antaranya dapat memanfaatkan dukungan kesehatan digital tersebut untuk melihat apa saja yang sering digunakan atau bahkan bisa memperoleh informasi secara lebih detail mengenai durasi pemakaian masing-masing aplikasi.

Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Handphone OPPO

Menggunakan Fitur Kesehatan Digital

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Cari dan buka menu Digital Wellbeing & Parental Controls
  3. Di bagian Your Digital Wellbeing tools, kamu dapat melihat informasi mengenai penggunaan aplikasi
  4. Ketuk grafik untuk melihat detailnya

Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Handphone OPPO - Digital Wellbeing

Fitur kesehatan digital OPPO sayangnya hanya tersedia untuk berbagai macam perangkat baru yang memakai ColorOS 6 atau lebih tinggi. Kita bisa mengecek versi sistem dengan mengunjungi halaman Settings > About Phone untuk memastikannya.

Apabila masih menggunakan sistem ColorOS yang lebih lawas, kita tentu perlu menempuh cara lain. Adapun termasuk salah satu di antaranya memakai bantuan aplikasi pihak ketiga seperti StayFree yang bisa diunduh dari Google Play Store.

Menggunakan Aplikasi StayFree

  1. Download aplikasi StayFree
  2. Buka setelah install selesai
  3. Masukkan informasi tahun lahir supaya aplikasi bisa menyesuaikan pengaturannya
    Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Handphone OPPO - StayFree 1
  4. Baca ketentuan layanan dan klik Agree
  5. Ikuti petunjuk pada jendela yang muncul
  6. Klik Grant Permission jika aplikasi meminta akses ke data pemakaian
    Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Handphone OPPO - StayFree 2
  7. Aktifkan pengaturan Usage Data Access untuk StayFree
  8. Tutup pengaturan Usage Data Access untuk kembali ke aplikasi StayFree
  9. Di halaman utama StayFree, kamu bisa langsung mengetahui informasi waktu pemakaian aplikasi

StayFree merupakan aplikasi yang mempunyai fungsi serupa dengan fitur kesehatan digital Google. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk membatasi waktu maupun membuat beberapa mode pemakaian handphone (seperti fokus dan tidur).

StayFree sendiri memang bukan satu-satunya aplikasi yang mendukung fitur kesehatan digital, tetapi salah satu yang terbaik di pasaran. Aplikasi ini bahkan sudah diunduh oleh banyak orang dan memperoleh rating yang sangat baik di Google Play Store.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar