ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone Tekno

ASUS Zenfone 6 vs ASUS Zenfone 5 – Punya Pasar Berbeda, Tapi Lebih Bertenaga?

ZenFone 6 vs ZenFone 5 Header

Gadgetren – Pasar smartphone di kelas premium kedatangan sebuah ponsel baru dari ASUS. Perusahaan asal Taiwan tersebut baru saja meluncurkan ponsel flagship baru, ASUS Zenfone 6.

Sekilas, perangkat baru buatan ASUS ini membawa konsep yang sangat segar. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, termasuk ASUS Zenfone 5, perangkat ini membawa beberapa aspek yang ditingkatkan.

Apa saja peningkatan dari ASUS Zenfone 6? Agar bisa menjawab pertanyaan ini, berikut ini ulasan mengenai perbandingan antara ASUS Zenfone 6 vs ASUS Zenfone 5 yang perlu diperhatikan.

Tabel Perbandingan ASUS Zenfone 6 vs ASUS Zenfone 5

AspekASUS Zenfone 6ASUS Zenfone 5
LayarIPS 6,4 inci Full HD+ (2.340×1.080)Super IPS 6,1 inci Full HD+ (2.246×1.080)
Proteksi LayarGorilla Glass 6Gorilla Glass (versi tidak disebutkan)
ChipsetQualcomm Snapdragon 855Qualcomm Snapdragon 636
GPUQualcomm Adreno 640Qualcomm Adreno 509
RAM6 GB/8 GB4 GB
Memori Internal64 GB/128 GB64 GB
Kamera UtamaSony IMX586 48 MP (f/1,79) + ultra-wide 125° 13 MPSony IMX363 12 MP (f/1,8) + ultra-wide 120° 8 MP
Kamera DepanSony IMX586 48 MP (f/1,79) + ultra-wide 125° 13 MP8 MP (f/2,0)
FiturDual Nano-SIM, Fingerprint, Accelerometer, Light Sensor, Proximity Sensor, E-Compass, Gyroscope, Laser Autofocus Sensor, Hall Sensor, NFC, Bluetooth 5.0, Wi-FiDual Nano-SIM, Fingerprint, Accelerometer, Light Sensor, Proximity Sensor, E-Compass, Gyroscope, Laser Autofocus Sensor, NFC, Bluetooth 5.0, Wi-Fi
Baterai5.000 mAh3.300 mAh
OSASUS ZenUI 6 (Android Pie)ASUS ZenUI 5 (Android Oreo)

Perbedaan Utama ASUS Zenfone 6 vs ASUS Zenfone 5

1. Layar

Zenfone 6 membawa layar yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan Zenfone 5. Dengan ini, Zenfone 6 lebih bisa diandalkan untuk memberikan tampilan yang lebih luas dan jelas.

Selain itu, perangkat teranyar ASUS ini juga menawarkan perlindungan yang lebih baik berkat Gorilla Glass 6. Walaupun dalam hal ini, Zenfone 5 sebenarnya juga sudah menggunakan Gorilla Glass juga namun belum menyebutkan versinya.

Kelebihan Zenfone 5 sendiri ada di teknologi yang digunakannya. Super IPS sedikit lebih unggul ketimbang IPS. Teknologi ini memiliki waktu refresh piksel yang lebih baik.

2. Kinerja

Zenfone 6 sebenarnya adalah penerus dari Zenfone 5Z yang dijual di kelas premium. Yang mana secara teori, perangkat ini bakal lebih unggul dibandingkan Zenfone 5 yang dijual di pasar menengah smartphone.

Kabarnya, perangkat ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon seri tertinggi untuk saat ini, yakni Snapdragon 855, yang jelas lebih bertenaga ketimbang Snapdragon 636 seperti yang ada di Zenfone 5.

ZenFone 6 vs ZenFone 5 Chipset

Selain itu, GPU dalam smartphone baru ini juga lebih gegas dibandingkan yang ada di Zenfone 5. Smartphone ini juga dapat dikonfigurasi dengan RAM dan memori internal yang lebih besar ketimbang Zenfone 5.

3. Kamera

Di sisi kameranya pun, ASUS memberikan peningkatan yang cukup baik dalam Zenfone 6. Jika sebelumnya mereka masih menggunakan Sony IMX363, kini sudah menggunakan Sony IMX586.

Secara teori, sensor IMX586 memiliki resolusi yang lebih besar dibandingkan IMX363. Selain itu, sensor IMX586 ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Quad Bayer, yang bisa membuat sensor memiliki sensitivitas tinggi.

ZenFone 6 vs ZenFone 5 Kamera

Dukungan lensa sekundernya pun mendapatkan peningkatan dalam hal ini. Selain mendapatkan peningkatan resolusi, kamera ultra-wide tersebut juga memiliki sudut yang lebih lebar, sehingga bisa mengambil gambar dengan lebih luas.

Sementara itu untuk kamera depannya pun, Zenfone 6 juga menawarkan kemampuan yang setara dengan kamera belakangnya berkat teknologi flip camera. Dengan teknologi ini, kamera belakang bisa diputar untuk menjadi kamera depan.

Hal ini tentunya akan mengalahkan kualitas pengambilan gambar dari kamera depan Zenfone 5 yang hanya memiliki resolusi sebesar 8 MP. Selain itu, kamera Zenfone 6 kini juga dapat mengambil gambar yang lebih luas dengan kamera ultra-wide.

4. Baterai

Selain perbedaan di sisi kinerjanya, peningkatan kapasitas baterai Zenfone 6 juga menjadi perbedaan yang paling kentara. Jika sebelumnya ASUS hanya menggunakan baterai 3.300 mAh, kini mereka telah menggunakan baterai 5.000 mAh.

ZenFone 6 vs ZenFone 5 Baterai

Menariknya, kemampuan baterainya ini didukung dengan sistem pengisian cepat Quick Charge 4.0 dan sistem Reverse Charge yang membuat perangkat dapat digunakan sebagai powerbank.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar