Gadget Smartphone

ASUS Zenfone 4 vs ASUS Zenfone 4 Pro – Apa Sih Bedanya?

ASUS Zenfone 4 Pro Feature

Gadgetren – Belum lama ini, ASUS mengenalkan produk Zenfone 4 dan Zenfone 4 Pro untuk menyasar kelas menengah ke atas. Memiliki nama berbeda, tentunya kedua perangkat kembar ini memiliki banyak perbedaan.

ASUS merupakan produsen ponsel yang sangat aktif dan menawarkan produk-produk berkualitas untuk menyasar berbagai kalangan, dari kelas rendah ke kelas premium. Sebagai contohnya, Zenfone 4 dan Zenfone 4 Pro yang mengusung nama serupa namun memiliki kelas yang berbeda.

ASUS Zenfone 4 dikembangkan untuk mengakomodir pasar kelas menengah, sedangkan saudaranya dikembangkan untuk menyasar kelas premium. Perbedaan kelas yang disasar ini tentu membuat perangkat tersebut harus dikembangkan dengan spesifikasi yang sangat berbeda dan juga harga yang berbeda pula.

Dilabeli nama Pro dibelakangnya, perangkat ASUS Zenfone 4 Pro tentu memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ASUS Zenfone 4. Meskipun demikian, kedua perangkat kembar ini sama-sama dilengkapi dengan kamera ganda seperti kebanyakan perangkat flagship yang beredar di tahun 2017.

Serupa tapi tak sama, ASUS mengenalkan produk Zenfone 4 dan Zenfone 4 Pro dengan harga yang terpaut relatif jauh. ASUS Zenfone 4 dibanderol dengan kisaran harga Rp 5,5 jutaan, sedangkan versi Pro dibanderol dengan harga Rp 8 jutaan.

Selain harga, terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara kedua perangkat tersebut. Perbedaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini

Performa

Jika dilihat dari performa, jeroan dari ASUS Zenfone 4 Pro lebih unggul dari versi biasa. ASUS Zenfone 4 Pro dilengkapi prosesor top-end Qualcomm Snapdragon 835, sedangkan Zenfone 4 hanya dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 630. Perbedaan yang sangat timpang ini tentu menjadikan kedua ponsel ini tidak setara untuk dibandingkan.

Selain prosesor, kedua perangkat ini memiliki perbedaan di bagian kapasitas RAM yang dimilikinya. Tipe Pro memiliki kapasitas RAM 6 GB sedangkan versi biasa hanya berkapasitas 4 GB. Dukungan kapasitas RAM ini juga menunjukkan bahwa ASUS Zenfone 4 Pro memiliki kinerja yang jauh lebih unggul dibandingkan ASUS Zenfone 4 biasa.

Tidak cukup sampai disitu, keunggulan performa ASUS Zenfone 4 Pro dapat dari kapasitas memori internal yang dapat dikustomisasi antara 64/128 GB, sedangkan Zenfone 4 hanya memiliki satu varian memori dengan nilai sebesar 64 GB.

Kamera

Kedua perangkat besutan ASUS ini memang sama-sama memiliki kamera dual untuk kamera utamanya, namun kualitas dari kamera yang digunakan pun sangat berbeda. Dan, lagi-lagi ASUS Zenfone 4 harus takhluk jika harus disandingkan dengan ASUS Zenfone 4 Pro pada bagian kamera.

ASUS Zenfone 4 hanya memiliki kamera ganda dengan resolusi 12 MP + 8 MP, sedangkan ASUS Zenfone 4 Pro memiliki kamera ganda dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 12 MP + 16 MP. Tidak hanya itu, kamera ASUS Zenfone 4 Pro memiliki bukaan lensa 1/1.7, yang tentunya akan memberikan kualitas gambar yang lebih baik jika dibandingkan dengan ASUS Zenfone 4 yang hanya memiliki bukaan lensa 1/1.8.

Baterai

Dan sekali lagi, ASUS Zenfone 4 Pro memiliki keunggulan di bagian baterai. ASUS Zenfone 4 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 3600 mAH, yang notabene berkapasitas lebih besar dari ASUS Zenfone 4 yang hanya memiliki baterai berkapasitas 3300 mAH.

Namun, menurut saya hal ini bukan menjadi hal yang bisa dibandingkan, mengingat prosesor yang digunakan pun sangat berbeda. Tentu saja dengan prosesor berkinerja lebih tinggi, ASUS Zenfone 4 Pro membutuhkan daya yang lebih besar dibandingkan ASUS Zenfone 4,meskipun kedua prosesor tersebut masuk kedalam prosesor yang hemat daya.

Harga

Nah, bagian ini menurut saya lebih unggul ASUS Zenfone 4 meskipun memiliki spesifikasi yang terpaut jauh. ASUS Zenfone 4 memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan ASUS Zenfone 4 Pro, namun bagi pengguna ponsel yang hanya membutuhkan ponsel untuk chattingan, buka media sosial, sesekali bermain game, mengetik artikel, mengambil gambar, dan aktivitas sederhana lainnya, ASUS Zenfone 4 sudah cukup dan layak untuk dibeli.

Demikian ulasan mengenai perbedaan antara ASUS Zenfone 4 dengan Zenfone 4 Pro. Sebelum membeli sebuah perangkat, apapun itu, sebaiknya Gadgeter memperhatikan kebutuhan, spesifikasi, dan budget yang dimiliki.

Tinggalkan Komentar