Berita Smartphone

ASUS Zenfone 5 dan Zenfone 5z Resmi Dirilis di Indonesia. Inilah Harganya

ASUS Zenfone 5 Header laucnh

Hari ini ASUS secara resmi meluncurkan dua smartphone terbarunya di Indonesia yang bernama Zenfone 5 dan Zenfone Live L1.

Di antara kedua smartphone ini, Zenfone 5 yang akan menjadi primadona ASUS di Indonesia pada tahun 2018 ini. Bisa dibilang smartphone yang satu ini memiliki spesifikasi hardware, fitur, dan desain yang menarik.

Dari sisi desain, Zenfone 5 memiliki layar 6,2 inci yang beresolusi Full HD+ (2.246 x 1.080 piksel), dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass, berteknologi IPS dengan DCI-P3, dan beraspek rasio 19:9 yang sudah memenuhi bagian depannya.

Mengikuti tren saat ini, Zenfone 5 juga memiliki poni atau notch pada bagian atasnya untuk menyematkan receiver, LED indicator, kamera depan dan sensor cahaya atau Proximity. Bahkan poni ini membuat sebagian bezel atas menjadi tebal.

ASUS Zenfone 5 Back case

ASUS Zenfone 5 ini diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz dan berteknologi proses 14nm sehingga hemat dalam mengonsumsi daya baterai, namun memiliki performa yang bertenaga.

Bisa dibilang chipset dari smartphone ini hampir sama dengan yang dimiliki oleh Zenfone Max Pro M1 yang sudah teruji untuk bermain game PUBG Mobile, Mobile Legends, Honkai Impact 3, Arena of Valor, dan masih banyak lagi.

Bahkan Zenfone 5 sendiri dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Boost yang dapat meningkatkan performa smartphone lebih baik lagi. Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, ASUS menghadirkan Zenfone 5 dengan RAM 4 GB dan storage internal 64 GB.

Pada pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark, ASUS Zenfone 5 berhasil mendapatka skor 126.813 poin. Namun ketika Zenfone 5 mengaktifkan AI Boost berhasil mendapatkan skor yang meningkat pesat hingga 142.945 poin.

ASUS Zenfone 5 All Launch

Apabila storage internalnya kurang lega, maka kedua varian smartphone ini bisa ditambahkan microSD hingga 2 TB. Baterai berkapasitas 3.300 mAh dipercaya sebagai sumber energi dari Zenfone 5 dan diklaim pihak ASUS dapat bertahan lama dengan dukungan AI yang dapat dimanajemen secara pintar.  Bahkan fitur Quick Charge juga telah hadir di dalamnya sehingga pengisian daya baterainya menjadi sangat cepat.

Soal urusan fotografi, Zenfone 5 ini memiliki dua kamera utama yang mempunyai kombinasi kamera primer 12 MP dengan aperture f/1.8, bersensor Sony IMX363 + kamera sekunder 8 MP, aperture f/2.0 wide-angle 120 derajat, PDAF, gyro EIS, daan dual-tone LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Selain mampu menghasilkan foto dengan area yang luas, kamera utama pada Zenfone 5 ini mampu menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan dan rapi. Bahkan berkat dukungan AI membuat kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan kualitas dan tone yang bagus.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 dan gyro EIS yang dapat menghasilkan foto selfie dengan hasil yang baik. Sensor fingerprint pun telah hadir pada bagian belakang smartphone ini.

Sebagai alternatif dari sensor fingerprint, ASUS Zenfone 5 ini telah dibekali dengan Face Unlock yang memudahkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone dengan cepat hanya menggunakan wajahnya saja.

Fitur masa kini seperti NFC yang dapat digunakan untuk pembayaran digital, transfer data, dan lainnya pun telah hadir di dalamnya. Tak ketinggalan, ZeniMoji, NXP smart amplifier, Bluetooth 5.0, FM Radio, port jack audio, Hi-Res audio DTS, dan dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE telah hadir di dalamnya.

ASUS Zenfone 5 akan dijual ekslusif secara flash sale di JD.ID pada tanggal 30 Mei 2018 dan 6 Juni 2018 dengan harga promo mencapai Rp 3.999.000. Sementara harga normalnya sendiri akan mencapai Rp 4.299.000 setelah melewati masa flash sale.

Selain itu, ASUS juga telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya yang bernama Zenfone 5z. Spesifikasi hardware yang ditawarkannya pun luar biasa karena menggunakan chipset kelas atas Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, ASUS Zenfone 5z yang hadir di Indonesia akan terdiri dari varian RAM 6 GB + ROM 128 GB dengan harga yang mencapai Rp 6.499.000 dan RAM 8 GB + ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp 7.499.000. Dikabarkan Zenfone 5z akan hadir di Indonesia sekitar bulan Juni 2018.

Leave a Comment