Berita

Dukung Samsung Dex Lebih Jauh, Samsung Siapkan Monitor Portable Khusus?

Samsung Dex S8 Header

Gadgetren – Samsung Electronics kabarnya sedang mengembangkan layar monitor bernama Dexbook yang dirancang secara khusus untuk mendukung fungsi Samsung Dex dari smartphone flagship buatannya.

Berdasarkan keterangan yang diungkapkan oleh Android Authority, monitor ini nantinya akan mengadopsi bentuk tablet tanpa sistem operasi atau komputasi internal. Perangkat ini juga tidak akan memiliki dukungan papan ketik (keyboard) dan trackpad seperti laptop.

Informasi yang diperoleh Android Authority dari The Electronic Times menyebutkan bahwa Dexbook tampaknya akan memiliki layar berukuran 14,1 inci dengan dukungan resolusi hingga Full HD.

Dexbook juga disebut-sebut bakal dilengkapi baterai berkapasitas 10.000mAh untuk mendukung kemampuannya. Kabar baiknya, bobot perangkat ini tidak akan melebihi 1 Kg atau sekitar 2,2 lb meskipun memiliki baterai yang lumayan besar.

Sampai dengan saat ini, Samsung belum memberikan konfirmasi mengenai kehadirannya sehingga belum bisa dipastikan apakah perangkat monitor-tablet ini akan menggunakan teknologi OLED atau tidak.

Samsung sendiri sebelumnya memang sudah memiliki piranti keras yang dirancang untuk Samsung Dex. Dengan menggunakan perangkat tersebut, pengguna flagship Samsung Galaxy S8 ke atas bisa memproyeksikan tampilan ke layar yang lebih lebar.

Guna meningkatkan dukungan tersebut, Samsung bahkan sudah mengembangkan ekosistem berbasis aplikasi yang bisa digunakan oleh para pengguna untuk membawa Samsung Dex ke dalam layar komputer ataupun laptop.

Karena belum ada produk atau teknologi yang serupa untuk ekosistem Samsung Dex, Dexbook pun tampaknya bakal menjadi monitor pertama yang dirancang secara khusus untuk mendukung fungsi tersebut.

Yang sangat disayangkan, keterbatasan informasi yang kami miliki belum bisa memastikan desain dari perangkat monitor tersebut maupun fitur-fitur yang akan dibawanya.

Kami pun belum bisa memastikan apakah dukungan fungsionalitas Dex nirkabel yang dirumorkan sebelumnya dan desain perangkat lipat akan hadir dalam monitor-tablet ini atau tidak.

Meskipun demikian, perangkat monitor khusus Dex ini dirumorkan akan dikembangkan setidaknya mulai kuartal kedua tahun 2020 dan meluncur pada kuartal ketiga tahun 2020.

Perangkat monitor-tablet Samsung ini pun dikabarkan akan dijual dengan harga 400.000 hingga 500.000 Won atau sekitar Rp 4,6 Jutaan hingga Rp 5,8 Jutaan.

Tinggalkan Komentar