ASUS TUF Gaming FX507
Review Review Aksesoris

Review Seagate BarraCuda 8 TB – Kapasitas Besar Tapi Tetap Ngebut

Seagate BarraCuda 8 TB Header

Seagate BarraCuda 8 TB
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Fitur dan Kemudahan - 10/10
    10/10
10/10

Kesimpulan

Seagate BarraCuda 8 TB punya kapasitas besar, namun kecepatan transfer yang dimilikinya tergolong sangat baik untuk digunakan dalam keseharian baik itu kebutuhan pada umumnya maupun gaming.

Yang Disukai

  • Performa HDD cepat
  • Kapasitas sangat besar
  • Mendukung Intel Optane

Yang Tidak Disukai

  • Garansi hanya 2 tahun

Gadgetren – Kebutuhan akan tempat penyimpanan digital semakin lama akan semakin membesar dan butuh kinerja cepat, khususnya untuk konten multimedia. 

Dari persoalan itu lah kenapa Seagate sebagai salah satu pemain lama yang sangat populer di segmen penyimpanan data menghadirkan sebuah solusi penyimpanan HDD bernama BarraCuda. Ada dua varian yang tersedia di Indonesia, yakni BarraCuda dan BarraCuda Pro. 

BarraCuda (bukan yang versi Pro) hadir diperuntukkan sebagai perangkat penyimpanan serba guna pada perangkat komputer desktop hingga sistem penyimpanan berbasis DAS. Pilihan kapasitas yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari 500 GB sampai yang paling tertingginya mencapai 8 TB. 

Nah untuk model yang saya tes kali ini merupakan Seagate BarraCuda 8 TB dengan nomor model S8000DM004 yan memiliki garansi selama 2 tahun. Desainnya sendiri tidak jauh berbeda dibandingkan HDD Seagate pada umumnya, namun jelas sekali terasa lebih padat dan berat serta sedikit lebih tebal. 

Penyimpanan satu ini tidak hanya memiliki kapasitas besar saja, tetapi juga mengunggulkan interface SATA III berkecepatan hingga 6 Gb/s serta jumlah cache sebesar 256 MB. Meski begitu, kecepatan rotasinya hanya 5.400 RPM. 

Seagate BarraCuda 8 TB Port

Dengan pemakaian daya rata-rata saat idle yang hanya 3,4 Watt, saya pikir Seagate BarraCuda 8 TB akan menjadi solusi yang menarik dan sangat cocok sebagai tempat penyimpanan jangka panjang seperti foto, video, data backup, maupun data pribadi lainnya. 

Agar bisa memanfaatkan penyimpanan sebesar itu, saya harus mempartisinya dalam bentuk GPT atau GUID Partition Table. Jika menggunakan jenis partisi lain seperti MBR untuk kebutuhan sistem operasi, maka maksimal kapasitas yang digunakan hanya sekitar 2 TB saja.  

Dalam pengujian kali ini, saya memasangkan Seagate BarraCuda 8 TB ke komputer personal saya yang dioperasikan oleh prosesor Intel Core i5-4460 serta tetap menggunakan SATA SSD yang sudah terinstal sistem operasi Windows 10 Pro sebagai pelengkapnya. 

Seagate BarraCuda 8 TB Depan

Sebagai seorang gamer, hal pertama yang saya langsung coba adalah langsung memindahkan direktori Steam beserta beberapa judul game ke HDD besutan Seagate satu ini. Hasilnya? Loading game menjadi lebih singkat dari biasanya.

Contohnya, Resident Evil 2 hanya membutuhkan waktu 4 detik saja dari saat saya menekan Continue di menu utama hingga karakter bisa digerakkan. Waktu tersebut 30% lebih cepat dibandingkan HDD Western Digital Blue 1TB milik saya yang membutuhkan waktu 6 detik pada skenario serupa. 

Waktu load yang singkat tersebut mungkin hasil dari teknologi Multi-Tier Caching (MTC) yang Seagate benamkan pada model S8000DM004 ini. MTC sendiri merupakan skema caching yang Seagate kembangkan dengan memanfaatkan beberapa skema memori dan firmware sehingga proses alur data menjadi lebih optimal. 

Seagate BarraCuda 8 TB MTC

Teknologi Multi-Tier Caching ini digadang sebagai solusi jalan tengah antara DRAM yang cepat namun data selalu terhapus setiap proses booting serta NAND Flash yang mahal. Dengan begitu pengguna dapat menikmati performa sistem operasi maupun aplikasi yang lebih mulus. 

Kembali melihat waktu load game yang telah saya uji, rasanya apa yang Seagate katakan tentang MTC ada benarnya. Walaupun HDD ini hanya memiliki putaran cakram 5.400 RPM, namun performanya untuk digunakan bermain game tidak boleh dihiraukan begitu saja. 

Lalu bagaimana digunakan dalam kebutuhan sehari-hari seperti menyalin data dari drive lain? 

Melihat hasil tes menggunakan CrystalDiskMark, Seagate BarraCuda 8 TB terbilang bekerja dengan sangat baik. Dalam proses Sequential, HDD ini memiliki kecepatan Read 190 MB/s dan Write 178 MB/s. Angka yang sangat baik untuk sebuah perangkat Harddisk drive. 

Seagate BarraCuda 8 TB CDM

Sayangnya, performa untuk proses 4KiB baik itu Q32T1 maupun Q1T1 tidak terlihat ada peningkatan yang signifikan dibandingkan HDD pada umumnya. 

Soal performa dalam penggunaan sehari-hari, saya harus menunggu selama 25 detik untuk memindahkan satu buah file RAR berukuran 3,2 GB dengan kecepatan yang sangat stabil di kisaran 129 MB/s.  

Sedangkan untuk memindahkan file dalam jumlah banyak seperti 3.100 file gambar membutuhkan waktu 1 menit 5 detik dengan kecepatan rata-rata 90 MB/s. 

Seagate BarraCuda 8 TB Transfer File

Di samping sebagai tempat penyimpanan pribadi, HDD berkapasitas sebesar ini tentunya cocok sebagai tempat pencadangan. Maka dari itu saya mencoba untuk melakukan Steam Backup pada game Resident Evil 2 yang menghabisi kapasitas cukup besar, yakni 25 GB. Hasilnya, proses baru selesai setelah memakan waktu 22 menit 14 detik. 

Selanjutnya saya mencoba untuk backup seluruh sistem operasi Windows 10 menggunakan EASEUS To Do Backup. Untuk proses satu ini, saya hanya perlu menunggu selama 12 menit 22 detik hingga proses pencadangan selesai, sedikit lebih cepat dari waktu estimasinya.

Seagate BarraCuda 8 TB SteamBackup

Melihat dari keseluruhan hasil tersebut, saya cukup puas akan performa yang diberikan oleh Seagate BarraCuda 8 TB S8000DM004. Walaupun kapasitasnya besar, namun kecepatan transfer yang dimilikinya tergolong sangat baik untuk digunakan dalam keseharian baik itu kebutuhan pada umumnya maupun gaming.

Menariknya, hal ini membuktikan kalau RPM bukan lagi segalanya saat memilih suatu HDD. Walaupun Seagate BarraCuda 8 TB ini hanya memiliki kecepatan rotasi 5.400 RPM, kinerjanya mampu melebihi ekspektasi saya.

Seagate BarraCuda 8 TB CDI

Pihak Seagate pun merekomendasikan untuk mengkombinasi Seagate BarraCuda dengan Intel Optane untuk mendapatkan performa yang lebih bisa diandalkan layaknya sebuah SSD. Bahkan kecepatannya bisa meningkat sebanyak dua kali lipat dalam hal menjalankan aplikasi atau booting sistem operasi.

Maka dari itu, bagi kamu yang menginginkan penyimpanan sangat besar untuk komputer personal maupun lainnya, Seagate BarraCuda 8 TB S8000DM004 merupakan pilihan yang tidak boleh dilupakan.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar