ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone Tekno

4 Kelebihan dan 2 Kekurangan Samsung Galaxy A80 – Cuman Mengandalkan Kamera Berputar, Yakin?

Kelebihan dan Kekurangan A80 Header

Gadgetren – Di acara peluncuran di Bangkok, Samsung juga mengenalkan Samsung Galaxy A80. Uniknya, perangkat baru serial Galaxy A ini akan menjadi ponsel pertama dengan kamera berputar milik Samsung.

Galaxy A80 merupakan seri tertinggi dari Galaxy A untuk saat ini. Sebagai seri tertinggi, Samsung menyematkan berbagai macam spesifikasi dan fitur unggulan ke dalamnya. Tentu saja, tidak hanya di segi kamera, namun di beberapa bagian lainnya juga.

Dalam prediksi saya, Galaxy A80 bakal dijual dengan harga yang sangat mahal, meskipun tidak akan semahal Samsung Galaxy S10 Series. Namun, apakah dengan harga mahal ini, Galaxy A80 tidak layak untuk dipertimbangkan?

Kelebihan Samsung Galaxy A80

1. Desain dan Layar Premium

Kelebihan dan Kekurangan A80 Layar

Galaxy A80 hadir layaknya kebanyakan ponsel premium Samsung. Perangkat ini hadir dengan bodi yang terbalut kaca 3D yang dibingkai dengan metal di sekelilingnya. Dengan kombinasi ini, perangkat ini akan sangat terasa nyaman saat digenggam.

Sementara itu, jika beberapa ponsel barunya menggunakan desain Infinity Display baru yang memiliki area kecil terpotong untuk menempatkan kamera, Samsung menggunakan desain yang berbeda pada Galaxy A80.

Berkat kamera memutar dengan mekanisme geser (pop-up), layar Super AMOLED beresolusi Full HD+ (1.080 x 2.400 piksel) dengan bentang 6,7 inci di Galaxy A80 bisa tampil secara penuh tanpa perlu terpotong oleh area kecil untuk menempatkan kamera.

2. Kinerja Setara Flagship?

Galaxy A80 menggunakan chipset baru buatan Qualcomm, Snapdragon 730G atau Snapdragon 730 versi gaming. Dengan mengandalkan chipset ini, Galaxy A80 pastinya akan menawarkan kinerja yang sangat mumpuni.

Dalam catatan yang disampaikan oleh Qualcomm, Snapdragon 730G memiliki pengolah grafis yang bisa bekerja 15 persen lebih bertenaga dari versi standar. Padahal, GPU Adreno 618 yang tertanam di kedua chipset ini sudah mampu mengungguli pendahulunya hingga 25 persen lebih cepat.

Berdasarkan uji yang dilakukan oleh AnTuTu, chipset yang digunakan oleh Galaxy A80 ini pun mendapatkan angka yang cukup tinggi. Dalam data yang dirilis Gizmochina, chipset ini bisa menembus skor hingga 222.538. Angka yang cukup tinggi dibandingkan seri sebelumnya, yang hanya mencapai angka 160 ribuan.

Bahkan untuk menunjang kinerja dari chipset ini, Samsung telah menyiapkan RAM 8 GB lengkap dengan memori penyimpanan internal 128 GB. Dengan dukungan ini, Galaxy A80 akan menawarkan pengalaman gaming yang lebih baik.

3. Kamera Depan dan Belakang Sama Bagusnya

Kelebihan dan Kekurangan A80 Kamera

Dengan mekanisme kamera memutar, Galaxy A80 akan menawarkan pengambilan gambar dengan kualitas terbaik, baik untuk hasil kamera depan maupun belakangnya. Padahal biasanya, kebanyakan smartphone menawarkan kamera belakang yang lebih bagus dibandingkan kamera depannya.

Secara lebih rinci, kamera memutar milik Galaxy A80 ini merupakan gabungan dari tiga buah jenis lensa yang bisa menghasilkan gambar yang lebih baik – kamera utama yang memiliki resolusi 48 MP (f/2,0), kamera ultra-wide 8 MP (f/2,2), dan kamera 3D atau Time of Flight (ToF).

4. Sensor Sidik Jari Tertanam di Layar

Mengikuti tren masa kini, Samsung juga menyematkan dukungan keamanan yang lebih baik. Selain menghadirkan fitur Face Unlock, Samsung telah menyematkan dukungan sensor pemindai sidik jari tertanam di layar.

Kekurangan Samsung Galaxy A80

1. Bentuknya Besar dan Tebal

Meskipun membawa desain premium, bentuk dari Galaxy A80 adalah satu kekurangan yang paling terlihat bagi saya. Karena kamera memutarnya, Galaxy A80 yang sudah berukuran besar harus memiliki bentuk yang sangat tebal. Dengan bentuknya ini, Galaxy A80 akan sangat susah untuk dioperasikan dengan menggunakan satu tangan.

2. Daya Tahan Masih Menjadi Pertanyaan

Daya tahan dari sistem geser sekaligus memutar dari kameranya menjadi pertanyaan besar bagi sebagian orang. Hal ini cukup serupa dengan apa yang dialami oleh Vivo Nex maupun OPPO Find X yang mengenalkan kamera pop-up pertama kali.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar