Review Smartphone

Review OPPO F11 Pro – Layar Luas, Performa Puas

Review OPPO F11 Pro Header

Gadgetren – OPPO secara resmi telah meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya yang bernama OPPO F11 Pro di Indonesia. Selain memiliki desain layar penuh, spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh smartphone ini menarik.

Tak hanya itu, baterai berkapasitas 4000 mAh dengan dukungan pengisian daya baterai super cepat VOOC 3.0 Flash Charging pun telah hadirnya di dalamnya. Smartphone ini juga hadir dengan kamera ganda yang kamera utamanya beresolusi 48 MP.

Dengan spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan tersebut, apakah OPPO F11 Pro bisa menjadi salah satu pilihan terbaik di kelas menengah ini? Untuk itu, mari kita lihat jawabannya di artikel review berikut ini

Desain dan Layar

OPPO F11 Pro All

OPPO F11 Pro ini dilengkapi dengan layar 6,53 inci yang beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19,5:9. Dibandingkan smartphone seri F sebelumnya, kali ini desainnya terasa berbeda karena menggunakan kamera depan pop-up bernama Rising Camera yang memungkinkan kamera depannya berada di dalam smartphone.

Dengan kata lain, kamera depannya akan muncul ke bagian atas apabila penggunanya melakukan foto selfie atau video call. Sementara itu, kamera depannya akan kembali ke bagian dalam apabila penggunanya mengakses kamera belakang atau keluar dari aplikasi kamera bawaannya.

Hal ini pun membuat layarnya memiliki desain Panoramic Screen yang benar-benar memenuhi bagian depan tanpa memiliki poni sama sekali. Beralih ke bagian belakangnya terdapat dua kamera utama, LED Flash, dan sensor fingerprint yang disusun secara vertikal.

OPPO F11 Pro Back

Bodi belakangnya pun dibalut dengan warna Thunder Black yang unik seperti gabungan dari warna ungu, biru tua, dan hitam. Debu dan noda sidik jari mudah menempel pada bagian belakangnya sehingga sebaiknya langsung menggunakan casing tambahan yang tersedia dalam paket penjualannya.

Pada bagian bawahnya terdapat port jack audio 3,5mm, port microUSB, dan lubang speaker. Selanjutnya, slot kartu SIM, microSD, dan tombol Power berada di bagian kanannya. Sedangkan tombol volume berada di bagian kirinya.

Kamera

OPPO F11 Pro Dual Cam

Perangkat satu ini telah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 48 MP (apertur f/1.8), kamera sekunder 5 MP (apertur f/2.4 + kedalaman), dan LED Flash.

Secara bawaan, kamera utama dari OPPO F11 Pro ini akan menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP. Meskipun begitu, foto yang dihasilkan tetap memiliki kualitas yang bagus. Namun apabila Gadgeter ingin mengambil foto dengan resolusi 48 MP maka harus mengaktifkannya terlebih dahulu di menu Settings yang terdapat di aplikasi kamera bawaannya.

Kombinasi kamera utama dan kamera sekundernya memungkinkan pengguna dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan. Sementara itu, OPPO juga telah menghadirkan fitur Night Mode yang memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan foto malam hari dengan terang dan jelas.

Kamera depan OPPO F11 Pro ini mempunyai resolusi 16 MP (apertur f/2.0) yang sudah dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan baik. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kualitas dari kamera smartphone ini maka dapat melihat hasil foto berikut ini.

Kamera belakang (Klik gambar untuk perbesar)

F11Canvas

F11Buah

F11Manusia

F11Jambu

F11meow

F11BAuto

F11B4848 MP

F11Night2

F11Night1bgs

F11AutoN1Auto

F11AutoN2Night

F11AutoN3Auto

F11AutoN4Night

Kamera depan (Klik gambar untuk perbesar)

F11SNormalSelfie Normal

F11SBeautySelfie Beauty Bokeh

Performa

OPPO F11 Pro Bottom

OPPO F11 Pro dibekali dengan chipset MediaTek Helio P70 Octa-core, RAM 6 GB, dan storage internal 64 GB. Dengan kombinasi hardware ini pihak OPPO mengklaim bahwa smartphone ini akan menghasilkan performa yang tinggi.

Untuk membuktikannya, saya pun menguji F11 Pro dengan menjalankan beragam aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari, mulai dari Telepon, SMS, jejaring sosial, messaging, pemutar video, editor dokumen, pemutar musik, dan email.

Hasilnya OPPO F11 Pro ini mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Untuk performa gaming, saya pun mengujinya juga dengan menjalankan beberapa game populer, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, AOV, dan Final Fantasy XV Pocket Edition.

AOV, PUBG Mobile, dan Mobile Legends dapat dijalankan secara mulus dengan grafis tinggi dan High Frame Rate. Namun khusus Final Fantasy XV Pocket Edition sebaiknya menggunakan grafis menengah agar dapat berjalan dengan lancar.

OPPO F11 Pro AnTuTu

Selanjutnya, saya pun melakukan pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dan Geekbench. Hasilnya OPPO F11 Pro mendapatkan skor 150.137 poin dari aplikasi AnTuTu.

Sementara pada pengujian menggunakan Geekbench, smartphone ini berhasil mendapatkan skor 1.574 poin untuk Single-core dan 5.979 untuk Multi-core. Hasil ini membuktikan bahwa performa OPPO F11 Pro memang mampu bersaing dengan smartphone di kelas menengah.

Baterai

OPPO F11 Pro Volume

Smartphone yang satu ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang diklaim pihak OPPO mampu bertahan lama. Bahkan fitur VOOC 3.0 Flash Charging yang dimilikinya dapat mengisi daya baterai hingga 0 hingga 100% hanya dalam waktu 80 menit saja.

Dengan pengujian menggunakan PCMark, OPPO F11 Pro ini mampu bertahan selama 9 jam 17 menit. Bisa dibilang daya tahan baterai yang ditawarkan F11 Pro ini cukup baik mengingat simulasi dari pengujian PCMark yang intensif.

OPPO F11 Pro PCMark

Sementara untuk pengisian daya baterainya hanya membutuhkan waktu 1 jam 20 menit saja dari 15% ke 100% . Bisa dibilang pengisian daya baterainya sangat cepat sesuai dengan klaim OPPO terhadap fitur VOOC 3.0 Flash Charging.

Fingerprint & Face Unlock

OPPO F11 Pro Selfiecam

OPPO F11 Pro ini telah dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian belakangnya. Smartphone ini mengizinkan 5 sidik jari berbeda untuk didaftarkan pada sensornya. Selanjutnya, sensor ini mampu mendeteksi sidik jari saya dengan cepat ketika saya mencobanya.

Namun apabila penggunanya bosan menggunakan sensor fingerprint untuk membuka kunci maka dapat mencoba fitur Face Unlock yang telah hadir di dalam smartphone ini. Pada saat saya mengujinya, kamera depan smartphone ini mampu mendeteksi wajah saya dengan cepat dan langsung membuka kunci. Seperti biasanya, OPPO F11 Pro hanya mengizinkan satu wajah saja yang didaftarkan dalam fitur Face Unlock.

ColorOS 6

OPPO F11 Pro UI

Smartphone yang satu ini telah dilengkapi dengan ColorOS 6 berbasiskan sistem operasi Android 9 Pie. Bisa dibilang tampilan antarmuka, fitur, desain, dan ikon yang dimiliki oleh ColorOS 6 ini lebih segar dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pada ColorOS 6 ini pihak OPPO memberikan pilihan pada penggunanya untuk bisa mengatur untuk menggunakan atau menghilangkan App Drawer sama sekali. Bisa dibilang fitur ini memberikan pilihan penggunanya terhadap selera dari home screen smartphone yang biasa digunakan.

Sementara itu, terdapat juga fitur GameSpace yang mengelompokkan aplikasi atau game dalam satu tempat sehingga pada saat aplikasi atau game dijalankan maka Hyper Boost akan diaktifkan sehingga terjadi peningkatan kinerja hardware untuk performa yang lebih optimal.

Tak hanya itu, fitur Smart Gesture pun tetap dihadirkan pada ColorOS 6 ini sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengaktifkan fitur atau fungsi tertentu hanya mengunakan gerakan jari yang sudah ditentukan.

Kesimpulan

OPPO F11 Pro Power

Selama pemakaian beberapa minggu, saya puas dengan kinerja yang diberikan oleh OPPO F11 Pro. Apalagi smartphone ini memiliki kemampuan kamera yang bisa diandalkan pada kondisi malam dan siang hari.

Secara desain, OPPO F11 Pro pun sudah mengikuti desain kekinian dengan menggunakan layar yang benar-benar penuh. Meskipun debu dan noda sidik jari mudah menempel di bagian belakangnya, Namun masih bisa diatasi dengan menambahkan casing tambahan yang telah tersedia dalam paket penjualannya.

Dengan spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan, harga yang dibanderol pada OPPO F11 Pro ini mencapai Rp 4.999.000. Dengan kata lain, smartphone yang satu ini bisa menjadi pilihan menarik di kisaran harga tersebut.

Kelebihan

  • Performa bertenaga
  • Kamera dapat menghasilkan foto bagus
  • Baterai dapat bertahan lama
  • Pengisian daya baterai cepat
  • Fingerprint dan Face Unlock cepat
  • Layar penuh tak berponi

Kekurangan

  • Noda sidik jari mudah menempel
  • Tidak ada NFC
OPPO F11 Pro
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • OPPO F11 Pro
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: April 13, 2019
  • Layar
    Editor: 80%
  • Performa
    Editor: 90%
  • Kamera
    Editor: 90%
  • Baterai
    Editor: 80%
  • Software
    Editor: 80%
  • Desain
    Editor: 80%

Tinggalkan Komentar