Review Smartphone

Review Vivo V15 Pro – Unggulkan Snapdragon 675 dan Kamera Utama 48MP

Review Vivo V15 Pro Header

Gadgetren – V15 Pro merupakan salah satu smartphone unggulan terbaru dari Vivo yang mengandalkan kemampuan kamera depan dan belakangnya.

Vivo menyajikan layar yang benar-benar penuh pada smartphone kelas menengah terbarunya ini. Dari segi hardware pun, Vivo V15 Pro ini menggunakan chipset yang memiliki performa bertenaga.

Saya sendiri berkesempatan untuk mencoba Vivo V15 Pro selama beberapa minggu untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Untuk menelusuri lebih dalam tentang keunggulan, kekurangan, performa, kamera, dan fitur yang ditawarkan Vivo V15 Pro, simak ulasannya berikut ini.

Desain

Vivo V15 Back

Smartphone ini mempunyai layar yang benar-benar memenuhi bagian depannya tanpa hadirnya poni atau punch hole sama sekali. Sementara bodi belakangnya terlihat menawan berkat warna gradasinya.

Sebagai catatan, saya mendapatkan Vivo V15 Pro dengan warna gradasi Topaz Blue. Pada bagian belakangnya pun terdapat lengkungan di sisi kiri dan kanannya untuk memudahkan penggunanya dalam menggenggam smartphone ini menggunakan satu tangan.

Meskipun warna dan desain bodi belakangnya menarik, namun noda sidik jari mudah menempel sehingga sebaiknya pengguna Vivo V15 Pro langsung menggunakan casing tambahan agar dapat melindungi bodinya, baik dari noda, debu, maupun goresan.

Kamera depan smartphone ini berada di bagian dalamnya dan akan naik apabila penggunanya mengambil foto selfie atau melakukan video call. Sementara pada bagian belakangnya, terdapat 3 kamera utama dan LED Flash.

Beralih ke bagian kanannya, terdapat tombol volume dan power yang disusun secara vertikal. Selanjutnya, bagian kirinya didekasikan Vivo untuk menghadrikan slot microSD secara mandiri dan tombol khusus untuk Google Assistant.

Sementara pada bagian bawahnya terdapat port microUSB, slot untuk menampung 2 kartu SIM, dan speaker. Terakhir, Vivo masih menyematkan port jack audio 3,5 mm pada bagian atas Vivo V15 Pro.

Layar

Vivo V15 DisplayR

Vivo V15 Pro memiliki layar dengan desain Ultimate All-Screen dengan resolusi Full HD+ (2316 x 1080 piksel) yang benar-benar memenuhi bagian depan tanpa hadirnya poni dan punch hole sehingga penggunanya dapat melihat video, foto, maupun game dengan area yang luas.

Layar ini bisa tercipta berkat kamera depannya yang menggunakan sistem pop-up sehingga ditempatkan di bagian dalamnya. Sementara itu, layarnya ini menggunakan teknologi Super AMOLED yang terang dan tajam sehingga memanjakan saya ketika melihat konten di dalamnya.

Meskipun lebar layarnya mencapai 6,39 inci, namun berkat layarnya yang memenuhi bagian depannya dan beraspek rasio 19,5:9 sehingga membuat ukuran layarnya terasa tidak terlalu lebar dan pas ketika digenggam di tangan.

Kamera

Vivo V15 3Kamera

Vivo V15 ini dilengkapi dengan kamera depan 32 MP (apertur f/2.0) yang menggunakan sistem pop-up, dimana kameranya sendiri berada di bagian dalam dan akan muncul ke atas apabila penggunanya melakukan video call maupun mengambil video selfie.

Nantinya kamera depan ini akan kembali ke bagian dalam apabila penggunanya mengakses kamera belakang atau keluar dari aplikasi kamera. Dengan resolusi yang besar dan dukungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Beauty memungkinkan foto selfie atau wefie memiliki wajah yang mulus dan cerah.

Selain itu, kamera depan Vivo V15 Pro juga mempunyai dukungan Portrait Light Effect yang memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan foto selfie dengan beragam efek cahaya menarik, termasuk dengan background hitam putih.

Beralih ke bagian belakangnya, smartphone ini dilengkapi dengan 3 kamera utama yang mempunyai kombinasi kamera primer 48 MP (apertur f/1.8) + kamera sekunder 5 MP (apertur f/2.4) dengan sensor kedalaman + kamera tersier 8 MP (apertur f/2.2) berlensa ultra-wide, PDAF, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Secara bawaan, kamera primer utamanya ini akan menghasilkan foto beresolusi 12 MP. Namun apabila penggunanya ingin mengaktifkan resolusi 48 MP ini, maka dapat mengaktifkannya di menu Settings yang terdapat pada kamera bawaannya.

Selanjutnya kombinasi kamera primer dan sekunder utamanya mampu menghasilkan foto bokeh secara instan dan rapi. Bahkan penggunanya dapat menentukan tingkat blur sebelum maupun sesudah mengambil foto.

Untuk kamera tersier utamanya mampu menghasilkan foto yang memiliki area luas dengan banyak orang di dalamnya berkat lensa ultra-wide yang dimilikinya. Bisa dibilang Vivo mencoba untuk memudahkan penggunanya dalam mengambil foto yang baik pada siang hari maupun malam hari.

Mengikuti tren saat ini, Vivo V15 Pro juga dibekali dengan fitur Night pada aplikasi kamera bawaannya sehingga dapat menghasilkan foto yang terang dalam kondisi malam hari. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kualitas kamera perangkat ini maka dapat melihat hasil fotonya sebagai berikut ini.

* Klik masing-masing foto untuk melihat foto dalam resolusi asli

Kamera Belakang (Ultrawide)

LapanganAutoAuto

LapanganWideUltra-wide

GedungAutoAuto

GedungWideUltra-wide

BuahAutookzAuto

BuahWideUltra-wide

BotaniAutoAuto

BotaniWideUltra-wide

Kamera belakang (48 MP Mode)

PapanAutoAuto

Papan4848 MP Mode

Bunga-AutoAuto

Bunga-Auto48 MP Mode

Cat-AutoAuto

Cat1-48MP48 MP Mode

Buah1-AutoAuto

Buah1-48MP48MP Mode

Kamera Belakang (Night Mode)

PilarAutoAuto

PilarNightNight

PilarWideUltra-wide

TuguAutoAuto

TuguNightNight

TuguWideUltra-wide

Kamera Depan

V15SelfieNormalSelfie Normal

V15ProSelfieBokehSelfie Bokeh + Beauty

V15SelfieMonokromSelfie + Background Monokrom

Performa

Vivo V15 Slot SIMCard

Vivo V15 Pro dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 675 Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver), RAM 6 GB, dan storage internal 128 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Dengan kombinasi hardware ini, pihak Vivo mengklaim bahwa Vivo V15 Pro memiliki performa yang bertenaga pada saat menjalankan aplikasi maupun game. Apalagi chipset tersebut menggunakan teknologi proses 11nm sehingga hemat dalam mengonsumsi daya baterai.

Untuk membuktikan klaim tersebut, saya pun mengujinya dengan menjalankan beragam aplikasi sehari-hari mulai dari Telepon, SMS, jejaring sosial, pemutar video, editor dokumen, email, browser, maupun pemutar musik.

Hasilnya, Vivo V15 Pro mampu menjalankan aplikasi-aplikasi ini secara multitasking dengan lancar. Bahkan proses transisi perpindahan aplikasinya bisa dibilang mulus dan halus berkat dukungan RAM dan chipset yang dimilikinya.

Sementara untuk pengujian berat, saya pun mencoba memainkan game populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan PUBG Mobile. Hasilnya, semua game ini mampu dijalankan dengan lancar pada grafis tinggi.

Selain Mobile Legends, ketiga ini mampu dijalankan dengan lancar pada frame rate tinggi. Secara hardware, seharusnya Vivo V15 Pro mampu mendukung frame rate tinggi untuk Mobile Legends. Namun fitur tersebut tidak muncul ketika game dimainkan. Kemungkinan besar pihak Moonton sedang mengembangkan fitur tersebut untuk Snapdragon 675.

Sementara itu, saya juga mencoba game yang lebih berat seperti Final Fantay XV Pocket Edition untuk dimainkan dalam Vivo V15 Pro. Hasilnya, game dapat berjalan baik dalam pengaturan grafis menengah. Sementara animasi berjalan patah-patah ketika game dijalankan dengan grafis tinggi.

Selanjutnya, saya juga melakukan pengujian benchmark menggunakan aplikasi populer, seperti AnTuTu Benchmark dan Geekbench. Pada pengujian dengan AnTuTu, Vivo V15 Pro mampu mendapatkan skor yang mencapai 179.285 poin yang melebihi smartphone dengan chipset Snapdragon 636 maupun Snapdragon 660.

Semenara pada pengujian Geekbench, smartphone ini berhasil mendapatkan skor yang mencapai 2.384 poin untuk pengujian Single-core dan 6.527 poin untuk pengujian Multi-core. Dengan semua pengujian yang telah dilakukan, terlihat bahwa Vivo V15 Pro memiliki performa yang bertenaga untuk bersaing dengan produk lain di kelasnya.

Baterai

Vivo V15 PowerVolume

Vivo V15 Pro ini dibekali dengan baterai yang berkapasitas 3700 mAh dengan teknologi Lithium Polymer yang diklaim oleh pihak Vivo mampu bertahan lama. Untuk membuktikannya, saya pun langsung menjalankan beragam aplikasi yang biasanya digunakan untuk aktivitas sehari.

Beberapa aplikasi yang saya gunakan dalam pengujian ini terdiri dari SMS, Telepon, jejaring sosial, pemutar video sesekali, email, editor dokumen, pemutar musik, dan game sesekali yang dijalankan setiap hari.

Hasilnya, Vivo V15 Pro ini mampu bertahan selama 16 jam 20 menit dengan Screen on Time yang mencapai 8 jam 33 menit mulai dari 100% hingga 5%. Bisa dibilang Vivo mampu mengoptimalkan smartphone ini agar memiliki daya tahan baterai yang cukup lama.

Berkat fitur Dual Engine Fast Charging yang dimiliki Vivo V15 Pro, membuat pengisian daya baterainya berjalan dengan cepat hanya mencapai 1 jam 49 menit dari kondisi 5% hingga 100%.

Fingerprint & Face Unlock

Vivo V15 FingerprintR

Vivo V15 Pro memiliki sensor fingerprint yang berada di dalam layar sehingga menghemat tempat dan membuatnya terlihat futuristik. Untuk respon dan akurasi pemindaian sidik jarinya lebih bagus dibandingkan milik V11 Pro.

Selain untuk membuka kunci smartphone, sensor ini pun dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang dikunci. Sementara itu, Vivo mengizinkan 5 sidik jari berbeda untuk bisa dipindai oleh sensor ini.

Sebagai alternatif sensor fingerprint, Vivo V15 Pro juga memiliki fitur Face Unlock yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci hanya menggunakan wajah. Pada saat saya mencobanya, Face Unlock ini dapat mengenali wajah dengan cepat.

Tidak hanya untuk membuka kunci smartphone, Fitur Face Unlock ini juga dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang telah dikunci dengan sistem keamanaan bawaannya. Selain itu, Vivo V15 Pro hanya mengizinkan satu wajah yang bisa dipindai dengan menggunakan fitur ini.

FunTouch OS 9

Vivo V15 Pro telah dilengkapi dengan FunTouch OS 9 berbasiskan sistem operasi Android 9 Pie yang mempunyai tampilan antarmuka dan fitur yang menarik. Apabila dilihat secara kasat mata, desain ikon, menu, dan antarmuka FunTouch OS 9 mirip dengan iOS.

Sistem operasi modifikasi Vivo ini memiliki beragam fitur menarik mulai dari dual-split multitasking yang memungkinkan saya dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam 1 layar, Multi-Turbo yang dapat meningkatkan performa ketika bermain game, dan masih banyak lagi.

Saya pun sangat terbantu dengan screenshot cepat yang hanya dengan menyapu layar dari bawah ke atas menggunakan 3 jari. Selain itu, fitur App Clone yang hadir pada smartphone ini mampu menduplikasi aplikasi sehingga saya dapat memasukkan dua akun media sosial atau game sekaligus pada Vivo V15 Pro.

Kesimpulan

Setelah penggunaan beberapa minggu, saya merasa puas dalam menggunakan Vivo V15 Pro terutama pada sektor performa dan kameranya. Saya mampu menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar selama menggunakan smartphone ini.

Sementara itu, saya dapat menghasilkan foto-foto yang bagus dengan menggunakan kamera depan maupun belakangnya berkat teknologi dan fitur kamera yang telah disematkan dalam smartphone yang satu ini.

Meskipun desain bodi belakangnya cantik dengan warna gradasi Topaz Blue, namun debu dan noda sidik jari mudah menempel sehingga sebaiknya pengguna smartphone ini langsung menggunakan casing tambahan yang hadir pada paket penjualannya.

Vivo membanderol Vivo V15 Pro di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 5.699.000, dimana sebanding dengan spesifikasi hardware dan fitur yang dibawanya. Namun dengan harga segini, seharusnya Vivo V15 Pro memiliki sensor NFC.

Secara keseluruhan, Vivo mampu menawarkan smartphone kelas menengah dengan spesifikasi hardware bertenaga, kamera yang bagus, dan fitur yang futuristik. Dengan kata lain, Vivo V15 Pro ini bisa menjadi pilihan menarik di kisaran harga Rp 5 jutaan.

Kelebihan

  • Performa Kencang
  • Hasil foto kamera depan dan belakang bagus
  • Fingerprint dan Face Unlock cepat
  • Desain yang Cantik
  • Layar penuh

Kekurangan

  • Tidak ada NFC
  • Debu dan noda sidik jari mudah menempel
Vivo V15 Pro
  • Editor Rating
  • Rated 4.5 stars
  • 80%

  • Vivo V15 Pro
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: April 1, 2019
  • Layar
    Editor: 90%
  • Performa
    Editor: 90%
  • Kamera
    Editor: 90%
  • Baterai
    Editor: 80%
  • Software
    Editor: 80%
  • Desain
    Editor: 90%

Tinggalkan Komentar