Mading

Apa Itu AI Upscaling di TV Samsung QLED?

Samsung TV QLED 8K

Satu hal yang menarik dari lini produk terbaru TV Samsung QLED adalah adanya fitur AI Upscaling. Mungkin ada yang bertanya apa itu AI Upscaling?

Sederhananya, AI Upscaling adalah sebuah fitur yang dapat meningkatkan kualitas tampilan konten video dari yang tadinya resolusi rendah seperti FHD ke resolusi tinggi seperti 8K.

Fitur ini penting karena 1 hal utama: konten video beresolusi 8K dan bahkan 4K masih sangat minim. Tentu akan percuma jika seseorang memiliki TV mahal beresolusi 8K namun tidak ada konten video 8K yang dapat dimainkan.

Dengan AI Upscaling ini, masalah tersebut dapat dipecahkan. Punya film klasik yang resolusinya hanya Standard Definition atau 480p? Sekarang dapat dimainkan dengan lebih layak di TV 8K.

Namun perlu dicatat bahwa kualitas video yang dihasilkan oleh fitur AI Upscaling di TV QLED Samsung ini bergantung pada kualitas video awalnya juga. Semakin buruk kualitas video aslinya maka akan semakin jelek hasilnya.

Samsung TV QLED 8K AI Upscaling SD

Gambar di atas adalah salah satu contoh AI Upscaling dengan basis video yang beresolusi Standard Definition. Bisa dilihat bahwa tidak terjadi banyak kerusakan gambar ketika video tersebut ditampilkan di TV QLED 8K berukuran 98″.

Sayangnya, untuk saat ini belum jelas seberapa besar peningkatan kualitas gambarnya untuk penggunaan sehari-hari karena demo video yang disediakan oleh Samsung kemungkinan besar menggunakan video resolusi SD yang berkualitas tinggi. Realitanya, kebanyakan video SD dan FHD yang beredar banyak yang kualitasnya tidak tinggi.

Secara teknis fitur AI Upscaling ini dapat dilakukan berkat adanya Quantum Processor di TV QLED Samsung. Salah satu tugas utama dari prosesor tersebut adalah pengingkatan kualitas video hingga ke resolusi 8K, minimalisir noise, peredupan lokal, kontrol warna, dan pengusaan HDR.

Samsung menggunakan pendekatan Machine Learning Super Resolution (MLSR) untuk pengimplementasian fitur AI Upscaling. Perlu 10 tahun bagi Samsung dalam mengembangkan AI Upscaling agar dapat digunakan secara luas.

Jutaan gambar beresolusi rendah dan beresolusi tinggi telah dianalisa melalui machine learning. Gambar beresolusi rendah dan tinggi dengan objek dan tesktur yang sama dibandingkan untuk kemudian dibuat metode terbaik untuk meningkatkan resolusi gambar rendah ke tinggi.

Karena video adalah objek yang jauh kompleks dibandingkan audio atau gambar statis, pemrosesan melalui cloud atau internet akan sangat riskan. Oleh karena itu pemrosesan AI Upscaling dilakukan secara lokal di Quantum Prosesor yang ada dalam TV QLED Samsung.

Karena fitur ini berbasis machine learning, semakin banyak orang yang menggunakan TV QLED dengan fitur AI Upscaling, makan semakin pintar mesinnya dalam meningkatkan kualitas video. Entah beberepa tahun ke depan akan berevolusi menjadi secanggih apa fitur AI Upscaling ini.

Tinggalkan Komentar