ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

Samsung Rilis TV QLED 8K di Indonesia dengan Dukungan Kecerdasan Buatan. Berapa Harganya?

Samsung QLED 8K TV Header

Gadgetren – Setelah sebelumnya memperkenalkan jajaran TV QLED 8K di Singapura, kini Samsung secara resmi meluncurkannya di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Samsung memamerkan tiga jenis TV QLED 8K yang sudah tersedia di pasaran Indonesia mulai dari ukuran 65 inci, 75 inci, dan 82 inci. Sementara untuk ukuran 98 inci yang terbesar masih dalam proses untuk masuk Indonesia.

Pihak Samsung mengklaim bahwa TV QLED 8K ini memiliki resolusi Real 8K yang mencapai 33 juta piksel (7680 x 4320 piksel). Dengan kata lain, resolusi TV ini empat kali lebih banyak dibandingkan 4K atau 16 kali lebih banyak dri Full HD.

Samsung QLED 8K TV ukuran 82 Inci

Perangkat ini juga didukung oleh Quantum HDR24x yang memungkinkan penyesuaian kurva (Perceptual Quantizer) di setiap adegan film atau video yang ditonton sehingga menghasilkan beragam warna yang mendalam, tingkat kecerahan maksimal, dan detail sangat halus dengan kejernihan sinematik yang menarik.

Teknologi Quantum 8K Processor memungkinkan TV QLED 8K dapat membuat konten video atau film yang ada saat ini dapat dibuat lebih detail menjadi tampilan 8K. Selain itu, prosesor ini mampu mengoptimalkan suara di setiap adegan video atau film yang ditonton, menyesuaikan tampilan TV dengan interior ruang, dan menggunakan asisten suara yang pintar.

Bisa dibilang Quantum 8K Processor ini memiliki 3 fitur andalan yang terdiri dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Upscaling, AI Sound, dan Bixby. Sekilas, AI Upscaling ini mengizinkan TV QLED 8K mampu meningkatkan kualitas gambar dari resolusi lebih rendah seperti SD, HD, FHD, dan 4K menjadi kualitas mendekati 8K sehingga membuat gambar terlihat lebih nyaman dan nyata ketika dilihat penggunanya.

Hal ini pun membantu TV QLED 8K mendapatkan konten yang menarik, mengingat masih jarang konten video atau film dengan resolusi 8K. Bahkan pada saat demonstrasi, pihak Samsung memberikan perbedaan antara QLED 4K TV dan QLED 8K TV.

Pada saat melihatnya, terlihat bahwa konten dengan resolusi SD, HD, FHD, 4K, dan 8K yang dijalankan pada TV QLED 8K lebih jernih, terang, dan nyaman dibandingkan QLED 4K TV. Bahkan QLED 4K TV tidak mendukung video dengan resolusi 8K. Hal ini bisa terjadi berkat dukungan AI Upscaling yang mampu melakukan noise reduction pada video dengan baik ketika ditampilkan pada QLED 8K TV.

Samsung QLED 8K TV ukuran 75 Inci

Selanjutnya, pihak Samsung pun mengatakan bahwa fitur AI Sound mampu menganalisa audio bersamaan dengan gambar secara real-time sehingga membuat suara yang didengarkan lebih optimal, lantang, dan jelas. Misalnya saja suara dialog menjadi lebih jernih ketika video pertandingan olahraga sedang diputar di TV QLED 8K.

Terakhir, Bixby memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dengan TV QLED 8K melalui perintah suara layaknya asisten pribadi. Bisa dibilang Samsung telah meningkatkan kemampuan Bixby dari tahun ke tahun agar hasilnya lebih optimal.

Samsung QLED 8K TV ukuran 65 Inci

Dengan fitur yang ditawarkan, TV QLED 8K ini dijual dengan harga yang mencapai Rp 80.499.000 untuk ukuran 65 inci, Rp 119.999.000 untuk ukuran 75 inci, Rp 166.999.000 untuk ukuran 82 inci, dan Rp 1.499.000.000 untuk ukuran 98 inci.

Khusus untuk ukuran 98 inci masih belum dijual di Indonesia. Menurut Gadgeter, apakah TV QLED 8K ini layak untuk dimiliki?

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar