Gadget

Menjajal Samsung QLED 8K 98″ – TV 1,5 Miliar yang Cocok untuk Para Sultan

Samsung TV QLED 8K 98"

Saya masih ingat ketika saya kecil, TV layar datar berukuran 32 inci itu adalah sebuah kemewahan. Kini, TV 32 inci sudah sangat umum dan harganya terjangkau. Lalu seperti apakah TV masa depan kelas atas? Jawabannya adalah TV QLED 8K.

Pada Samsung Forum 2019 yang diselenggarakan di Singapura tanggal 25 Maret kemarin, Samsung memperlihatkan pencapaian tercanggih mereka untuk sebuah TV dengan menghadirkan TV Samsung QLED 8K berukuran 98 inci.

TV tersebut dilengkapi dengan teknologi teranyar di dunia TV yaitu quantum dot LED (QLED) yang diklaim dapat membuat gambar yang dihasilkan oleh TV menjadi lebih cerah dan tajam.

Samsung TV QLED vs Conventional TVPerbandingan TV dengan teknologi QLED dan konvesional

Ukuran layarnya yang besar dan kualitas gambar yang mecengangkan membuat saya serasa melihat langsung objeknya ketika menonton video beresolusi tinggi di TV Samsung QLED 8K.

Selain digunakan sebagai TV biasa, TV dari Samsung ini juga menarik untuk digunakan bermain game, presentasi kantor, atau bahkan sebagai home teather jika jika dikombinasikan dengan sound system yang tepat.

TV Samsung QLED 8K 98″ juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti AI Sound untuk optimalisasi output audio, Ambient Mode untuk mengubah TV menjadi sebuah figura digital karya seni ketika tidak digunakan, dan kecerdasan buatan Bixby.

Samsung TV QLED 8K 98 inchTV Samsung QLED 8K 98″ ukurannya sangat besar, tingginya bahkan setengah tinggi orang dewasa

Satu pertanyaan yang muncul untuk TV bersolusi besar 8K ini adalah bagaimana dengan kontennya? Karena percuma memiliki TV dengan resolusi tinggi namun tidak ada konten yang dapat memanfaatkan resolusi tersebut.

Solusinya adalah dengan teknologi AI Upscaling dari Samsung. Dengan teknologi ini, input gambar beresolusi rendah dapat ditingkatkan kualitasnya agar dapat dimainkan di TV 8K dengan baik. Kesemua ini diproses oleh prosesor quantum yang disematkan oleh Samsung dalam TV QLED 8K mereka.

Saya sendiri sudah melihat langsung hasil dari fitur AI Upscaling ini. Hasilnya cukup mengagumkan, video dengan resolusi standar pun jadi dapat ditampilkan dengan lumayan layak di TV QLED 8K yang berukuran 98″.

Samsung TV QLED 8K AI Upscaling SD
Demo fitur AI Upscaling di TV Samsung QLED 8K 98″ dengan resolusi sumber gambar SD

Dengan segala kecanggihan yang dihadirkan oleh TV Samsung QLED 8K, harga TV ini tergolong sangat mahal. Harganya adalah sekitar 80 juta rupiah untuk ukuran 65″, 120 juta untuk 75″, 167 juta untuk 82″, dan yang paling mahal 1,5 milyar untuk 98″.

Harganya yang mahal adalah wajar melihat teknologinya terbilang masih baru dan ukurannya pun sangat besar untuk sebuah TV. Tidak menutup kemungkinan harganya akan turun di tahun-tahun berikutya layaknya TV 4K yang kini harganya sudah terjangkau.

Seluruh lini produk TV Samsung QLED 8K termasuk yang berukuran 98″ ini akan dijual resmi di Indonesia. Jadi untuk para “sultan” yang tidak mengenal kendala dana dalam memberi barang mahal, TV ini menarik untuk dibeli agar menonton TV serasa menonton di bioskop.

Tinggalkan Komentar