Tips dan Trik

Samsung Telah Merilis Galaxy Buds, Tapi Bagaimana Cara Memakai Headset Bluetooth Samsung Ini?

Cara Memakai Headset Bluetooth Samsung Galaxy Buds Header

Gadgetren – Selain Galaxy S10 Series, Samsung juga menghadirkan pesaing berat AirPods milik Apple tahun 2019 ini. Perangkat yang juga berwujud headset bluetooth tersebut adalah Samsung Galaxy Buds.

Sebenarnya, perangkat ini bukan perangkat headset bluetooth pertama dari Samsung. Sebelumnya, Samsung pernah mengeluarkan dua generasi headset bluetooth yang cukup mirip, yang dijuluki Samsung Gear IconX.

Dalam klaimnya, Samsung menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Buds mendapatkan beberapa peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya tersebut. Selain lebih ringan, hardware Galaxy Buds juga memperoleh peningkatan.

Oleh karena itu, perangkat headset bluetooth baru Samsung ini dapat bekerja lebih lebih tahan lama meskipun baterainya lebih kecil, dan bisa memiliki proses pengisian daya yang lebih cepat daripada generasi sebelumnya.

Cara Pairing Bluetooth Samsung Galaxy Buds

  1. Masukkan Galaxy Buds ke dalam charging case-nya
  2. Tutup wadah tersebut dan pastikan LED berkedip
  3. Jika tidak berkedip, lakukan pengisian daya minimal selama sepuluh menit
  4. Setelah baterai terisi, ditandai LED menyala, buka charging case untuk mengaktifkan mode pairing
  5. Selanjutnya hubungkan bluetooth ponsel dengan Galaxy Buds

Gambar Case dan Samsung Galaxy Buds

Sebagai catatan, untuk perangkat-perangkat Samsung Galaxy, pengguna dapat menghubungkan perangkatnya dengan menggunakan SmartThings. Sementara untuk perangkat Android lainnya, pengguna bisa mengunduh aplikasi Galaxy Wearable.

Selain itu, jika perangkatĀ  yang digunakan merupakan perangkat dengan sistem iOS, seperti iPhone atau iPad, maka pengguna hanya perlu menghubungkannya selayaknya perangkat bluetooth lainnya.

Cara Memakai Headset Bluetooth Samsung Galaxy Buds

Gambar Memakai Samsung Galaxy Buds

Setelah berhasil menghubungkan Samsung Galaxy Buds, pengguna dapat mengontrol musik maupun panggilan dengan menggunakan touchpad yang tersemat di perangkat tersebut.

KontrolMusikĀ Panggilan
Ketukan tunggalMemutar atau menjeda lagu
Ketukan gandaMemutar lagu selanjutnyaMenerima atau mengakhiri panggilan
Ketukan tiga kaliMemutar lagu sebelumnya
Tekan dan tahanMengatur volumeMenolak panggilan masuk, mematikan mikrofon saat sedang melakukan panggilan
Tekan dua kali dan tahanMengaktifkan Mode Pairing secara manual

Jika pengguna merasa kontrol agak membingungkan, beberapa gesture dari kontrol di atas masih bisa diatur sendiri oleh pengguna dengan menggunakan aplikasi Galaxy Wearable.

Selain itu, headset bluetooth terbaru Samsung ini juga mendukung pergantian mode dari stereo ke mono ataupun sebaliknya. Mode ini akan aktif secara otomatis, tergantung jumlah headset yang ada di dalam charging case.

Jika dalam charging case terdapat salah satu perangkat Galaxy Buds, maka mode suaranya akan berubah menjadi mono. Namun jika charging case-nya kosong alias kedua Galaxy Buds dipakai, maka mode suara akan berubah menjadi stereo.

Cara Membaca LED Indikator Samsung Galaxy Buds

Saat pengguna memasukkan kedua headset ke dalam charging case lalu menutupnya, LED Indikator akan menyala selama dua detik. Warna dari LED indikator tersebut menentukan jumlah daya yang tersisa dalam baterainya.

Jika LED menyala hijau, tandanya baterai masih di atas 60 persen. Jika menyala kuning, tandanya baterai berkisar antara 30 hingga 60 persen. Jika menyala merah maka baterai kurang dari 30 persen. Dan jika sudah berkedip merah dengan lambat maka baterai sudah habis.

LED indikator Samsung Galaxy Buds juga akan menyala saat melakukan pengisian daya. Saat sedang mengisi, LED indikator akan menyala merah dan akan berubah hijau saat sudah penuh. Sementara saat pengisian berhenti karena suhu yang tidak normal, LED akan berkedip merah dengan cepat.

Tinggalkan Komentar