Review Headphone

Review Redmi Buds 3 – Tahan Lama dan Bagus untuk Telepon

Redmi-Buds3-Feature

Kini earphone TWS (True Wireless Stereo) semakin murah dan terjangkau di Indonesia yang mana salah satunya adalah Redmi Buds 3 yang dijual dengan harga Rp499.000.

Dengan harga tersebut, Redmi Buds 3 ini menawarkan desain semi in-ear yang disesuaikan dengan telinga dan memiliki bobot yang bisa dibilang ringan. Untuk menunjang rutinitas penggunanya, earphone ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan kualitas suara yang baik.

Tak ketinggalan, Redmi Buds 3 juga dilengkapi dengan case bawaan yang dapat digunakan menyimpan earphone sekaligus mengisi daya baterainya.

Redmi Buds 3
  • Audio - 7/10
    7/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
7.8/10

Kesimpulan

Redmi Buds 3 ini adalah headphone nirkabel yang nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena mempunyai daya tahan baterai yang lama, tanpa kabel, dan memiliki fitur peredam bising ketika telepon.

Pros

  • Daya tahan baterai lama
  • Tahan debu dan cipratan air
  • Tidak mudah jatuh dari telinga
  • Ada fitur gesture
  • Terdapat peredam suara ketika telepon

Cons

  • Tidak ada fitur Active Noise Cancellation
  • Debu mudah menempel pada earphone dan case
  • Kurang nyaman ketika dipakai dalam waktu lama

Redmi-Buds3-Wearing

Mirip seperti AirPods, Redmi Buds 3 ini menggunakan desain semi in-ear yang didesain secara ergonomis untuk bisa disematkan pada telinga banyak orang dengan pas. Saya sendiri merasa bahwa perangkat ini mampu dengan pas tersemat di telinga.

Bahkan pada saat saya melakukan aktivitas outdoor seperti berjalan kaki atau olahraga, Redmi Buds 3 ini tidak jatuh sama sekali. Namun bahannya yang keras membuat saya tidak nyaman untuk memakainya terlalu lama. Saya pribadi lebih senang menggunakan earphone yang berbahan karet lembut.

Berkat dukungan driver dinamis 12mm, Redmi Buds 3 mampu menghasilkan suara dengan kualitas yang baik dan menghadirkan bass yang terdengar. Sementara dukungan chipset Qualcomm QCC3040 Bluetooth dan teknologi Bluetooth 5.2, membuat earphone ini mampu menghadirkan suara yang stabil serta lancar.

Redmi-Buds3-Earphone-Box

Saya merasakan bahwa Redmi Buds 3 dapat menghadirkan latensi yang rendah ketika digunakan untuk menonton video streaming, mendengarkan lagu streaming, maupun memainkan game.

Produk ini telah dibekali dengan dukungan mikrofon ganda yang dipadukan dengan Qualcomm cVc Echo Cancelling dan Noise Suppresion Technology sehingga mampu meredam bising area sekitar sehingga dapat berbicara terhadap penerima telepon dengan suara yang jelas.

Pada bagian pinggir luar earphone Redmi Buds 3 terdapat lingkaran cekung yang dapat digunakan untuk mendeteksi gesture dalam menjalankan beberapa fungsi di handphone, seperti tekan serta tahan salah satu earphone untuk memutar atau menjeda lagu, tekan dua kali untuk menerima panggilan telepon, dan tekan tiga kali untuk mengakhiri atau menolak panggilan.

Untuk bisa melakukan pengaturan gesture dari perangkat ini, saya pun menginstal aplikasi Mi Buds M8. Saya dapat mengatur gesture tekan serta tahan untuk mengaktifkan asisten suara, tekan dua kali untuk meningkatkan volume suara, dan tekan tiga kali untuk menurunkan volume suara.

Pada bagian pinggir dalam earphone ini terdapat sensor yang dapat mendeteksi saya sedang menyematkan Redmi Buds 3 atau tidak di telinga. Apabila earphone dilepas atau tidak tersemat, maka lagu yang diputar akan dijeda. Selanjutnya, lagu akan dimainkan kembali ketika earphone dipasang.

Redmi-Buds3-CloseUp

Redmi Buds 3 sendiri sudah dibekali dengan sertifikat IP54 yang diklaim Xiaomi mampu bertahan dari debu dan cipratan air serta keringat sehingga cocok untuk menunjang aktivitas outdoor maupun olahraga yang terkadang menghasilkan keringat atau tidak sengaja terkena rintik hujan.

Berbekal baterai 35 mAh, masing-masing earphone bertahan selama 4 jam 50 menit dari pukul 04.26 WIB ke 09.16 WIB ketika dipakai untuk mendengarkan musik dari kondisi 100% ke 10% dengan volume suara 50% secara nonstop.

Redmi-Buds3-Time

Dengan hadirnya case bawaan, Redmi Buds 3 mampu bertahan dengan waktu total mencapai 20 jam. Pengisian daya baterai dari earphone TWS ini pun mampu berjalan dengan cepat mencapai 1 jam 50 menit.

Setelah menggunakannya dalam beberapa minggu, saya merasa Redmi Buds 3 cukup memuaskan untuk mendukung rutinitas harian saya, terutama dapat digunakan dengan fleksibel tanpa adanya kabel.

Redmi-Buds3-From-Top

Daya tahan baterai menjadi salah satu nilai tambah bagi earphone ini karena saya dapat menggunakannya untuk aktivitas outdoor, olahraga, maupun pekerjaan yang terhubung secara video call dalam waktu yang cukup lama.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh Redmi Buds 3 pun termasuk baik apabila dilihat dari kisaran harga yang ditawarkan. Meskipun desainnya ergonomis, namun saya sendiri tidak terlalu nyaman ketika memakainya dalam waktu yang lama karena bahannya terasa keras.

Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, Redmi Buds 3 ini masih bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang mencari earphone TWS dengan dana di bawah satu juta rupiah karena masih memiliki banyak fitur yang menarik.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar