Laptop Review

Review Acer Swift 3 SF315-41 – Laptop Tangguh dengan AMD Ryzen 5 Di Dalamnya

Acer Swift 3 Ryzen 5 Header

Gadgetren – Acer menawarkan sebuah laptop bernama Swift 3 yang digadang bisa membantu penggunanya melewati aktivitas komputasi keseharian dengan nyaman dan mulus.

Acer Swift 3 ini dilengkapi prosesor tangguh, Ryzen 5, yang punya empat inti untuk menghadirkan performa cepat dan bertenaga. Prosesor generasi terbaru besutan AMD ini memang sempat mendobrak pasar komputer desktop karena mampu memberikan sesuatu yang berbeda dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Lalu apakah Ryzen 5 yang disematkan pada Acer Swift 3 SF315-41-R9DX ini menawarkan hal yang sama? Berikut ulasannya dari tim Gadgetren.

Ukurannya Besar Tapi Tetap Ramping

Acer Swift 3 merupakan laptop yang tergolong besar dengan dimensi 18,9 x 370,5 x 255 mm serta bobot mencapai 2.1 Kg. Menariknya laptop ini masih terbilang cukup tipis jika melihat bodinya yang besar.

Laptop ini secara keseluruhan terbuat dari bahan metal dengan kombinasi warna perak yang dominan dan hitam dibeberapa bagian. Permukaan penutup dan dalamnya memiliki sentuhan brushed metal untuk memberikan kesan premium dan berkelas.

Salah satu keuntungan memiliki bodi besar, Acer dapat menyematkan cukup banyak port di Swift 3. Pada bagian kanan terdapat port USB 2.0, SD Card, Kensington lock, dan lampu indikator sedangkan pada bagian kiri terdapat port dua buah USB 3.0, USB-C 3.1 Gen 1, HDMI, dan 3.5mm audio combo jack.

Selain itu terdapat WiFi 802.11ac dan Bluetooth untuk kebutuhan nirkabel, namun sayang tidak ada Ethernet port jika ingin menggunakan kabel RJ45 untuk internet yang lebih stabil.

Port AC Adapter juga berada di sebelah kiri, namun saya kurang menyukai jenis colokan yang Acer pilih untuk laptop ini. Ukurannya sangat kecil layaknya tusuk gigi sehingga membuat saya sedikit khawatir akan patah atau mudah goyang jika tersenggol tidak sengaja.

Cocok Untuk Menikmati Konten Multimedia

Acer Swift 3 ini memiliki layar 15,6 inci berpanel IPS yang punya resolusi Full HD 1080p. Digunakannya panel IPS menjamin warna yang diproduksi akurat dan kualitas gambar jernih. Selain itu juga IPS memungkinkan layar dapat tetap dilihat dari berbagai sudut pandang sehingga Acer membuat engsel layarnya dapat terbuka hingga 180 derajat.

Acer Swift 3 Ryzen 5 Layar

Menggunakan laptop ini untuk bekerja terasa sangat nyaman berkat ukuran layarnya yang luas dan resolusi yang sudah 1080p. Hal ini membuat saya dapat membuka beberapa jendala di Windows 10 secara bersamaan dan kontennya tetap dapat dilihat dengan jelas.

Soal audio, Acer Swift 3 dilengkapi dengan dua buah stereo speaker yang ditembakkan melalui bagian bawah laptop. Untuk kualitas suaranya sendiri terbilang lantang jika ingin mendengarkan musik atau sekedar menyaksikan video Youtube. Namun saya lebih tetap menyarankan menggunakan headphone tambahan sendiri untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Acer Swift 3 Ryzen 5 Touchpad

Bersamaan dengan itu, Acer Swift 3 menghadirkan keyboard dengan layout penuh termasuk tombol numpad di bagian kanan. Jarak antar tombol terbilang pas sehingga nyaman untuk digunakan. Tidak ada yang istimewa dari keyboard-nya tetapi juga tidak mengecewakan.

Di bawah keyboard terdapat touchpad dengan area cukup luas yang membuat jari mudah untuk menggerakan kursor ke setiap ujung layar. Selain touchpad, di bawah keyboard juga terdapat sensor fingerprint yang bisa digunakan menggantikan kata sandi untuk membuka sistem operasi.

Mumpuni untuk Bekerja dan Gaming

Acer Swift 3 SF315-41-R9DX yang saya coba ini menawarkan APU AMD Ryzen 5 2500U Raven Ridge yang memiliki 4 buah Core dan 8 Thread yang akan sangat berpengaruh untuk kebutuhan multitasking. CPU-nya sendiri memiliki kecepatan maksimal Boost mencapai 3,6GHz.

Kemampuan CPU ini bisa dikatakan seimbang dengan Core i5 generasi ke-8 sehingga dipastikan performa yang diberikan tergolong tangguh. Dalam tes Cinebench R15, Ryzen 5 yang ini mampu meraih nilai mencapai 421 cb.

Acer Swift 3 Ryzen 5 Spek

Di samping prosesor bertenaga untuk multi-tasking, laptop ini juga sudah dilengkapi dengan GPU Radeon Vega 8 berkat desain Accelerated Processing Unit (APU) besutan AMD untuk memberikan kemampuan olah grafis lebih baik dibandingkan kebanyakan integrated graphic. Kemampuan dari Radeon Vega sendiri bisa dikatakan sedikit di bawah GeForce MX150.

Oleh karena itu laptop ini dapat menjalankan segala jenis konten multimedia dengan lancar. Dan kombinasi dual-channel RAM 8GB DDR4 membuat Acer Swift 3 ini mampu menghadirkan performa yang bahkan bisa digunakan untuk bermain game sekalipun.

Selama saya gunakan dalam aktivitas keseharian, saya tidak merasakan masalah sama sekali dari segi performa. Membuka sangat banyak tab di browser secara bersamaan sambil mendengarkan musik melalui Spotify atau Youtube dapat diatasi dengan mudah. Sama halnya juga saat saya menjalankan aplikasi yang sering saya gunakan bekerja seperti Office atau edit foto ringan.

Acer Swift 3 Ryzen 5 Benchmark

Lalu bagaimana jika Acer Swift 3 ini dibawa bermain game? Jujur saja saya cukup terkejut akan performa gaming yang dihadirkan mengingat laptop ini tidak memiliki kartu grafis dedicated seperti Radeon RX460. Walaupun begitu ternyata laptop ini mampu menjalankan game-game populer dengan cukup lancar.

Grand Theft Auto 5 merupakan salah satu game yang saya coba karena tidak hanya populer saja tetapi juga akan menyiksa prosesor dikarenakan beban kalkulasi yang dibutuhkan pada game bertipe open world sangat lah tinggi. Game ini juga masih punya grafis yang bagus walaupun telah dirilis beberapa tahun lalu.

Dengan pengaturan grafis serendah mungkin dan resolusi 720p, GTA5 dapat dijalankan dengan sangat lancar bahkan bisa menyentuh 60 FPS dalam tes benchmark bawaan. Saat bermain game sesungguhnya, rata-rata saya mendapatkan 35 FPS, namun terkadang bisa di atas 50 FPS dalam beberapa adegan.

Acer Swift 3 Ryzen 5 Gaming(klik gambar untuk perbesar)

Beralih ke game yang lebih ringan, Pro Evolution Soccer 2018, Acer Swift 3 tentu saja dapat menjalankannya dengan sangat baik. Dengan pengaturan grafis High sekali pun masih saya masih mendapatkan lebih dari 30 FPS saat di dalam pertandingan walaupun bisa menurun hingga di bawah 20 FPS saat cutscene pembukaan sebelum bertanding.

Oleh karena itu bisa saya katakan kalau Acer Swift 3 masih sanggup dibawa bermain game saat waktu senggang selama game tersebut tidak terlalu berat. Memang mungkin harus ada sedikit kompromi soal kualitas grafis dibeberapa game, namun itu merupakan hal yang sangat dimaklumi.

Acer Swift 3 Ryzen 5 CDM

Satu hal yang mungkin sedikit menghambat kinerja dari Acer Swift 3 ini terletak pada jenis penyimpanannya. Acer membekali laptop ini dengan HDD 5400RPM berkapasitas 1TB (ada varian Swift 3 lainnya yang menggunakan SSD).

Maka dari itu kemampuan transfer data yang diberikan terasa kurang bisa menyeimbangi performa Ryzen 5. Proses booting sistem operasi terbilang cukup lama untuk perangkat di kelasnya, begitu juga untuk loading game. Walaupun begitu, kinerjanya sudah sangat mumpuni untuk digunakan kebutuhan dasar sehari-hari.

Daya Tahan Baterai yang Lumayan

Penggunaan APU Ryzen 5 yang sudah termasuk Radeon Vega tentunya akan menggunakan daya yang lebih rendah dibandingkan laptop yang menggunakan prosesor dan kartu grafis secara terpisah. Dengan begitu secara teori seharusnya laptop ini mempunyai daya tahan baterai di atas rata-rata.

Melalui uji coba menggunakan PCMark 8 dalam modus Work yang mensimulasikan aktivitas sehari-hari pengguna kantoran, Acer Swift 3 mampu bertahan selama 3 jam 38 menit. Melebihi kebanyakan laptop mainstream yang biasanya hanya bertahan sekitar 2 jam saja.

Acer Swift 3 Ryzen 5 Baterai

Saat saya gunakan di keseharian pun laptop ini dapat menyala sedikit di bawah estimasi tersebut, yakni sekitar 3 jam saat digunakan bekerja yang selalu terhubung jaringan WiFi secara terus menerus.

Tentu saja angka tersebut akan lebih rendah lagi jika digunakan untuk bermain game karena daya yang dibutuhkan untuk memberikan performa maksimal pastinya lebih tinggi.

Kesimpulan

Acer Swift 3 SF315-41-R9DX ini menceklis semua boks yang saya anggap dibutuhkan oleh kaum pelajar pada umumnya saat ini. Layar besar, performa tinggi, penyimpanan luas, dan daya tahan baterai yang mampu bertahan melewati kelas pembelajaran.

Hadirnya Ryzen 5 menjadi keunggulan utama dari laptop ini karena memungkinkannya untuk digunakan dalam berbagai jenis aktivitas dengan nyaman mulai dari sekedar browsing internet, menikmati konten multimedia, bahkan dibawa bermain game sekalipun.

Apalagi kaula muda sering sekali membuka segala jenis aplikasi tanpa memikirkan apakah laptop mampu atau tidak. Nah kombinasi APU Ryzen 5 dan RAM 8GB menjamin segala jenis kebutuhan dapat tetap terpenuhi dengan lancar.

Memang ada beberapa hal yang kurang sesuai dengan selera saya seperti ukurannya yang terlalu besar sehingga lebih menyulitkan untuk dibawa kemana-mana maupun speaker yang masih bisa lebih baik lagi. Namun secara keseluruhan Acer Swift 3 merupakan laptop yang cocok digunakan oleh hampir semua orang.

Kelebihan

  • Layar besar beresolusi 1080p
  • Performa tangguh dari Ryzen 5
  • Tidak terasa panas saat bekerja keras
  • Sudah memiliki sensor pindai jari
  • Port tersedia lengkap

Kekurangan

  • Ukuran bodi yang terlalu besar
  • Performa HDD yang kurang memuaskan
  • Speaker yang masih bisa lebih baik
Acer Swift 3 SF315-41
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • Acer Swift 3 SF315-41
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Februari 17, 2019
  • Layar dan Audio
    Editor: 80%
  • Performa Office
    Editor: 90%
  • Fitur
    Editor: 80%
  • Baterai
    Editor: 80%
  • Desain
    Editor: 80%

Tinggalkan Komentar