Tips dan Trik

2 Cara Cepat dan Mudah Screenshot di Perangkat Samsung Galaxy A9

Cara Screenshot Samsung Galaxy A9 2018 Header

Gadgetren – Mengambil screenshot saat ini telah menjadi salah satu fitur yang pasti ada pada setiap perangkat seluler, termasuk di dalamnya pada Samsung Galaxy A9 (2018) yang punya empat kamera utama.

Screenshot atau dalam istilah lain bisa disebut screen capture atau screen dump merupakan gambar yang diambil komputer (dalam hal ini adalah perangkat Samsung Galaxy A9) untuk mengambil tampilan yang muncul pada layar.

Biasanya, aktivitas ini dilakukan oleh sistem operasi induk atau perangkat lunak yang berjalan pada perangkat. Namun, meski demikian, tidak menutup kemungkinan screenshot dapat dihasilkan oleh kamera atau perangkat yang bisa menangkap keluaran gambar atau video.

Screenshot ini bisa digunakan untuk melakukan banyak hal, seperti untuk melakukan demonstrasi suatu program, menunjukkan permasalahan ke pada orang lain, atau hanya sekedar untuk melakukan pengarsipan.

Dan untuk menunjang setiap aktivitas para penggunanya, Samsung Galaxy A9 pun hadir juga dilengkapi dengan fitur screenshot yang sangat mudah dan cepat untuk digunakan. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Cara Melakukan Screenshot di Perangkat Samsung Galaxy A9 (2018) Dengan Kombinasi Tombol Fisik

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengambil cuplikan layar di Samsung Galaxy A9 adalah dengan menekan tombol volume down bersamaan dengan tombol power. Langkah ini bisa dilakukan setelah pengguna membuka tampilan yang ingin ditangkap layarnya.

Cara ini sangat membantu, terutama bagi para pengguna yang ingin mengambil tangkapan layar dengan menampilkan keyboard atau pada saat layar perangkat dalam kondisi tidak responsif.

Cara Melakukan Screenshot di Perangkat Samsung Galaxy A9 (2018) Dengan Fitur Palm Swipe to Capture

Selain menggunakan kombinasi tombol fisik, pengguna perangkat Samsung Galaxy A9 juga bisa menggunakan usapan telapak tangan untuk melakukan screenshot. Namun, sebelumnya, pengguna harus memastikan terlebih dulu fitur Palm Swipe to Capture di perangkatnya telah hidup.

Untuk mengecek sekaligus menghidupkannya, pengguna dapat masuk ke Settings, kemudian masuk ke Advanced Features dan pastikan opsi Palm swipe to capture ke posisi on. Jika belum, pengguna dapat mengetuk tombolnya ke posisi hidup.

Untuk menggunakannya, pengguna dapat membuka tampilan yang ingin ditangkap, kemudian mengusap layar dengan pinggiran telapak tangan dari kanan ke kiri atau juga bisa sebaliknya.

Tinggalkan Komentar