Tips dan Trik

Cara Mematikan Suara Shutter di Kamera OPPO Buat Kamu yang Tidak Ingin Ketahuan Sedang Memoto

Cara Mematikan Suara Kamera OPPO Header

Gadgetren – Karena tak ingin merasa risih saat mengambil foto, pasti banyak orang yang mematikan suara tombol shutter di kamera ponselnya, termasuk juga pada ponsel-ponsel buatan OPPO.

Bukan rahasia lagi, kamera adalah salah satu sektor yang cukup ditekuni oleh perusahaan OPPO dalam menghadirkan berbagai macam perangkat ponsel buatannya ke pasaran, terutama sektor kamera selfie.

Hal ini tentu saja dilakukan oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut dengan membekali perangkatnya dengan software kamera yang mengusung berbagai macam pengaturan agar pengguna dapat lebih leluasa dalam menggunakannya.

Salah satu di antaranya adalah pengaturan suara shutter, yang bisa digunakan oleh para pengguna untuk mengelola apakah mereka akan menggunakan suara shutter atau tidak saat mengambil foto.

Hal ini cukup penting, terutama bagi mereka yang tidak ingin ketahuan saat mengambil foto, karena saat suara dimatikan, tinggal lampu flash yang menjadi indikator bahwa kita sedang memotret.

Pertanyaannya, bagaimana cara menggunakan pengaturan ini? Nah, bagi kamu yang belum tahu caranya, berikut ini ulasan lengkap cara mematikan atau menonaktifkan suara shutter di perangkat OPPO.

Cara Mematikan Suara Shutter di Kamera OPPO

  1. Pertama-tama, masuk ke dalam Settings
  2. Selanjutnya gulir ke bawah dan pilih opsi System Apps
  3. Dari halaman System Apps, lalu masuk ke pengaturan Camera
  4. Kemudian ketuk pada Shutter Sound untuk menonaktifkannya
  5. Jika sudah, buka aplikasi kamera dan silahkan dicoba

Perlu diperhatikan, cara di atas merupakan cara yang bisa digunakan untuk perangkat OPPO A3s. Namun, seharusnya juga berlaku untuk beberapa ponsel terbaru buatan OPPO lain, terutama yang sama-sama mengusung ColorOS 5.1 berbasis Android 8.1 Oreo.

Sedangkan untuk perangkat OPPO lain yang lebih lama atau yang menggunakan ColorOS versi lebih baru, kemungkinan akan sedikit berbeda cara, dari mulai penempatan pengaturan hingga nama menu yang digunakan.

Sebagai tambahan informasi, ColorOS 6 baru saja dikenalkan oleh OPPO beberapa waktu lalu. Meskipun baru akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2019 mendatang, berbagai macam perubahan telah diumumkan, dari tampilan hingga fitur machine learning di dalamnya.

Tinggalkan Komentar