ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Suara Kamera HP vivo Biar Tidak Mengganggu

Cara Mematikan Suara Kamera vivo - Header

Gadgetren – Bunyi “cekrek” atau suara shutter umumnya akan terdengar saat kita mengambil foto dengan menggunakan kamera ponsel yang mana termasuk lini perangkat buatan vivo di dalamnya.

Suara khas tersebut akan menjadi penanda yang berguna untuk mencegah kita melakukan pengambilan gambar secara sembarangan. Jadi kita bisa lebih berhati-hati saat akan memfoto orang lain apalagi orang yang belum kita kenal.

Sayangnya bagi sebagian di antara kita, suara shutter kamera justru dianggap cukup mengganggu. Maka dari itu banyak yang mencoba untuk mematikan fungsi tersebut. Adapun untuk ponsel-ponsel buatan vivo, begini cara mengaturnya.

Cara Mematikan Suara Kamera HP vivo

  • Buka aplikasi kamera bawaan di ponsel vivo.
  • Ketuk tombol Settings (ikon roda gerigi) di pojok kanan atas.
  • Ketuk menu Sound di samping ikon speaker untuk mematikannya.

Perlu diingat bahwa antarmuka tampilan dari setiap model perangkat buatan vivo bisa berbeda-beda. Biasanya akan berkaitan erat dengan versi antarmuka sistem maupun generasi Android yang digunakan. Jadi kita kadang-kadang perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas.

Langkah-langkah di atas pun secara khusus berlaku untuk perangkat-perangkat buatan vivo yang sudah menggunakan antarmuka sistem Funtouch OS 3.0 ke atas. Sementara untuk Funtouch OS 2.6 ke bawah, kita perlu memakai cara berikut.

Versi Lawas

  • Masuk ke aplikasi kamera bawaan vivo.
  • Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas.
  • Ketuk tombol Sound (ikon speaker).

Baik Funtouch OS generasi baru mau lawas sebenarnya mempunyai langkah-langkah yang hampir serupa. Hanya saja penamaan maupun tampilan menu untuk melakukan pengaturan di aplikasi kameranya memang dibuat sedikit berbeda.

Selain menggunakan setelan langsung di dalam aplikasi kamera, kita juga dapat memanfaatkan pengaturan sistem untuk mematikan suara shutter di ponsel vivo. Kita dalam hal ini dapat memanfaatkan fungsi dari Mode diam.

Lewat Mode Diam

  • Buka Quick Settings dengan mengusap layar dari atas ke bawah.
  • Cari tombol Silent mode (ikon lonceng).
  • Ketuk tombol tersebut untuk mengaktifkan mode diam.

Meskipun tersedia di bagian Quick Settings, kita juga dapat mengaktifkan mode diam melalui halaman pengaturan di ponsel vivo. Kita tepatnya dapat mengaturnya lewat Settings > Sound and vibration.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar