ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mematikan Suara Kamera Instagram Biar Bikin Konten Lebih Nyaman!

Cara Mematikan Suara Kamera Instagram - Header

Gadgetren – Secara mendasar dukungan kamera di dalam aplikasi Instagram memang tidak menyediakan pengaturan yang dapat digunakan untuk menonaktifkan suara shutter saat kita memfoto.

Padahal bagi sebagian di antara kita, pengaturan tersebut cukup diperlukan. Suara cekrek yang keluar soalnya kadang-kadang justru terasa mengganggu meskipun sebenarnya dirancang untuk mencegah kita melakukan pengambilan gambar secara sembarangan.

Untuk menonaktifkan suara shutter fungsi kamera di Instagram, kita makanya perlu menggunakan bantuan dari sistem di dalam ponsel maupun aplikasi lain. Kita dalam hal ini di antaranya dapat memanfaatkan beberapa metode berikut.

Cara Mematikan Suara Kamera Instagram

  • Buka Quick Panel dengan menyapu layar dari atas ke bawah.
  • Cari pintasan Tombol Mute atau Silent (ikon lonceng).
    Cara Mematikan Suara Kamera Instagram - 1
  • Ketuk tombol tersebut untuk mengaktifkan mode diam.
  • Setelah mode diam aktif, buka aplikasi Instagram.
  • Gunakan fungsi kamera sesuai kebutuhan.
  • Matikan mode diam dengan mengetuk kembali tombol Mute atau Silent di Quick Panel.

Salah satu di antaranya, kita dapat memanfaatkan mode diam di dalam ponsel. Pengaturan suara dari sistem maupun aplikasi di mana termasuk bunyi kamera Instagram soalnya akan dimatikan sepenuhnya ketika kita memakai dukungan ini.

Pengaturan untuk mengaktifkan mode diam di ponsel pun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Selain melalui Quick Panel seperti ulasan di atas, kita umumnya juga dapat memanfaatkan pintasan berbentuk lonceng yang akan muncul bersama menu pengaturan suara saat kita menekan tombol volume.

Cara Mematikan Suara Kamera Instagram - 2

Kita juga dapat mengaktifkan mode diam melalui halaman pengaturan utama ponsel. Biasanya bisa diakses melalui menu setelan Sound & vibration yang mana letaknya bisa berbeda-beda untuk setiap model perangkat.

Memanfaatkan Aplikasi Kamera Bawaan Ponsel

  • Buka aplikasi kamera bawaan.
  • Masuk ke menu Settings atau More options.
    Cara Mematikan Suara Kamera Instagram - 3
  • Cari pengaturan Shutter Sound.
    Cara Mematikan Suara Kamera Instagram - 4
  • Matikan pengaturan tersebut.
  • Lakukan pengambilan gambar sesuatu kebutuhan.
  • Buka Instagram lalu unggah hasilnya.

Selain menggunakan mode diam, kita pun bisa memanfaatkan kamera bawaan ponsel untuk mengambil gambar lalu menggunakan fitur unggah di Instagram. Kebanyakan manufaktur membekali dukungan untuk mematikan suara shutter di aplikasinya.

Hanya saja setiap model perangkat kemungkinan mempunyai antarmuka tampilan kamera bawaan yang berbeda satu sama lain. Jadi cara mengaturnya bisa saja tidak seperti ulasan di atas. Pada beberapa ponsel, kita kemungkinan perlu menyesuaikan sebagian langkah-langkahnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar