ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Suara Kamera HP OPPO Agar Shutter Tidak Terdengar

Cara Mematikan Suara Kamera HP OPPO Header

Gadgetren  Hampir semua ponsel termasuk buatan OPPO sudah memiliki kemampuan kamera yang dapat menghasilkan foto dengan bagus tanpa perlu repot-repot.

Hal ini pastinya membuat banyak dari kamu yang mengandalkan kamera ponsel untuk mengabadikan momen berharga. Biasanya pada saat kamu sedang memotret di ponsel akan muncul suara shutter kamera yang menyimulasikan suara kamera konvensional.

Sementara pada ponsel OPPO terbaru sudah dihadirkan fitur yang dapat mematikan suara kamera sehingga tidak akan ada suara terdengar ketika mengambil foto.

Cara Mematikan Suara Kamera HP OPPO

  1. Buka kunci layar ponsel OPPO.
  2. Akses aplikasi Camera bawaan.
    Matikan Suara Kamera OPPO - 1
  3. Pada halaman utama (Photo), tekan tombol More berikon tiga garis di bagian kanan atas.
    Matikan Suara Kamera OPPO - 2
  4. Pada menu pop-up yang muncul, klik menu Settings berikon mur segi enam.
    Matikan Suara Kamera OPPO - 3
  5. Lalu tekan tombol Shutter sound ke arah mati
    Matikan Suara Kamera OPPO - 4

Setelah fitur Shutter sound dimatikan nantinya tidak akan terdengar suara kamera dari ponsel OPPO setiap kamu memotret foto. Perlu dicatat bahwa pada beberapa negara maju seperti Jepang dan Korea Selatan mewajibkan suara shutter akibat adanya perlindungan hak individu agar tidak sembarangan memotret.

Namun pada sebagian negara berkembang, suara kamera ponsel OPPO boleh-boleh saja dapat dimatikan. Dengan begitu, kamu harus bijak ketika memotret di tempat umum agar tidak mengganggu orang lain.

Selain mematikan Shutter Sound, kamu juga dapat menambahkan lokasi foto pada halaman Settings di aplikasi Camera agar dapat secara mudah untuk mengetahui tempat foto diambil secara langsung.

Selain itu pada halaman Settings di aplikasi Camera, kamu juga dapat menentukan besarnya resolusi dan kecepatan fps ketika merekam video dengan menggunakan kamera belakang maupun depan.

Ponsel buatan OPPO awalnya memang dikenal membawa kamera selfie yang unggulan lengkap dengan fitur edit yang beragam sehingga banyak digunakan oleh kawula muda dalam berbagi foto di media sosial.

Oleh karena itu untuk memudahkan kamu dalam mengabadikan momen berharga, OPPO sendiri telah menyematkan beragam fitur-fitur pemotretan pada aplikasi Camera bawaan untuk menghasilkan foto yang menarik dan berkualitas bagus.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar