Tips dan Trik

Cara Menyembunyikan Aplikasi Bawaan iPhone di iOS 12 Biar Tidak Digunakan Sembarang Orang

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Terhitung belum cukup lama Apple meluncurkan iOS 12 ke publik, namun ternyata pengguna sistem terbaru ini telah mencapai hampir dari setengah populasi dari penggunanya.

Bahkan dalam data yang diungkapkan oleh CNN Indonesia, jumlah adopsi sistem terbaru dari iOS ini telah melebihi 50 persen dari populasi pengguna perangkat besutan Apple, atau secara lebih rinci saat tulisan diterbitkan telah mencapai 53 persen pengguna.

Tidak bisa dipungkiri, sistem terbaru dari iOS (yang sebelumnya disebut dengan iPhone OS) ini menawarkan berbagai macam fitur baru dan peningkatan performa yang cukup apik, terutama bagi pengguna iPhone lawas.

Secara teknis, iOS 12 memang dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih cepat dan responsif bagi para pengguna perangkat buatan Apple. Bahkan menariknya, sistem operasi terbaru ini dapat memberikan peningkatan hingga dua kali lebih cepat saat digunakan untuk multitasking.

Di segi fiturnya, Screen Time menjadi salah satu fitur yang menjadi perhatian. Fitur ini merupakan fitur terbaru iOS yang memungkinkan para pengguna untuk mengetahui berapa banyak waktu dihabiskan oleh pengguna dan anaknya untuk aplikasi, situs web, dan lainnya.

Melalui fitur terbaru iOS ini, para pengguna iOS pun dapat menyembunyikan aplikasi-aplikasi bawaan spesifik dari perangkat iPhone, termasuk Mail, Safari, FaceTime, Camera, Siri & Ditaction, dan aplikasi lainnya,  agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang, termasuk oleh anak-anaknya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Bawaan iPhone di iOS 12

  1. Buka Settings dan masuk ke dalam opsi Screen Time
  2. Kemudian hidupkan opsi Screen Time dengan mengetuk Turn On Screen Time
  3. Klik tombol Continue dilanjutkan dengan tombol This is My iPhone pada halaman selanjutnya
  4. Selanjutnya pilih Content & Privacy Restrictions
  5. Kemudian masuk ke dalam opsi Allowed Apps, dan pilih aplikasi bawaan iPhone yang ingin kamu sembunyikan

Sebagai catatan, dengan menggunakan fitur ini kamu akan diminta untuk memasukkan passcode yang kamu gunakan di perangkat. Dan kamu tidak perlu khawatir, aplikasi yang kamu miliki tidak terhapus dari perangkat tersebut.

Selain bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi bawaan, fitur Content & Privacy Restrictions juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk untuk membatasi anak-anak agar tidak bisa memasang, menghapus, atau membeli aplikasi dari App Store.

Fitur ini pun bisa digunakan untuk membatasi konten dari web, konten dari penelusuran Siri, Game Center, peringkat dari aplikasi yang bisa digunakan, dan juga membatasi privasi-privasi dari pengaturan lainnya.

Tinggalkan Komentar