Berita Smartphone

Huawei Rilis Smartphone Gaming Mate 20 X dengan RAM 6GB & Baterai 5000 mAh

Huawei Mate 20 X Header

Kini smartphone gaming semakin populer di dunia sehingga banyak vendor yang berlomba-lomba meluncurkan perangkat dengan spesifikasi hardware tinggi dan fitur menarik untuk memenuhi kebutuhan bermain game.

Tak mau ketinggalan, Huawei pun meluncurkan smartphone gaming terbarunya yang bernama Mate 20 X. Untuk itulah, dapur pacunya dipercayakan pada chipset buatan Huawei sendiri yang bernama Kirin 980 Octa-core.

Sebagai chipset dengan teknologi proses 7nm pertama di dunia, performa yang dapat dihasilkan oleh Kirin 980 bisa dibilang luar biasa. Bahkan lengkap dengan Dual-NPU yang mampu mengendalikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dengan bagus.

Huawei Mate 20 X Nulis

Sementara itu GPU Mali-G76 mendampingi chipset tersebut yang diklaim oleh pihak Huawei lebih cepat 50% dibandingkan dengan Mali-G72. Untuk mengimbangi chipset dan GPU tersebut, Huawei Mate 20 X juga dibekali dengan RAM 6 GB dan storage internal 128 GB.

Dengan kombinasi hardware ini dapat membuat smartphone melahap game atau aplikasi berat sekalipun. Bahkan teknologi GPU Turbo 2.0 membuatnya dapat meningkatkan performa GPU, namun dengan penurunan konsumsi daya sehingga penggunanya dapat bermain game lama dengan performa kencang.

Menariknya lagi teknologi Huawei Supercool juga telah hadir dalam smartphone yang satu ini, dimanan menggabungkan Vapor Chamber dan Graphene Film sehingga membuat suhu Huawei Mate 20 X tetap stabil meskipun penggunanya berlama-lama dalam bermain game.

Bahkan smartphone ini pun memiliki aksesoris tambahan Gamepad yang dapat ditempelkan ketika sedang bermain game sehingga penggunanya dapat dengan nyaman bermain game seperti sedang bermain di portable console.

Soal urusan fotografi, Huawei Mate 20 X ini memiliki 3 kamera utama dengan konfigurasi seperti Mate 20 Pro yang terdiri dari 40 MP berlensa wide-angle apertur f/1.8 + 20 MP berlensa ultra-wide apertur f/2.2 + 8 MP berlensa telephoto f/2.4, OIS (Optical Image Stabilization), HDR, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto apapun dengan bagus.

Selain mampu menghasilkan foto jarak jauh tanpa pecah berkat 3x Optical Zoom dan 5x Hybrid Zoom, kamera utama smartphone yang satu ini juga mampu menghasilkan foto dengan bokeh (background blur) dan area luas dengan cepat.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 24 MP yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie menarik. Bahkan foto selfie dapat lebih artistik lagi dengan menggunakan fitur 3D Lighting Portrait.

Untuk menantang Galaxy Note 9, smartphone yang satu ini juga memliki M-Pen yang memiliki fungsi mirip S-Pen dengan 4.096 tingkat tekanan sehingga penggunanya dapat menulis, mencoret, maupun menggambar di Huawei Mate 20 X seperti layaknya di kertas biasa.

Baterai berkapasitas 5000 mAh yang hadir pada smartphone ini pun diklaim mampu bertahan lama hingga seharian dalam pemakaian normal. Selain itu, dukungan pengisian daya baterai cepat SuperCharge pun telah hadir di dalamnya.

Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 7,2 inci dengan resolusi Full HD+ (2244 x 1080 piksel), berteknologi OLED, dan beraspek rasio 18.7:9 yang memenuhi bagian depannya. Sementara poni atau notch yang dimilikinya mirip dengan desain waterdrop Mate 20, Vivo V11 Pro, atau OPPO F9.

Tak ketinggalan, sensor fingerprint, Face Unlock, sensor Inframerah, NFC, port USB Type-C, port jack audio 3,5mm, Nano Micro Huawei 256 GB, dan EMUI 9.0 berbasiskan Android 9.0 Pie telah hadir di dalam smartphone ini. Huawei Mate 20 X memiliki harga yang mencapai 900 Euro atau sekitar Rp 15,7 juta, namun tidak beserta M-Pen dan Gamepad.

[Sumber : Gizmochina]

Tinggalkan Komentar