ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Mate 20 X 5G Diluncurkan, Smartphone Huawei 5G Pertama di Dunia

Huawei Mate 20 X 5G Featurez

Gadgetren – Pada bulan Oktober 2018 silam, Huawei telah meluncurkan smartphone yang fokus terhadap gaming dengan nama Mate 20 X.

Ternyata pada Juli 2019 ini, Huawei meluncurkan varian 5G dari perangkat tersebut dengan nama Mate 20 X 5G. Kali ini Mate 20 X 5G menjadi smartphone Huawei 5G pertama di dunia.

Perangkat ini mendapatkan dukungan jaringan 5G dari modem Balong 5000 5G yang memungkinkan pengguna smartphone ini bisa menikmati kecepatan download internet yang super cepat mencapai 4,6 Gbps. Sementara jaringan 5G sendiri memang ditujukkan untuk masa depan, dimana smartphone dapat terhubung dengan perangkat lainnya melalui sistem IoT (Internet of Things).

Tak hanya kemampuan 5G, Mate 20 X 5G juga dibekali dengan chipset Kirin 980 Octa-Core yang sangat cepat dan hemat dalam mengonsumsi daya baterai berkat penggunaan teknologi proses 7nm.

RAM 8 GB dan storage internal 256 GB juga telah dibenamkan dalam smartphone ini untuk mendukung performa dari chipset buatan Huawei tersebut. Penggunanya juga dapat menambahkan Nano Memory hingga 256 GB apabila kapasitas internalnya dirasa kurang lega.

Berbeda dengan Mate 20 X yang mempunyai kapasitas 5.000 mAh, baterai dari Mate 20 X 5G memiliki kapasitas yang lebih kecil dengan mencapai 4.200 mAh. Meskipun begitu, Huawei mengklaim bahwa daya tahan baterai smartphone ini lama ketika digunakan dalam pemakaian normal.

Fitur 40W SuperCharge juga telah dihadirkan pada smartphone terbaru ini yang memungkinkan pengisian daya baterai dapat berjalan dengan super cepat. Sensor fingerprint smartphone ini berada di belakangnya.

Beralih ke bagian depan, Huawei Mate 20 X 5G ini dilengkapi dengan layar 7,2 inci yang beresolusi Full HD (2244 x 1080 piksel), berteknologi OLED, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass, dan beraspek rasio 18.7:9 yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya.

Soal urusan fotografi, smartphone ini telah dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 40 MP, kamera telephoto 8 MP, dan kamera ultra-wide 20 MP yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Menariknya, kamera belakang dari produk ini merupakan hasil kerja sama dengan Leica. Sedangkan kamera depannya mempunyai resolusi 24 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau video call dengan baik.

Huawei Mate 20 X 5G ini dilengkapi juga dengan Face Unlock, WiFi, Bluetooth, dan EMUI 9.1 berbasiskan sistem operasi Android 9.0 Pie. Huawei membanderol smartphone ini dengan harga mencapai 6199 Yuan atau sekitar Rp 12,6 juta.

[Sumber : Gizmochina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar