Gadget Smartphone

Lenovo K9 VS Vivo V9. Lama Tak Berkiprah Tapi Apakah Masih Bisa Bersaing?

Lenovo K9 VS Vivo V9 Header

Gadgetren – Lama tak terdengar kabarnya, perusahaan Lenovo akhirnya merilis ponsel baru untuk menyasar pasar di kelas menengah ke bawah. Ponsel baru tersebut adalah Lenovo K9 yang dijual Rp 2 Jutaan.

Ponsel baru buatan Lenovo ini cukup berbeda dengan ponsel-ponsel Lenovo sebelumnya, di mana ponsel ini tidak dikembangkan oleh Lenovo sendiri di Tiongkok, tetapi dikembangkan oleh InOne Technology asal Amerika Serikat.

Namun meskipun demikian, apakah perangkat baru ini dapat bersaing dengan ponsel-ponsel menengah lainnya, termasuk Vivo V9 salah satunya? Bagi yang penasaran, berikut ini ulasan mengenai perbandingan Lenovo K9 VS Vivo V9 tersebut.

Lenovo K9 VS Vivo V9

Layar

Perangkat Lenovo K9 membawa layar dengan ukuran 5,7 inci beresolusi HD+ dan aspek rasio 18:9. Sementara itu, perangkat Vivo V9 membawa layar dengan ukuran 6,7 inci beresolusi FHD dan aspek rasio 19:9.

Performa

Perangkat Lenovo K9 dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P22 ditunjang RAM berkapasitas 3 GB dan memori internal 32 GB sebagai dapur pacunya. Sedangkan perangkat Vivo V9 membawa chipset buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 450, dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Kamera

Di sektor fotografinya, perangkat Lenovo K9 telah dilengkapi dengan empat buah lensa kamera, alias teknologi kamera ganda di kedua bagian kameranya, yang masing-masing membawa kombinasi lensa 13 MP + 5 MP.

Sedangkan perangkat buatan Vivo masih mengandalkan kamera tunggal beresolusi besar (24 MP) pada kamera depannya dan teknologi kamera ganda dengan kombinasi 13 MP + 2 MP pada kamera utamanya.

Baterai

Perangkat Lenovo K9 hanya dibekali dengan dukungan baterai berkapasitas sebesar 3.000 mAh, yang notabene lebih kecil dari perangkat Vivo V9 yang telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas sebesar 3260mAh.

Fitur

Kedua perangkat ini cukup setara dalam urusan fitur, di mana keduanya telah dibekali dengan sistem Android 8.1 Oreo, fitur Face Unlock, sensor finggerprint, dan lain sebagainya. Hanya saja Lenovo K9 telah dilengkapi dengan port USB Type-C.

Harga

Lenovo K9 akan hadir secara resmi dengan harga Rp 2.199.000, tapi akan menjadi Rp 1.799.000 untuk tahap flash sale tanggal 11 Oktober 2018 mendatang. Sementara Vivo V9 masih dijual dengan harga Rp 3.599.000.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri, meskipun dijual dengan harga yang lebih mahal, Vivo V9 memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan Lenovo K9. Termasuk di antaranya adalah ukuran layar, resolusi kamera, dan daya tahan baterai.

Walaupun demikian, bukan berarti Lenovo K9 buruk. Perangkat yang dijual dengan harga yang lebih murah ini pun memiliki beberapa kelebihan, termasuk di sektor kamera utama dan dukungan USB Type-C dengan beragam kelebihannya.

Leave a Comment