Berita Tips dan Trik

Cara Mudah dan Aman Update Ke MIUI 10, Ada?

Cara Update MIUI 10 Global Public ROM Header

Gadgetren – Sebagaimana perusahaan pengembang ponsel lain, Xiaomi senantiasa melengkapi kebanyakan ponsel buatannya dengan sistem Android yang telah dikostumisasi sedemikian rupa, yang bernama MIUI.

MIUI atau kependekan dari Mobile Internet (dan Mission Impossible) User Interface merupakan firmware khusus yang dikembangkan oleh Xiaomi sendiri untuk stok firmware perangkat-perangkat buatannya, maupun alternatif firmware bagi perangkat-perangkat buatan vendor lain.

Berbeda dengan sistem asli dari Android, kustomisasi dari sistem MIUI memberikan beberapa kelebihan, termasuk antarmuka yang lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, serta beberapa utilitas tambahan di dalamnya.

Dengan beberapa kelebihan tersebut, pembaruan MIUI selalu dinanti-nanti oleh para penggemarnya. Dalam hal ini, Xiaomi telah mengumumkan sistem terbarunya, yakni MIUI 10, pada tanggal 14 Juni 2018 lalu.

Meskipun sampai dengan saat ini sistem terbaru Xiaomi tersebut masih dalam tahap pengujian beta, tapi para pengguna telah memiliki kesempatan untuk mencoba beberapa keunggulan dari sistem tersebut.

Cara Update ke MIUI 10 Untuk Pengguna Beta Tester

Untuk mencicipi bagaimana gurihnya sistem MIUI 10, para pengguna dapat melakukannya dengan beberapa cara. Cara yang cukup banyak digunakan adalah dengan menginstal secara manual sistem tersebut.

Namun cara ini tidak kami sarankan apalagi bagi pengguna awam dan tidak akan kami ulas, karena cukup berisiko untuk melakukannya, di mana kamu harus membuka bootloader dan memasang custom recovery TWRP di perangkatnya.

Cara yang kedua, kamu dapat menginstal ROM recovery sesuai dengan perangkatmu, yang bisa diunduh melalui laman download berikut dan memilih versi Developer. Setelah itu, kamu bisa menginstal ROM Recovery tersebut melalui System Updater bawaan Xiaomi.

Dalam hal ini, kamu bisa menempatkan ROM Recovery MIUI 10 di memori perangkat maupun memori eksternal, kemudian masuk ke Settings > About Phone > System Update, pilih tiga titik di pojok kanan atas, dan pilih Choose Update Packages.

Selanjutnya, cari lokasi tempat kamu menyimpan file ROM Recovery MIUI 10, pilih file tersebut dan klik OK, lalu pilih Erase and update, kemudian tunggu proses reboot perangkatmu hingga selesai.

Cara yang ketiga hampir sama dengan cara yang kedua, namun hanya berlaku bagi kamu yang menggunakan perangkat dengan sistem MIUI 9 versi beta. Kamu hanya perlu masuk ke system update, kemudian memilih tiga titik, dan memilih Download Update.

Namun perlu diperhatikan, semua cara di atas mengandung risiko, di mana data-data pribadi pengguna, dari mulai aplikasi, gambar, musik, hingga video, akan terhapus. Selain itu pun, kamu juga harus ingat password dan akun MI terdaftar yang kamu miliki.

Cara Paling Mudah dan Aman Update MIUI 10

Cara yang paling mudah dan paling aman jika perangkatmu tidak menggunakan sistem MIUI 9 versi beta adalah dengan menunggu pembaruan OTA secara resmi dari Xiaomi, dan menginstalnya melalui system updater perangkat.

Terkhusus bagi kamu yang benar-benar awam dalam urusan oprek-mengoprek perangkat elektronik, sebaiknya kamu sabar menunggu pembaruan secara resmi, karena pasti pembaruannya tidak lama lagi, mengingat pengembangannya sudah di tahap pengujian beta.

Leave a Comment