Smartphone

Samsung Galaxy J8 vs OPPO F7. Mana HP RAM 4 GB Terbaik?

Samsung Galaxy J8 Header

Gadgetren – Setiap tahunnya Samsung selalu menghasilkan smartphone di berbagai kelas, baik bawah, menengah, maupun atas. Bisa dibilang perusahaan asal Korea Selatan ini cukup sukses dengan ketiga kelas ini dan membuktikan menjadi nomor satu di dunia.

Dalam pasar kelas menengah di Indonesia, smartphone Samsung Galaxy J8 sedang ramai dibicarakan oleh orang-orang karena memiliki spesifikasi hardware yang menarik dan kemampuan kamera yang baik.

Sementara itu, banyak orang yang penasaran mengenai perbandingan antara Samsung Galaxy J8 dan OPPO F7. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan keduanya maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Samsung Galaxy J8 vs OPPO F7

Spesifikasi Hardware

Sebagai smartphone kelas menengah, Samsung Galaxy J8 telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang terkenal hemat dalam mengonsumsi daya baterai, namun memiliki performa yang kencang.

RAM 4 GB dan storage internal 64 GB dipercaya untuk mengimbangi chipset dari Galaxy J8 ini. Selanjutnya, OPPO F7 menggunakan chipset MediaTek Helio P60 yang menggunakan teknologi 12nm sehingga performanya kencang. Sementara itu, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB telah hadir di dalamnya.

Layar

OPPO F7 memiliki poni atau notch pada bagian atasnya mirip iPhone X. Sementara layar IPS F7 memiliki lebar 6,23 inci dengan resolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel) dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya.

Untuk Samsung Galaxy J8 mempunyai layar penuh Super AMOLED 6 inci dengan resolusi HD+ (1.480 x 720 piksel) dan beraspek rasio 18,5:9. Namun Galaxy J8 tidak menggunakan poni atau notch sama sekali.

Baterai

Samsung Galaxy J8 memiliki baterai 3500 mAh yang kapasitasnya lebih besar dibandingkan milik OPPO F7 yang mempunyai baterai 3400 mAh. Selain itu, Snapdragon 450 Octa-core yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai membuat Galaxy J8 lebih tahan lama.

Kamera

Soal urusan fotografi, Samsung Galaxy J8 dilengkapi dengan dua kamera belakang 16 MP + 5MP dan kamera depan 16 MP. Sementara OPPO F7 dibekali dengan kamera belakang 16 MP dan kamera depan 25 MP.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dilengkapi dengan sensor fingerprint, jaringan 4G-LTE, dukungan dua kartu SIM, port microUSB 2.0, FM Radio, GPS, Bluetooth, port jack audio 3,5mm, dan sistem operasi Android Oreo.

Harga

Samsung Galaxy J8 dengan RAM 4 GB ini memiliki harga yang mencapai Rp 3,9 juta. Sementara OPPO F7 varian RAM 4 GB mempunyai harga Rp 4,2 juta dan RAM 6 GB memiliki harga yang mencapai Rp 5,3 juta.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari daya tahan baterai, kamera belakang, dan harga maka Samsung Galaxy J8 bisa menjadi unggulan. Sementara jika dilihat dari performa, spesifikasi hardware, kamera depan, dan desain maka OPPO F7 dapat menjadi pilihan.

Tinggalkan Komentar