Gadget Smartphone

Samsung Galaxy J8 (2018) VS Samsung Galaxy A6 (2018): Harga Sama Tapi Spesifikasi Berbeda?

perbandingan samsung galaxy J8 vs A6 2018 Header

Gadgetren – Saat kamu punya dana sebesar Rp 3 Juta, kamu kini akan menjumpai dua perangkat Samsung yang bisa dibeli. Perangkat tersebut adalah Samsung Galaxy J8 (2018) dan Samsung Galaxy A6 (2018).

Dua perangkat ini bisa menjadi pilihan terbaikmu, mengingat keduanya sama-sama menawarkan build quality yang bagus, spesifikasi jeroan yang juga sama-sama mumpuni, serta dukungan fitur yang sama-sama lengkap.

Namun, supaya kamu bisa memilih dengan lebih baik, kami akan mengulas apa saja perbedaan paling mencolok dari keduanya. Harapannya, kamu bisa lebih mudah untuk menentukan apakah Samsung Galaxy J8 atau Samsung Galaxy A6 yang harus dibeli.

Samsung Galaxy J8 (2018) VS Samsung Galaxy A6 (2018)

Layar Besar yang Mana?

Seperti kebanyakan perangkat buatan Samsung lainnya, Samsung Galaxy J8 dan Samsung Galaxy A6 dilengkapi dengan layar berjenis Super AMOLED. Bahkan keduanya juga dilengkapi dengan resolusi yang setara, HD+ (1480 x 720 piksel).

Hanya saja, Samsung Galaxy J8 menawarkan ukuran yang lebih besar, di mana perangkat ini dilengkapi dengan layar berukuran 6,0 inci sementara Samsung Galaxy A6 hanya berukuran 5,6 inci.

Snapdragon 450 VS Exynos 7870

Terlepas dari dukungan RAM dan memori internalnya yang sama, Samsung Galaxy J8 mengandalkan kemampuan chipset Snapdragon 450, sedangkan Samsung Galaxy A6 mengandalkan Exynos 7870.

Dan ketika ditanya mana yang lebih bagus, maka jawabannya adalah Snapdragon 450. Chipset buatan Qualcomm ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan Exynos 7870.

Meskipun sama-sama menggunakan fabrikasi 14 nm, Snapdragon 450 bisa dipacu hingga 1,8 GHz sedangkan kecepatan Exynos 7870 hanya mampu mencapai angka 1,6 GHz.

Kamera Setara, Tapi?

Kedua perangkat Samsung ini bisa dibilang cukup setara di urusan kamera, baik kamera utama maupun kamera depannya. Pasalnya, keduanya sama-sama menawarkan resolusi 16 MP pada dua kameranya.

Namun, untuk mendapatkan gambar bokeh yang lebih baik, Samsung Galaxy J8 secara teknis dapat bekerja lebih baik karena kamera utamanya telah mengusung kamera ganda, dengan kamera kedalaman beresolusi 5 MP.

Dan mungkin, dengan alasan yang sama dengan sebelumnya ini, Samsung menawarkan kemampuan chipset yang lebih baik pada Samsung Galaxy J8  yang memiliki kamera ganda, dibandingkan dengan Samsung Galaxy A6 yang hanya memiliki kamera tunggal.

Besaran Baterai Samsung Galaxy J8

Sama-sama didukung oleh chipset dengan fabrikasi 14 nm, yang artinya sama hematnya, Samsung Galaxy J8 memiliki baterai yang lebih besar daripada Samsung Galaxy A6. Samsung Galaxy J8 punya baterai 3.500 mAh sedang Samsung Galaxy A6 hanya 3.000 mAh.

Sensor Samsung Galaxy J8 Tidak Selengkap Samsung Galaxy A6

Meskipun pada beberapa aspek Samsung Galaxy J8 memiliki spesifikasi yang lebih baik, namun Samsung Galaxy A6 memiliki dukungan sensor yang lebih lengkap. Samsung Galaxy A6 memiliki sensor Gyro, Geomagnetic, dan RGB Light, sementara Samsung Galaxy J8 tidak.

Tinggalkan Komentar