ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Samsung Galaxy Note 9 VS Samsung Galaxy Note 8. Haruskah Kita Berpaling?

Samsung Galaxy Note 9 VS Samsung Galaxy Note 8 Header

Gadgetren – Samsung secara resmi telah mengenalkan perangkat flagship tertingginya, yakni Samsung Galaxy Note 9. Dan pada saat ini, kamu sudah bisa membelinya dengan cara pre-order.

Hadirnya Samsung Galaxy Note 9 tentunya akan menggantikan beberapa seri Galaxy Note sebelumnya, termasuk Galaxy Note 8 yang juga belum lama ini dirilis oleh Samsung, dengan spesifikasi yang lebih oke punya tentunya.

Lalu, apakah kamu yang mau atau sudah meminang Samsung Galaxy Note 8 harus beralih ke flagship terbaru Samsung ini dan mengikuti masa pre-ordernya? Menjawab ini, kami akan membandingkan kedua perangkat dalam beberapa sisi.

Samsung Galaxy Note 9 VS Galaxy Note 8

Desain dan Layar

Samsung Galaxy Note8 Vs Galaxy Note9 - Desain

Sebenarnya, untuk urusan desain, kedua perangkat ini memiliki desain yang cukup serupa, dengan sama-sama mengusung layar khas flagship Samsung yang disebut dengan Infinity Display.

Hanya saja kedua perangkat ini memiliki ukuran layar yang cukup berbeda, dimana Samsung Galaxy Note8 mengusung layar sebesar 6,3 inci, sedangkan Galaxy Note 9 mengusung 6,4 inci.

Meskipun demikian, kedua perangkat flagship terbaik Samsung di masanya tersebut sama-sama yang menggunakan teknologi Super Amoled beresolusi QHD+ (2.960 x 1.440 piksel).

Selain itu, perbedaan yang paling mencolok dari kedua perangkat ini adalah penempatan sensor pemindai sidik jari, yang semula berada di samping kamera, berubah di bawah kamera pada Samsung Galaxy Note 9.

Performa

Samsung Galaxy Note9 Vs Galaxy Note8 - Performa

Urusan performanya, kedua perangkat memiliki spesifikasi hardware yang sangat jauh berbeda. Di sektor dapur pacunya, Samsung Galaxy Note8 mempercayakan pada Exynos 8895, sedangkan Note 9 mempercayakan pada Exynos 9810.

Sebagai tambahan informasi, Samsung Exynos 8895 Octa-core memiliki kecepatan 2,3 GHz, sedangkan saudaranya Samsung Exynos 9810 memiliki kecepatan 2,7 GHz.

Selain itu, Samsung Galaxy Note8 hanya dilengkapi RAM berkapasitas 6 GB untuk varian penyimpan 64GB (untuk pasar di Indonesia). Sedangkan Note9 memiliki konfigurasi yang berbeda, di mana RAM 6GB hanya untuk varian 128GB dan RAM 8GB untuk varian 512GB.

Kamera

Samsung Galaxy Note9 Vs Galaxy Note8 - Kamera

Sama-sama mengusung kamera utama ganda, yakni 12MP + 12MP, Samsung Galaxy Note8 hanya menawarkan dukungan OIS (Optical Image Stabilizer), sementara Note 9 juga menawarkan dukungan Aperture ganda, serta dual-pixel PDAF.

Sedangkan untuk kamera depannya, kedua perangkat ini memiliki spesifikasi yang serupa, yakni sama-sama mengusung kamera yang memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/1.7

S-Pen

Samsung Galaxy Note9 Vs Galaxy Note8 - S-pen

Seperti yang kita tahu, S-Pen merupakan perlengkapan tambahan yang menjadi andalan seri-seri Samsung Galaxy Note. Dan di seri kesembilan ini, ada banyak hal dari S-Pen yang ditingkatkan Samsung dari seri sebelumnya.

Selain menawarkan tingkat presisi yang lebih tinggi, S-Pen di Samsung Galaxy Note 9 dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth untuk pertama kalinya, sehingga pengguna dapat mengontrol perangkat dari S-Pen, seperti untuk mengambil foto, kontroler slide presentasi, dan masih banyak lagi.

Baterai

Samsung Galaxy Note9 Vs Galaxy Note8 - Baterai

Samsung Galaxy Note9 memiliki kapasitas baterai yang ditingkatkan dari sebelumnya. Jika semula Samsung Galaxy Note8 hanya memiliki baterai sebesar 3.300mAH, Galaxy Note 9 punya kapasitas sebesar 4.000 mAh.

Harga

Berkaitan dengan harga, untuk update di bulan Agustus 2018 ini, Samsung Galaxy Note 8 dijual dengan harga Rp10.199.000, sedangkan Samsung Galaxy Note 9 seharga Rp 13.499.000 untuk RAM 6 GB dan Rp 17.999.000 untuk RAM 8 GB selama masa pre-order.

Kesimpulan

Dilihat dari segi apa pun, Samsung Galaxy Note9 menawarkan spesifikasi hardware dan performa yang lebih unggul, tetapi sepadan dengan jumlah biaya yang harus kamu keluarkan.

Tetapi jika kamu melihat fitur-fitur unggulan Note 9 hanya sebagai fitur tambahan yang bisa jadi tidak kamu gunakan, kamu bisa bertahan dengan Samsung Galaxy Note 8, mengingat spesifikasi hardware miliknya juga cukup oke untuk 2 hingga 3 tahun ke depan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar