Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Face Unlock OPPO A83

Cara Mengaktifkan Face Unlock OPPO A83 Header

Gadgetren – A83 merupakan salah satu smartphone kelas menengah terjangkau OPPO yang populer di Indonesia. Selain mengandalkan desain dan hardware, smartphone ini juga memiliki fitur Face Unlock.

Dengan hadirnya, Face Unlock di OPPO memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menghadapkan wajahnya ke bagian depan smartphone untuk dipindai oleh kamera depannya dan diproses oleh software.

Bisa dibilang Face Unlock sendiri bisa menjadi alternatif sensor fingerprint karena OPPO tidak menghadirkan sensor fingerprint pada A83. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran mengenai cara mengaktifkan Face Unlock OPPO A83 maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan Face Unlock OPPO A83

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi atau menu Settings.
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih meu Security.
  3. Pada halaman Security, Gadgeter dapat memilih menu Screen lock.
  4. Nantinya dalam halaman Screen lock akan terdapat menu None, Slide, Face Unlock, Pattern, PIN, dan Password.
  5. Gadgeter dapat memilih menu Face Unlock untuk mengaktifkan fitur pemindai wajah.
  6. Selanjutnya, Gadgeter akan diberikan beberapa notifikasi petunjuk.
  7. Kemudian, Gadgeter dapat memilih Set it up.
  8. Selanjutnya, Gageter dapat memilih Continue.
  9. Nantinya OPPO A83 akan menyuruh penggunanya untuk menghadapkan wajah ke area yang telah ditandai untuk Face Unlock.
  10. Setelah proses selesai maka akan notifikasi yang mengatakan bahwa wajah telah berhasil disimpan untuk Face Unlock.
  11. Terakhir, Gadgeter tinggal mengunci smartphone dan mencoba menggunakan fitur Face Unlock.

Bisa dibilang fitur Face Unlock bisa menjadi salah satu alternatif sensor fingerprint untuk membuka kunci smartphone. Sayangnya OPPO A83 tidak disematkan fitur sensor fingerprint karena ingin membuat harganya menjadi lebih terjangkau.

Meskipun Face Unlock yang dimiliki OPPO A83 ini cukup cepat dalam merespon, namun terkadang pada kondisi cahaya berbeda atau minim cahaya akan sulit mengenali wajah penggunanya sehingga dapat menggunakan alternatif PIN atau Pattern untuk membuka kunci.

Sekilas, OPPO A83 sendiri telah dibekali dengn chipset MediaTek Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Untuk layarnya memiliki lebar 5,7 inci dengan resolusi HD+ (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Smartphone ini tidak memiliki poni atau notch pada bagian atas layarnya sehingga desainnya sangat mirip dengan OPPO F5. Bahkan dimensinya mencapai 150,5 x 73,1 x 7,7 mm yan berbeda sedikit dengan OPPO F5 yang mempunyai dimensi 156,5 x 76 x 7,5 mm.

Menariknya lagi, bodi belakang yang dimiliki oleh OPPO A83 ini berbahan logam. Sedangkan OPPO F5 yang pernah menjadi smartphone unggulan Selfie Expert hanya menggunakan bahan plastik. Meskipun begitu, OPPO A83 ini tetap menjadi versi murah dari OPPO F5.

Tinggalkan Komentar