ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Vivo Y71 vs OPPO A83. Manakah HP Kamera 13 MP Terbaik?

Vivo Y71 Header

Gadgetren – Persaingan Vivo dan OPPO semakin memanas di Indonesia dengan beragam produknya. Hal ini pun terlihat dari persaingan smartphone kelas menengah Vivo Y71 dan OPPO A83 di Indonesia.

Apabila Vivo Y71 menggunakan chipset buatan dari Qualcomm, berbeda dengan OPPO A83 yang memakai chipset buatan MediaTek. Namun ternyata performa yang dihasilkan cukup berbeda antara kedua smartphone ini.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Vivo Y71 vs OPPO A83

Layar

Kedua smartphone ini sama-sama telah mengusung layar dengan resolusi HD+ (1440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depan tanpa poni. Perbedaan terlihat pada lebar Vivo Y71 yang mencapai 6 inci, sementara OPPO A83 mencapai 5,7 inci.

Spesifikasi Hardware

Vivo Y71 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 425 Octa-core 1,4 GHz yang didampingi dengan RAM 3 GB dan storage internal 16 GB. Sementara OPPO A83 menggunakan chipset MediaTek Helio P23 yang lebih bertenaga dengan Octa-core 2,5 GHz yang lengkap dengan RAM 4 GB dan storage internal 32 GB.

Kamera

Kedua perangkat ini sama-sama telah dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP, aperture f/2.2, PDAF, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara kamera depan dari OPPO A83 mempunyai resolusi 8 MP yang lebih besar dibandingkan dengan Vivo Y71 yang mencapai 5 MP.

Baterai

Smartphone buatan Vivo ini mempunyai baterai dengan kapasitas 3360 mAh yang lebih besar dibandingkan dengan milik OPPO A83 dengan kapasitas 3180 mAh. Selain itu, daya tahan baterai Y71 pun lebih lama daripada OPPO A83.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dilengkapi dengan port microUSB 2.0, GPS, Bluetooth 4.2, dan WiFi. Apabila Vivo Y71 sudah menggunakan FunTouch OS 4.0 berbasiskan Android 8.1 Oreo, berbeda dengan OPPO A83 yang masih menggunakan ColorOS 3.2 berbasiskan Android 7.1 Nougat.

Harga

Kini Vivo Y71 sudah mempunyai harga yang mencapai Rp 2 juta saja di Indonesia. Sementara OPPO A83 memiliki harga yang mencapai Rp 2,7 juta di Indonesia. Bisa dibilang harga smartphone buatan OPPO ini lebih mahal dari Y71 karena menawarkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, spesifikasi hardware, dan kamera depan maka OPPO A83 juaranya. Sementara jika dilihat dari harga, daya tahan baterai, dan sistem operasi maka Vivo Y71 bisa menjadi unggulannya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar