ASUS TUF Gaming FX507
Berita

5 Fitur Baru Android P yang Akan Menjadi Standar Baru di Smartphone

Fitur Baru Android P Header

Gadgetren – Kini sistem operasi Android banyak digunakan oleh smartphone beragam merek di dunia sehingga pangsa pasarnya lebih besar dibandingkan dengan iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS.

Dengan banyak digunakannya oleh beragam smartphone, membuat Google bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa dari sistem operasi Android, mulai dari data pengguna hingga kebiasaan yang sering dilakukan pengguna.

Meskipun sistem operasi Android 8.0 Oreo sudah mulai banyak diimplementasikan di berbagai smartphone terbaru yang lahir tahun 2018. Namun Google sendiri sudah mengumumkan kehadirkan sistem operasi Android P 9.0 terbarunya.

Bisa dibilang Android P 9.0 ini sendiri menawarkan beragam fitur baru yang belum ada di Android 8.0 Oreo generasi sebelumnya. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Fitur Baru Android P

1. Poni atau notch di atas

Poni atau notch merupakan desain yang hadir pada smartphone masa kini. Bisa dibilang poni ini dapat berfungsi untuk menempatkan kamera depan, earpiece, maupun sensor. Berkat poni ini pun membuat sebagai bezel di bagian atasnya semakin kecil.

Nantinya pada Android P 9.0 ini pengguna smartphone dapat menghadirkan maupun menghilangkan poni sesuai keinginan. Biasanya apabila terdapat poni atau notch fisik pada smartphone maka penggunanya dapat mengaktifkan fitur Hide Notch agar poni tertutup layar yang berubah warna menjadi hitam sehingga membentuk garis lurus.

2. Privasi Pengguna Meningkat

Pada Android P 9.0 terdapat fitur privasi yang dapat memberikan keamanan pengguna agar tidak dimata-matain oleh pihak usil pada saat merekam video, audio, maupun informasi lain. Dengan kata lain, penggunanya tidak perlu lagi dimintai izin akses mikrofon, kamera, ataupun sensor seperti sistem operasi terdahulu.

3. Video Berkualitas HDR

Sistem operasi terbaru ini telah mendukung HDR VP9 Profile 2 sehingga memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus dan video dengan bagus. Bahkan memiliki warna yang tajam dan detail.

4. Petunjuk Arah dalam Ruangan

Android P 9.0 juga akan dilengkapi dengan fitut Wi-Fi Round-Trip-Time (RTT) berkat hadirnya protokol Wi=Fi IEEE 802.11mc. Nantinya Wi-Fi RTT ini akan menunjukkan arah pada penggunanya apabila tersesat dalam suatu ruangan.

5. Navigasi Recent Mirip iPhone X

Pada Android P 9.0 ini tedapat tombol strip virtual untuk membuka aplikasi maupun melakukan recent aplikasi mirip iPhone X. Nantinya pengguna hanya perlu melakukan swipe gesture untuk berganti aplikasi secara multitasking.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar