Berita

Mengintip Tampilan dan Fitur Baru di Android N

Android N Developer Preview

Memasuki tahun 2016, Google menyiapkan kejutan dengan memperlihatkan tampilan sistem Android versi terbarunya, Android N. Belum dapat dipastikan apa arti N pada sistem operasi ini. Namun, seperti lazimnya nama versi Android sebelumnya, nama untuk versi terbaru ini juga akan diambil dari nama-nama makanan.

Sejak pertama dirilis pada 2009, Google memberi nama sistem Android secara berurutan abjad dengan nama-nama makanan. Dimulai dari Cupcake, Donut, Éclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan terakhir Marshmallow.

Versi Android terbaru dikabarkan akan dirilis pada ajang tahunan Google I/O, Mei 2016 mendatang. Tentunya akan ada fitur baru yang ditambahkan oleh Google. Di antaranya fitur Split-Screen Multitasking. Fitur ini dapat membagi tampilan layar untuk menampilkan lebih dari satu aplikasi sehingga memudahkan proses multitasking.

Android N Multi Windows

Kelebihan lainnya, yakni adanya pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk membalas pesan yang tampil di notifikasi langsung dari aplikasi apapun, kemampuan menghemat baterai yang lebih baik dibanding versi sebelumnya, dan dukungan bahasa pemrograman Java 8.

Akan tetapi, semua fitur tersebut baru dirilis pada versi Android N Developer Preview yang saat ini hanya dapat digunakan oleh para developer saja. Versi ini sudah bisa diuji coba dengan smartphone Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan seri smartphone Android One. Google belum merilis secara komersial karena masih banyak bug di dalamnya. Tampaknya, kita harus bersabar untuk menikmati versi full dari Android N ini.

[Via techcrunch]

About the author

Desy Yuliastuti

Pengguna Sony Xperia C4 dan penikmat Kopi. Sekarang jadi Penulis di Gadgetren.

Leave a Comment