ASUS TUF Gaming FX507
Berita

5 Fitur Baru Android P dan Kelebihannya Yang Wajib Tahu

Android P Header

Gadgetren – Meskipun sudah tahun 2018, namun baru sebagian smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Baik secara update maupun telah hadir waktu pertama kali dijual.

Namun ternyata baru-baru ini sudah muncul update untuk smartphone tertentu, seperti Google Pixel 2 yang mendapatkan Android 9 P Developer Preview 1. Menariknya, sistem operasi terbaru buatan Google ini memiliki beragam fitur terbaru.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan fitur-fitur baru dari Android P maka dapat melihat informasinya sebagai berikuti ini.

1. Bisa Hadirkan Poni atau Notch Persis iPhone X

Kita ketahui bersama bahwa sejak iPhone X hadir dengan layar penuh yang memiliki notch atau poni, beragam vendor smartphone pun telah berlomba-lomba menggunakan desain tersebut. Untuk itu, tentunya perlu penyesuaian terhadap sistem operasi agar menu bar dan notifikasi di bagian atas dapat memiliki tampilan serta fungsi yang baik.

Baru-baru ini telah muncul bocoran mengenai tampilan Android P Developer Preview 1 yang bisa menampilkan notch atau poni mirip iPhone X. Dalam hal ini pengguna smartphone Android dapat memilih menu Display Cutout (memotong layar).

Dalam menu Display Cutout ini penggunanya akan dihadapkan pada berbagai opsi, mulai dari None, Narrow display cutout, Tall display cutout, hingga wide display cutout sesuai dengan besarnya layar yang dimiliki oleh smartphone penggunanya.

2. Melihat Peta di Dalam Ruangan

Android P memiliki salah satu fitur menarik yang memungkinkan penggunanya dapat melihat isi peta yang berada di dalam ruangan. Tentu saja hal ini akan memudahkan untuk mencari suatu tempat di dalam gedung, mall, dan lainnya yang memiliki area luas.

Hal ini bisa terjadi berkat penggunan Wi-Fi IEEE 802.11mc atau Wi-Fi Round-Trip-Time (RTT) yang dpat membnatu penggunanya dalam mencari suatu ruangan ketika tersesat atau bingung dengan area yang belum dikenal.

3. Aplikasi Pihak Ketiga Bisa dukung multi kamera

Pada tahun 2017 silam, smartphone dua kamera sudah mulai dijual dan popularitasnya semakin meningkat hingga saat ini. Namun yang mampu menjalankan fitur dua kamera dengan maksimal adalah aplikasi bawaan dari smartphone itu sendiri.

Namun pada Android P, Google berusaha untuk membuat developer dapat mengembangkan software atau aplikasi yang dapat menudukung multi kamera, baik dua maupun lebih. Kemungkinan besar Google Pixel 3 akan menggunaka ndua kamera.

4. Smart Reply

Fitur yang satu ini memungkinkan Android P memberikan pilihan jawaban untuk membalas pesan dengan memanfaatkan algoritma machine learning. Hal ini membuat penggunanya dapat membalas pesan Gmail atau Google Allo hanya dengan memilih jawaban yang disugestikan Android P yang mendekati jawaban sesuai.

5. Zoom atau memperbesar teks

Terkadang ketika mengetik status di media sosial atau website biasanya huruf terasa kecil karena memang ukuran font disesuaikan dengan lebarnya layar. Namun pada Android P, penggunanya dapat memperbesar teks atau huruf hanya dengan mengarahkan kursor ke kata-kata yang diinginkan.
Dukungan Perekaman Video Berkualitas HDR

Pada Android P telah hadir dukungan video HDR dengan teknologi HDR VP9 Profile yang memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan video dengan kualitas HDR yang baik dalam pencahayaan yang bagus.

Itulah beberapa fitur-fitur yang akan hadir dalam sistem operasi Android P mendatang. Bisa dibilang memang fitur ini terasa banyak yang baru dibandingkan dari Android 7 Nougat ke Android 8 Oreo. Untuk itu, mari kita tunggu saja perkembangan mengenai sistem operasi Android P selanjutnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar