ASUS Zenbook DUO UX8406
Mading

Berapa Tahun Kamu Bisa Mengharapkan Terus Dapat Update iOS Terbaru?

iOS Masa Dukungan Header

Gadgetren – Di era digital ini keberadaan smartphone sudah seperti menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan dari tubuh kita.

Berbicara soal smartphone tidak akan lepas dengan sistem operasi yang digunakan karena akan sangat mempengaruhi pengalaman maupun aktivitas sehari-hari kamu. Per 2018, ada dua pemain besar untuk sistem operasi perangkat mobile, yakni Apple dengan iOS dan Google dengan Android.

Popularitas smartphone buatan Apple, iPhone, masih menjadi salah satu yang paling dicari oleh pengguna smartphone di dunia. Bahkan iPhone tetap menjadi salah satu merk top paling menguntungkan walaupun segmen pasarnya terbilang kecil dibandingkan Android dengan harga relatif mahal juga.

Banyak alasan kenapa pengguna memilih iPhone ketimbang smartphone lainnya, mulai kualitas bahan, performa, prestisius, ekosistem, bahkan hingga kepecayaan akan produk yang dikeluarkan oleh Apple. Salah satunya juga merupakan kepastian untuk mendapatkan update sistem operasi iOS terbaru selama masih dalam masa dukungan.

Lama Masa Dukungan iOS untuk iPhone

iOS 11 Compatible Devices

Berbeda dari kebanyakan smartphone Android, seluruh iPhone yang hadir dipastikan terus mendapatkan update iOS selama beberapa tahun hingga masa dukungan memang berakhir. Jika kamu menggunakan iPhone yang tergolong baru, maka tidak perlu pusing memikirkan apakah dapat update atau tidak setiap kali versi terbaru muncul.

Jika mengikuti ritme yang ada saat ini, setiap model iPhone akan mendapatkan dukungan selama 4 tahun dari awal perkenalannya. Dibandingkan Android yang rata-rata hanya 2 tahun saja, ini tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk iPhone karena punya masa relevansi yang lebih lama sehingga membuat kamu tidak wajib mengganti dengan perangkat baru.

iPhone 5s yang dirilis pada tahun 2013 masih mendapatkan iOS 11 yang muncul pada 2017. Dukungan sistem operasi terbaru tersebut diperkirakan baru akan berhenti pada musim semi 2018 setelah iOS 12 muncul yang berarti 5 tahun lamanya. Kemudian pada iOS 13 giliran iPhone 6 tidak mendapatkan update dan begitu seterusnya sesuai waktu peluncuran iPhone.

Tentu saja tidak semua iPhone akan mendapatkan seluruh fitur yang ada dari iOS terbaru secara merata. Sebagai contoh, iPhone 5s memang mendapatkan update iOS 11, tetapi tidak memiliki fitur “raise to wake”, Live Photo maupun Battery Management. Hal tersebut terbilang wajar karena mungkin saja teknologi komponennya memang tidak mendukung.

Walaupun begitu, fungsi dasar dari iOS dipastikan bisa digunakan dan kamu mendapatkan update keamanan terbaru yang melindungi dari kejahatan. Ditambah lagi perbaikan bug atau error yang kadang kala membuat iPhone bertingkah tidak sebagai mana harusnya.

Kenapa update iOS lebih penting dibanding update Android?

iOS Aplikasi AppStore

Satu hal perbedaan dasar iOS yang mungkin banyak orang tidak sadari dibandingkan Android adalah update iOS bukan lah sekedar pembaruan sistem operasi saja. Bersamaan dengan update iOS ini kamu juga akan mendapatkan hal penting lainnya yang akan sangat mempengaruhi penggunaan dikeseharian.

Dengan hadirnya iOS terbaru, kamu juga akan mendapatkan update aplikasi penting layaknya Maps, App Store, Weather, Notes, Health, dan lain-lain. Ini tentu berbeda dengan Android yang terpisah antara update aplikasi utama dengan sistem operasi sehingga tidak akan terlalu menjadi masalah kalau kamu tidak mendapatkan versi terbaru.

Selain itu versi iOS sering kali menjadi faktor yang cukup penting untuk bisa menjalankan aplikasi atau tidak. Banyak sekali aplikasi yang tidak mendukung versi iOS lama sehingga membuat pengguna iPhone lama tidak bisa menjalankan aplikasi tersebut. Hal ini banyak sebabnya, namun salah satunya merupakan masalah optimalisasi.

Seperti yang sudah diketahui, aplikasi di perangkat iOS biasanya punya performa yang lebih cepat, optimal, dan lebih baik dibandingkan pada platform lain. Ini dikarenakan pengembang bisa lebih fokus membuat aplikasi untuk beberapa versi sistem operasi saja. Jauh berbeda dibandingkan aplikasi Android yang umumnya masih mendukung versi KitKat dari beberapa tahun lalu.

Tentu saja ini semua dapat menjadi suatu kelebihan atau kekurangan tergantung bagaimana sudut pandang kamu. Namun yang pasti kehadiran iOS merupakan suatu hal yang sangat baik karena menawarkan sesuatu yang berbeda dari sistem operasi mobile lainnya.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar