ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Foto Beruntun di iPhone Biar Tidak Kebanyakan!

Cara Mematikan Foto Beruntun di iPhone - Header

Gadgetren – Hampir semua ponsel modern kini dilengkapi dengan sebuah fitur bernama Brust Mode yang memungkinkan kita mengambil foto secara beruntun. Termasuk di antaranya perangkat iPhone.

Fitur pengambilan gambar tersebut memang dapat membantu kita mengabadikan obyek bergerak secara lebih mudah. Namun bagi sebagian orang, justru bisa menjadi masalah karena akan menghasilkan banyak foto yang terlihat serupa.

Supaya tidak melakukan pengambilan foto secara beruntun di iPhone, kita sebenarnya hanya perlu menghindari untuk menekan tombol Shutter terlalu lama yang notabene sebagai pemicunya. Kita selain itu juga dapat memanfaatkan beberapa fungsi kamera jika ingin mematikannya secara paksa.

Cara Mematikan Foto Beruntun di iPhone

  • Buka aplikasi kamera di perangkat iPhone.
  • Ketuk tombol HDR di menu bagian atas.
  • Gunakan kamera untuk melakukan pengambilan gambar seperti biasa.

Salah satu fitur yang dapat digunakan untuk mematikan fungsi pengambilan gambar beruntun di perangkat iPhone adalah HDR atau High Dynamic Range, yakni sebuah mode yang sebenarnya dapat digunakan untuk menghasilkan foto lebih baik di kondisi pencahayaan dengan kontras tinggi.

Ketika kita menggunakan mode ini, fungsi pengambilan gambar beruntun di iPhone akan dinonaktifkan. Kamera perangkat nantinya hanya akan menghasilkan dua berkas saja di mana meliputi foto standar dan salinan yang dipoles dengan teknologi HDR.

Fungsi HDR sayangnya akan aktif secara otomatis menyesuaikan kebutuhan. Kita pun harus menonaktifkan dukungan Smart HDR melalui Settings > Camera jika mau mengelolanya secara manual. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua model perangkat mengizinkannya.

Menggunakan Flash Kamera

  • Buka aplikasi kamera bawaan iPhone.
  • Ketuk tombol Flash (ikon petir) di pojok kiri atas.
  • Setelah fungsi lampu flash menyala, lakukan pengambilan gambar yang diperlukan.

Selain menggunakan fungsi pengambilan gambar HDR, kita juga dapat mematikan mode foto beruntun iPhone dengan memanfaatkan fitur flash yang hampir ada di semua model perangkat.

Tak hanya akan membuat obyek terlihat lebih terang saat melakukan pengambilan gambar, fungsi flash di perangkat iPhone juga dapat menonaktifkan fitur foto beruntun. Hanya saja kita memang perlu berhati-hati dengan kilatan cahaya yang dihasilkan karena kadang-kadang justru dapat mengganggu orang lain.

Memanfaatkan Pewaktu

  • Akses aplikasi kamera bawaan iPhone.
  • Ketuk tombol anak panah di menu bagian atas jika diperlukan.
  • Ketuk tombol Timer (ikon jam).
  • Pilih antara 3s hingga 10s sesuai durasi waktu yang diinginkan.
  • Letakkan iPhone di tempat yang stabil.
  • Ketuk tombol Shutter dan biarkan sampai pengambilan gambar berhasil dilakukan.

Alternatif lainnya, kita pun dapat memanfaatkan fungsi pewaktu pada aplikasi kamera bawaan iPhone. Dukungan ini soalnya hanya akan melakukan pengambilan gambar tunggal ketika digunakan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar