Review Tablet

Review Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) – Tablet Berbaterai 5000 mAh dengan Jaringan 4G-LTE

Samsung Galaxy Tab A 2017 Header

Meskipun pasar tablet berbanding terbalik dengan peningkatan smartphone, namun Samsung tetap optimis dalam meluncurkan tablet.

Hal ini sendiri terlihat dengan penjualan Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) di Indonesia. Selain mempunyai layar yang lebar, tablet yang satu ini bisa dibilang memiliki desain, spesifikasi hardware, dan fitur yang bisa dibilang menarik.

Menariknya, beberapa minggu lalu saya berkesempatan untuk mencoba dan melakukan pengujian terhadap Samsung Galaxy Tab A (2017). Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan keunggulan, kekurangan, dan performa dari tablet ini maka dapat melihat hasil review di bawah ini :

Desain

Samsung Galaxy Tab A 2017 Dual SIM

Pada saat saya menggenggam Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini kesan kokoh terpancar dalam dirinya karena menggunakan bahan logam pada bodinya. Sayangnya cetakan sidik jari mudah tertempel ketika menyentuh bagian belakangnya.

Sekilas, layar tablet ini masih memiliki bezel yang besar dan belum menggunakan bahasa dari desain produk Samsung terbaru. Untuk navigasinya, Samsung masih menyematkan tombol home berbentuk fisik  serta tombol recent  dan back yang berbentuk kapasitif.

Beralih ke sisi kanannya terdapat tombol power dan volume yang disusun berdampingan secara vertikal. Sedangkan pada sisi kirinya terdapat slot kartu SIM berkekuatan jaringan hingga 4G-LTE yang berdampingan dengan microSD.

Pada sisi atas, Gadgeter akan menemukan port jack audio 3,5mm. Sementara ketika menuju sisi bawah akan terlihat lubang speaker dan port USB Type-C. Sementara itu, pada bagian belakangnya terdapat kamera utama didampingi dengan LED Flash dan logo Samsung.

Performa

Samsung Galaxy Tab A 2017 Home

Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 2 GB, dan storage internal 16 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB.

Bisa dibilang kombinasi spesifikasi hardware ini kurang bertenaga untuk sebuah tablet yang lahir di tahun 2017.  Meskipun dapat menjalankan beberapa aplikasi maupun game dengan baik, namun  performa berat tidak bisa dijalankan dalam tablet ini.

Apalagi Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) ini memiliki layar lebar sehingga membutuhkan performa yang lebih tinggi. Untuk menguji performanya, saya mencoba menjalankan beberapa aplikasi, mulai dari SMS, telepon, chat, email, maupun media sosial.

Setelah pengujian beberapa minggu, saya mendapatkan performanya cukup lancar dalam menjalankan aplikasi secara bergantian. Namun masih terdapat kendala apabila menjalankan aplikasi super banyak dan rumit.

Selanjutnya, saya pun mencoba melakukan pengujian game terhadap tablet ini dengan memainkan Ashpalt 8: Airborne, Fruit Ninja, dan Mobile Legends. Bisa dibilang dalam kualtas grafis menengah maupun rendah, tablet ini bisa menjalankan Ashpalt 8: Airborne dan Mobile Legends dengan lancar.

Sayangnya ketika menjalankan game dengan grafis tinggi membuat tablet ini kewalahan dan sering mengalami patah-patah. Saya merasa memainkan Mobile Legends yang menggunakan tombol virtual di tablet ini kurang terasa enak. Namun pada saat bermain Fruit Ninja yang membutuhkan gesture dalam bermain, justru tablet ini dapat diandalkan.

Daya Tahan Baterai

Samsung Galaxy Tab A 2017 Port

Tablet buatan Samsung ini memiliki baterai dengan kapasitas baterai 5000 mAh yang diklaim pihak Samsung dapat bertahan selama 14 jam ketika menjalankan video secara nonstop, 15 jam ketika mengakses internet dengan jaringan 4G-LTE, atau 36 jam untuk telepon di jaringan 3G.

Untuk itu, saya mencoba melakukan pengujian daya tahan baterai Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) dengan  menonton video terus-menerus, menjalankan beragam aplikasi, maupun bermain game secara terus menerus.

Pada saat saya menggunakannya untuk menonton video secara  nonstop  berkualitas HD maka saya bisa menjalankannya selama 8 jam hingga kondisi kritis 15%. Sementara ketika saya jalankan untuk bermain game Mobile Legends secara nonstop hanya bertahan selama 6 jam hingga kondisi kritis 15%.

Namun ketika saya menjalankan beragam aktivitas, seperti telepon, SMS, internet jaringan 4G-LTE, chatting, bermedia sosial, game sesekali, maupun menonton video sesekali berhasil mendapatkan rata-rata waktu mencapai 8 jam 10 menit untuk daya tahannya. Bisa dibilang memang daya tahan baterai tablet ini sangat baik karena ditunjang baterai 5000 mAh.

Kamera

Biasa beragam vendor akan mengesampingkan soal urusan kamera kalau menyangkut produk tablet. Namun berbeda dengan Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas baik.

Meskipun minim fitur mode pengambilan foto, namun Samsung telah menyematkan kamera belakang beresolusi 8 MP dengan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik. Sementara kamera depannya yang beresolusi 5 MP pun tidak dapat diremehkan. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kualitasnya maka dapat melihat hasil fotonya sebagai berikut ini :

Hasil Kamera Belakang (klik foto untuk perbesar)

Foto Normal

Foto Normal

Foto HDR

Foto HDR

Foto Makro

Foto Makro

Hasil Kamera Depan (klik foto untuk perbesar)

Foto Selfie Normal

Foto Selfie Normal

Foto Selfie Beauty

Foto Selfie Beauty

Foto Wide Selfie

Foto Wide Selfie

Layar 8 Inci HD

Samsung Galaxy Tab A 2017 Atas

Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) telah dibekali dengan layar 8 inci yang memiliki resolusi HD (1.280 x 800 piksel) dan berteknologi TFT yang mampu menghadirkan ketajaman serta detail yang bisa dibilang memanjakan mata.

Hal ini membuat layar Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) tidak terlihat seperti barang murahan. Selain itu, saya pun dapat dengan nyaman ketika menonton video maupun melihat gambar pada tablet ini meskipun dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, fitur Blue Light Filter juga telah disematkan pada tablet yang satu ini sehingga memungkinkan Gadgeter dapat terlindungi dari radiasi sinar biru ketika sedang melihat konten di dalamnya. Selain itu, saya pun dapat merasa nyaman ketika membaca eBook dalam tablet ini.

Virtual Asisten Bixby

Kita ketahui bersama bahwa Samsung telah mengembangkan asisten virtual yang bernama Bixby pada smartphone maupun tablet terbarunya untuk menandingi Siri yang dimiliki Apple maupun Cortana yang dipunyai oleh Microsoft.

Bixby ini sendiri dapat dengan pintar untuk menunjang aktivitas penggunanya, mulai dari menjawab pertanyaan, membuat jadwal, bahkan untuk mencari padanan foto yang dimiliki penggunanya di Internet.

Kids Mode

Tablet yang satu ini menawarkan fitur kids mode yang memungkinkan penggunanya dapat memberikan parental control terhadap anaknya agar menggunakan tablet ini sesuai dengan konten yang aman dan telah ditentukan.

Nantinya Gadgeter dapat memilihkan aplikasi-aplikasi yang dapat dibuka oleh anak-anak agar tidak membuka sesuatu yang tidak diinginkan. Bahkan Samsung juga telah menyediakan video animasi dan aplikasi pendidikan, seperti game LEGO yang interaktif.

Game Launcher

Bagi Gadgeter yang ingin mencoba bermain game di Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) ini maka dapat mencoba fitur Game Launcher. Nantinya dengan fitur ini memungkinkan Gadgetren dapat mengelompokkan game yang dimiliki ke dalam 1 folder game sehingga lebih muda di akses.

Selain itu, fitur ini juga dapat memungkinkan penggunanya bermain game dengan performa yang bisa disesuaikan, mulai dari performa paling optimal hingga hemat baterai. Bahkan Gadgeter dapat menjalankan fitur untuk menolak panggilan selama game sedang berjalan.

Tak hanya itu, berkat hadirnya Game Launcher juga memungkinkan Gadgeter dapat merekam aktivitas game dengan mudah sehingga hasil permainannya dapat dibagikan kepada teman maupun pemain lainnya.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab A 2017 Pinggir

Setelah beberapa minggu pengguna, bisa dibilang saya cukup puas dalam menggunakan Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) terutama untuk menonton video, membaca eBook, bermedia sosial, chatting, telepon, hingga SMS.

Selain itu, dukungan kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE yang hadir di dalamnya membuat tablet ini mampu mengakses internet sendiri tanpa memerlukan bantuan Wi-Fi.  Namun saya hanya dapat menjalankan game yang casual atau game dengan kualitas grafis menengah ke bawah karena chipset yang dimilikinya kurang kuat untuk diajak berpikir lebih rumit lagi.

Sebagai tablet kelas menengah, Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017) mampu menghadirkan daya tahan baterai yang cukup lama dan menghasilkan foto dengan hasil baik untuk segmen tablet. Dengan harga Rp 3 jutaan, bisa dibilang tablet yang satu ini masih bisa menjadi pilihan.

Kelebihan

Layar Lebar dan Kualitas Bagus
Baterai 5000 mAh yang Tahan Lama
Dukungan jaringan 4G-LTE
Bodi Logam
Asisten Virtual Bixby
Port USB Type-C

Kekurangan

Performa tidak terlalu bertenaga
Mahal
Kamera minim fitur

Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017)
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • Samsung Galaxy Tab A 8.0 (2017)
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: April 26, 2018
  • Layar
    Editor: 80%
  • Performa
    Editor: 60%
  • Kamera
    Editor: 70%
  • Baterai
    Editor: 80%
  • Software
    Editor: 70%
  • Desain
    Editor: 80%

Leave a Comment