Review Smartphone

Review ASUS Zenfone 4 Selfie Lite – Andalkan Kamera Selfie 16 MP dan Baterai 4100 mAh

ASUS Zenfone 4 Selfie Lite Review Header

Selain ASUS Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro, ASUS juga telah menghadirkan satu lagi smartphone khusus selfie yang lebih terjangkau di Indonesia dengan nama Zenfone 4 Selfie Lite.

ASUS sendiri berusaha menawarkan smartphone ASUS Zenfone 4 Selfie Lite untuk bisa dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Berbeda dengan dua smartphone Zenfone 4 Selfie lainnya, smartphone yang satu ini hanya dibekali dengna satu kamera depan saja.

Menariknya, beberapa minggu lalu saya diberikan kesempatan untuk melakukan review ASUS Zenfone 4 Selfie Lite. Dalam paket penjualnnya sendiri, ASUS telah membekali smartphone ini dengan casing jelly untuk melindungi benturan maupun goresan terhadap bodinya.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan performa, fitur, kekurangan, spesifikasi hardware, dan kelebihan dari smartphone ini maka dapat melihat artikel review yang disajikan sebagai berikut ini :

 

Kamera Depan Belakang 16 MP

ASUS Zenfone 4 Selfie Lite Back Cam

Apabila ASUS Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro dibekali dengan dukungan dua kamera depan, berbeda dengan Zenfone 4 Selfie Lite yang memiliki kamera depan beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 dan Softlight LED flash yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan bagus.

Bahkan kamera depannya juga mampu menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh (background blur) secara instan dan cepat. Sementara itu, saya juga dapat berkreasi dalam menghasilkan foto selfie berkat hadirnya mode Beauty, Selfie Panorama, HDR, dan GIF Animation.

Beralih ke kamera belakangnya, ASUS Zenfone 4 Selfie Lite ini memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0, Phase Detection Autofocus, dan LED Flash yang mampu menghasilkan foto dengan baik. Meskipun dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Sementara itu, kamera belakangnya juga memiliki beberapa pilihan mode yang dapat dipilih, seperti Pro, Beauty, Super Resolustion, GIF Animation, 9 filter, dan masih banyak lagi. Untuk itu, Gadgeter dapat menilai sendiri kualitas kameranya dengan hasil foto di bawah ini :

Kamera Depan (Klik untuk Perbesar)

Foto Selfie Normal Zenfone 4 Selfie Lite

Foto Selfie Normal

Foto Selfie Bokeh Zenfone 4 Selfie Lite

Foto Selfie Bokeh

Foto Selfie Beauty Zenfone 4 Selfie Lite

Foto Selfie Beauty

Kamera Belakang (Klik Perbesar)

Foto Zenfone 4 Selfie Lite Normal

Foto Normal Kamera Belakang

Foto HDR Zenfone 4 Selfie Lite

Foto HDR Kamera Belakang

Foto Makro Zenfone 4 Selfie Lite

Foto Makro Kamera Belakang

Desain

ASUS Zenfone 4 Selfie Lite Design

Secara kasat mata, desain yang dimiliki oleh ASUS Zenfone 4 Selfie Lite ini terlihat mirip dengan ASUS Zenfone 4 Max mulai dari ketebalan hingga bentuknya. Meskipun begitu, smartphone yang satu ini terasa kokoh ketika saya menggenggamnya dengan satu tangan.

Pada bagian depannya terdapat tombol home fisik yang di dalamnya telah disematkan sensor fingerprint. Untuk tombol navigasi back dan recent berbentuk kapasitif. Sementara port microUSB 2.0 dan speaker tepat ditempatkan di bagian bawah.

Tak ketinggalan, port jack audio 3,5 mm pun telah hadir di bagian atasnya. Selanjutnya, tombol volume dan power tepat berada di bagian kanannya yang memudahkan saya untuk melakukan kombinasi screenshot hanya dengan menggunakan satu tangan. Namun sebenarnya, ASUS sendiri telah menyematkan fitur shortcut screenshot dengan menekan lama tombol recent pada smartphone yang satu ini.

Menariknya, Zenfone 4 Selfie Lite mempunyai dua slot kartu SIM dan satu slot microSD di bagian kirinya sehingga memungkinkan penggunanya dapat menambahkan kapasitas penyimpanan microSD dalam smartphone ini tanpa perlu mengorbankan kartu SIM kedua.

Sensor Fingerprint

ASUS Zenfone 4 Selfie Lite Fingerprint

Sebagai smartphone masa kini, ASUS Zenfone 4 Selfie Lite sendiri telah dibekali dengan sensor fingerprint pada tombol fisik di bagian home yang dapat mendeteksi sidik jari hanya dalam waktu 0,3 detik saja. Selain itu, ASUS sendiri mengizinkan saya untuk menyematkan 5 sidik jari yang berbeda sekaligus dalam smartphone ini.

Performa

ASUS Zenfone 4 Selfie Lite Benchmark

ASUS Zenfone 4 Selfie Lite telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, GPU Adreno 308, RAM 3 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Smartphone yang satu ini bisa dibilang memiliki performa yang cukup mulus dalam menjalankan aplikasi secara multitasking, seperti telepon, email, chatting, maupun SMS, meskipun terkadang mengalami sedikit patah ketika kapasitas RAM yang digunakan sudah hampir habis.

Pada saat menjalankan game, seperti Sonic Forces, Dynasty Warrior, dan Asphalt 8 bisa menjalankan dengan lancar ketika grafis diatur ke posisi menengah hingga bawah. Sedangkan apabila grafis diatur pada posisi tinggi maka akan mengalami patah-patah.

Dalam pengujian benchmark menggunakan AnTuTu, ASUS Zenfone 4 Selfie Lite berhasil mendapatkan skor yang mencapai 32.817 poin yang bisa dibilang memang standarnya untuk sebuah smartphone dengan chipset Qualcomm Snapdragon 425.

Sedangkan dalam pengujian Geekbench, smartphone ini berhasil mendapatkan skor 674 poin untuk pengujian single-core yang sedikit melebihi Zenfone 4 Selfie dengan skor 661 poin untuk pengujian single-core. Sedangkan pada pengujian multi-core berhasil mendapatkan 1882 poin yang masih kalah dengan ASUS Zenfone 4 Selfie yang mencapai 2456 poin. Secara keseluruhan, performa dari ASUS Zenfone 4 Selfie Lite sudah lancar untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari selama bukan menjalankan game berat.

Daya Tahan Baterai

ASUS Zenfone 4 Selfie SIM Tray

Salah satu fitur unggulan lainnya dari ASUS Zenfone 4 Selfie Lite ini terdapat pada baterainya yang memiliki kapasitas besar mencapai 4100 mAh. Berkat penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core 1,4 GHz yang memiliki kecepatan standar membuat baterainya dapat bertahan dengan lama.

Dalam pengujian ketahanan baterainya sendiri, saya bermain game sesekali dengan grafis menengah, menonton Youtube, SMS, Telepon, chtting, dan membuka media sosial untuk berinteraksi dengan teman maupun keluarga.  Hasilnya ASUS Zenfone 4 Selfie bisa bertahan sekitar 12 jam mulai dari kondisi baterai 100% hingga 0.

Menariknya, smartphone ini sendiri mampu bertahan selama 37 hari dalam keadaan standby di jaringan 4G-LTE. Sementara itu, ASUS Zenfone 4 Selfie Lite sendiri dibekali dengan fitur fast charging sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengisi daya baterai dalam waktu sekitar 2 jam hingga 2 jam 30 menit mengingat kapasitas baterainya yang besar.

Layar 5,2 inci HD

ASUS Zenfone 4 Selfie Lite Selfie Cam

Smartphone ini telah dibekali dengan layar 5,2 inci yang memiliki resolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS. Bisa dibilang gambar atau video dalam layar ASUS Zenfone 4 Selfie Lite nyaman untuk dipandang karena sudah memiliki resolusi HD.

Dengan hadirnya teknologi ini memungkinkan saya masih dapat melihat gambar atau video pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat. Sementara itu, fitur eye care yang hadir dalam smartphone ini memungkinkan saya dapat terlindung dari radiasi sinar biru.

Kesimpulan

ASUS Zenfone 4 Selfie Lite ini sudah saya gunakan dalam aktivitas dalam beberapa minggu dan secara keseluruhan sudah memuaskan untuk memenuhi digunakan sehari-hari. Tak ketinggalan, perangkat yang satu ini memiliki keunggulan pada kamera depan belakang yang memiliki resolusi 16 MP dan baterai 4100 mAh ynag dapat bertahan dengan lama.

Sensor fingerprint juga membuat saya dapat membuka kunci smartphone ini dengan cepat tanpa perlu memasukan PIN, pattern, maupun password terlebih dahulu. Namun produk ini belum dibekali dengan sensor gyroscope sehingga kamu tidak dapat menikmati konten maupun game VR.

Nah, bagi Gadgeter yang sedang mencari smartphone dengan kamera selfie bagus dan baterai dengan daya tahan lama di kisaran harga Rp 2.299.000 maka ASUS Zenfone 4 Selfie Lite bisa menjadi pilihan yang menarik.

Kelebihan

Kamera depan yang cocok untuk penggemar selfie
Baterai besar untuk digunakan seharian
Penuh dengan fitur terbaru
Harga relatif terjangkau

Kekurangan

Layar masih beresolusi HD 720p
Desain yang biasa saja
Tidak ada Gyroscope

ASUS Zenfone 4 Selfie Lite
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • ASUS Zenfone 4 Selfie Lite
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Maret 7, 2018
  • Layar
    Editor: 80%
  • Performa
    Editor: 80%
  • Kamera
    Editor: 90%
  • Baterai
    Editor: 90%
  • Software
    Editor: 80%
  • Desain
    Editor: 80%

Leave a Comment